Mengenal Lebih Dekat ‘Juru Kunci UMN’

Written by on March 4, 2018

Ibarat tempat keramat seperti makam kerajaan dan gunung yang memiliki juru kunci, kampus kita tercinta Universitas Multimedia Nusantara (UMN) juga memiliki juru kunci. Tapi ini bukan juru kunci yang berbau mistis ya Ultimafriends, melainkan seseorang yang memiliki peranan penting terhadap gedung dan area UMN. Orang ini paling tahu UMN dari basement sampai lantai paling atas, paling hafal fasilitas yang dimiliki UMN, dan yang paling mengerti A sampai Z nya UMN. Selain itu, orang ini juga bertanggung jawab terhadap sistem yang Ultimafriends gunakan untuk meminjam peralatan di UMN.

Setelah melakukan survey kecil-kecilan yang menanyakan apa yang mahasiswa ketahui tentang sosok ini, tim reporter mendapati lebih dari 65% responden menyatakan hal senada yaitu beliau sulit ditemui saat dicari, namun muncul secara misterius ketika tidak dicari. Untuk mengklarifikasi hal tersebut, tim reporter berkesempatan mewawancarai yang bersangkutan pada Jumat (02/03) yang lalu.

Sosok ini adalah Sudarman Sutanto, atau yang akrab dipanggil Pak Darman. Kalau Ultimafriends belum tau siapa Pak Darman, beliau adalah Building Manager Universitas Multimedia Nusantara, yang kantornya terletak di basement New Media Tower (ini nama aslinya gedung C, bukan gedung telor ya). Beliau adalah sosok yang bertanggung jawab untuk seluruh fasilitas di UMN juga di dormitory UMN.

“Boleh dibilang untuk seluruh area UMN itu saya bertanggung jawab, dari sistem kelistrikan ada engineeringnya, perbaikan gedung dan perlengkapan ada bagian hospitality-nya, terus ada security, cleaning service, taman, termasuk melengkapi perlengkapan kelas, selain itu juga bertanggung jawab sebagai pengelola pemakaian ruangan,” jelas Pak Darman ketika diwawancarai.

Pak Darman bekerja di salah satu perusahaan Kompas Gramedia Group di bagian engineering. Pada masa pembangunan gedung A dan B UMN, pria kelahiran Padang ini ditugaskan untuk menjadi pengawas proyek, atau yang disebut sebagai user oleh Pak Darman. Dan saat gedung selesai dibangun, bapak yang rambutnya selalu klimis ini diminta untuk mengurus pengelolaan sistem di UMN. Begitulah cerita awal mulanya bagaimana Pak Darman bisa berada di posisinya sekarang.

Banyak orang mengira untuk dapat menguasai banyak hal seperti Pak Darman membutuhkan pendidikan yang sangat tinggi, apalagi memahami sistem pelistrikan, teknik, manajemen sistem dan sebagainya. Namun pria yang konon sulit ditemui ini berkata lain.

            “Saya tidak sarjana, saya hanya sekolah biasa, cuma mungkin pengalaman ‘lah yang membawa saya menjadi seperti ini sekarang,” ungkap Pak Darman saat ditanya perihal latar belakang pendidikannya. Beliau mengaku bekal yang ia dapatkan berasal dari SMK jurusan teknik, ditambah dengan pengalamannya di dunia kerja yang menjadikan dirinya seperti sekarang ini.

“Kalau sistem manajemen ya saya banyak belajar dari teman-teman yang di HRD atau di bagian marketing,” lanjutnya lagi.

Menanggapi isu bahwa dirinya sulit ditemui saat dicari, Pak Darman mengatakan sebenarnya dia selalu berada di kawasan kampus. “Saya lebih banyak di building management, kalau tidak berarti saya ada di HRD (Gedung A lantai 2). Karena di sana ada bagian GA yang menjadi bagian operasional saya,” jelasnya sambil tersenyum.

Beliau mengatakan bila mahasiswa membutuhkan sesuatu, mereka bisa langsung menuju ke kantor Building Management di basement gedung C. Di sana sudah ada admin yang akan membantu melayani kebutuhan para mahasiswa, mulai dari lost and found, peminjaman ruangan, pelaporan barang rusak atau hilang dan banyak lagi yang berhubungan dengan peralatan di UMN. Lagipula Ultimafriends, dengan adanya sistem peminjaman peralatan dan ruangan lewat gapura.umn.ac.id sekarang ini, sangat meminimalisir jumlah petualangan pencari tanda tangan Pak Darman lagi loh, karena hampir semua approval akan dilakukan oleh tim building management lewat website itu.

Nah Ultimafriends, sekarang sudah nggak terlalu asing lagi kan dengan Pak Darman? Lain kali kalau ketemu di kampus, jangan lupa say hi ya!

­*Beberapa pernyataan narasumber telah disunting untuk efektivitas bahasa
 
Foto: Harris Kristanto Japrie
Editor: Vania Evan

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST