Marion Jola, Danilla, dan Ramengvrl Angkat Isu Women Empowerment Lewat Single Kolaborasi “Don’t Touch Me”

Written by on June 11, 2021

Tiga musisi wanita berbeda genre, yakni Marion Jola, Danilla, dan Ramengvrl resmi berkolaborasi melalui singleDon’t Touch Me”. Rilis di bawah naungan label Universal Music Indonesia, “Don’t Touch Me” jadi sarana buat ketiga musisi menyuarakan isu women empowerment yang dekat dengan kehidupan mereka.

Marion Jola yang kental dengan genre musik pop R&B, Danilla yang identik dengan indie folk, serta Ramengvrl yang biasa muncul dalam balutan musik rap hip hop serempak meluapkan kemarahan mereka akibat banyaknya stereotip tradisional yang dilekatkan pada perempuan.

Dalam virtual press conference untuk perilisan singleDon’t Touch Me” pada Kamis (10/6/2021) lalu, Marion Jola mengungkapkan bahwa lirik single tersebut dibuat berdasarkan pengalaman ketidakadilan yang mereka alami sebagai perempuan.

Danilla, Ramengvrl, dan Marion Jola dalam virtual press conference untuk perilisan single “Don’t Touch Me”, Kamis (10/6/2020). (Foto: Dok. Creathink Publicist)

“Kita nulis lirik cerita pribadi yang pernah kita alami as a woman. Kalau pengalaman tidak enak gue, gue sering diobjektifikasi, dilecehkan as a woman,” ungkap Marion Jola.

Tak ketinggalan, Danilla dan Ramengvrl juga turut membagikan kisahnya. Danilla mengaku pernah dilecehkan secara fisik. Di samping itu, ia juga pernah dihujani pandangan yang mendikte soal cara berpakaian perempuan.

Sementara itu, Ramengvrl menyebut dirinya pernah menerima perlakuan serupa dari seseorang di industri musik. Ironisnya, orang tersebut merupakan salah satu orang yang pernah dihormati oleh Ramengvrl.

“Waktu itu, gue merasakan sendiri (dilecehkan/direndahkan). Pelakunya dari industri musik juga, orang yang gue respect. Sekarang enggak. Kena dah tuh, ciuman tanpa izin,” ujar Ramengvrl pada kesempatan yang sama.

Berbekal pengalaman tersebut, Marion Jola, Danilla, dan Ramengvrl akhirnya sepakat merilis singleDon’t Touch Me” yang menekankan pentingnya harga diri, kepercayaan diri, serta kebebasan bagi kaum perempuan dalam menentukan pilihannya.

Dari segi pembawaan, singleDon’t Touch Me” menyajikan alunan musik pop dengan sentuhan swing. Tanpa menghilangkan ciri khas masing-masing musisi, Marion Jola, Danilla, serta Ramengvrl menghadirkan harmonisasi dan pembagian yang selaras dalam tiap-tiap part lagu.

Don’t Touch Me” telah bisa dinikmati di berbagai platform musik digital mulai Jumat, 11 Juni 2021. Kabarnya, Marion Jola, Danilla, dan Ramengvrl juga bakal merilis video musik untuk single “Don’t Touch Me” dengan menempatkan Anton Ismael sebagai sutradara.


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST