Manfaat Aktif dalam Kegiatan Kampus versi UMN Radio

Written by on September 25, 2020

Ultimafriends, minggu ini kamu sudah cek e-mail student, belum?

Tahun akademik baru sudah dimulai, artinya masa open recruitment kegiatan mahasiswa atau kepanitiaan kampus pun sedang berlangsung. Kalau kamu mengecek e-mail student dalam beberapa minggu terakhir, kamu akan menemukan informasi seputar pendaftaran UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), kepanitiaan acara, organisasi, komunitas, hingga media kampus. Apakah kamu tertarik bergabung dengan salah satu organisasi/kepanitiaan di UMN, Ultimafriends?

Tangkapan layar informasi open recruitment kegiatan kampus yang dikirim ke e-mail student mahasiswa (Foto: Theresia Melinda).

Beberapa orang mungkin beranggapan, ikut serta dalam organisasi dan kegiatan kampus hanya akan menguras energi dan mengurangi fokus selama berkuliah akibat jadwal rapat yang padat dan saling tumpang tindih. Namun kenyataannya nggak selalu demikian, loh! Meskipun kadang lelah, ikut serta dalam kegiatan kampus juga memiliki manfaat tertentu buat kamu, Ultimafriends. Selain itu, nggak semua organisasi menyumbangkan jadwal rapat padat pada agenda mingguanmu. Semua bergantung pada jumlah dan jenis organisasi yang kamu pilih.

Kali ini tim reporter sudah merangkum manfaat ikut serta dalam organisasi kampus, lengkap dengan tips-tips buat kamu yang masih ragu dalam memilih kegiatan.

  • Menambah SKKM

Nggak bisa dimungkiri, SKKM memang menjadi salah satu hal esensial di UMN. Beberapa kegiatan pun menawarkan SKKM buat menarik minat kamu. Hal itu memang penting, Ultimafriends, mengingat pemenuhan SKMM juga menjadi salah satu syarat kelulusan di UMN. Dengan ikut serta dalam organisasi dan kepanitiaan, perlahan tapi pasti, kamu akan dapat memenuhi jumlah SKKM minimal kamu agar bisa lulus dari UMN. Akan tetapi kamu juga perlu ingat Ultimafriends, SKKM hanya salah satu bonus yang kamu dapatkan jika bergabung dalam kegiatan atau organisasi. Sebaliknya, jangan sampai kamu ikut serta dalam kegiatan tertentu hanya demi mendapat poin SKKM, tanpa mempertimbangkan manfaat lain dari kegiatan tersebut.

  • Menambah kenalan dan relasi

Ketika mencemplungkan diri dalam suatu kegiatan, kamu akan punya kesempatan mengenal banyak orang, mulai dari adik tingkat, teman seangkatan, hingga kakak tingkat. Bahkan tak jarang kamu bisa saja dikenal oleh sivitas akademika lain, seperti rektor, wakil rektor, dosen, mahasiswa lintas jurusan sampai satpam UMN. Kenal dengan banyak orang, akan memberi keuntungan tersendiri untuk kamu. Contohnya menjelang awal semester baru, kamu bisa memanfaatkan koneksimu dengan kakak tingkat untuk bertanya soal tips-tips KRS maupun rekomendasi mata kuliah elektif. Selain itu, kamu juga bisa membangun ikatan baru dan rasa kekeluargaan. Hal ini akan membuat kehidupan perkuliahanmu menjadi lebih berwarna. Relasi yang luas dan akrab juga akan saat bermanfaat dalam dunia kerja. Bisa saja kamu mendapat informasi tentang kesempatan magang atau lowongan kerja dari kenalanmu di organisasi.

  • Menambah pengalaman

Keuntungan satu ini sering kali diucapkan calon anggota saat sesi wawancara dalam masa open recruitment kegiatan kampus. Akan tetapi, memang pengalaman adalah hal yang sangat berharga, Ultimafriends! Seperti yang banyak orang katakan, mempraktikkan sesuatu secara langsung akan terasa berbeda dengan mempelajari sesuatu secara teori. Kamu mungkin akan melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan saat pertama kali mencoba. Akan tetapi, kesalahan tersebut akan menjadi guru terbaik apabila kamu mampu memperbaikinya.

  • Belajar profesional

Kuliah sembari memiliki segudang aktivitas kampus memang tidak mudah. Diperlukan profesionalisme diri untuk dapat menjaga kuliah dan kegiatanmu berada di track yang seharusnya. Hal itulah yang juga diperlukan dalam dunia kerja. Profesionalitas untuk taat pada deadline, mampu bekerja di bawah tekanan, hingga sikap adaptif akan menjadi poin tersendiri bagi kamu di dunia kerja. Hal-hal tersebut dapat kamu latih sejak dini melalui organisasi, kepanitiaan, dan kegiatan lainnya di kampus.

  • Meng-upgrade skill

Saat menjadi bagian dari suatu organisasi atau kepanitiaan, biasanya kamu akan diberikan tugas dan tanggung jawab. Tugas dan tanggung jawab itulah yang kemudian akan menantangmu untuk semakin berkembang. Misalkan kamu bergabung dengan divisi desain/visual pada suatu acara kampus, kamu akan didorong untuk mengembangkan skill desain grafismu. Selain meningkatkan hard skill, organisasi atau kepanitiaan kamu juga bisa menjadi wadah buat kamu untuk mengembangkan soft skill, seperti manajemen waktu, kerja sama dalam tim, komunikasi, hingga kepemimpinan.

A Little Tips

Sebelum memilih kegiatan yang ingin kamu jalani, jangan lupa untuk mempertimbangkannya denganmatang, ya. Ultimafriends! Kalau kamu adalah tipe orang yang kurang suka berada dalam organisasi yang bersifat jangka panjang, ada baiknya kamu memilih menjadi anggota divisi di kepanitiaan acara. Umumnya, masa kerja kepanitiaan acara akan berlangsung selama kurang dari satu tahun. Sebalikya, bila kamu suka dengan organisasi yang kurun waktu kegiatannya lebih panjang, kamu bisa memilih untuk mengikuti UKM, media kampus, hingga organisasi mahasiswa.

Hal lain yang nggak kalah penting adalah memastikan kegiatan yang kamu pilih sesuai dengan minat kamu. Jika kamu memang suka membuat konsep acara, ada baiknya kamu memilih divisi acara dalam suatu kepanitiaan. Apabila kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan seni, UKM bidang seni juga dapat menjadi pilihanmu. Kalau kamu tertarik mempelajari cara kerja media, nggak usah ragu untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dari media kampus. Memilih kegiatan sesuai minat akan membuat kamu bisa mengerjakan tugas-tugas dan tanggung jawab tanpa rasa tertekan.

Last but not least, jika kamu memang ingin mengambil lebih dari satu kegiatan dalam satu waktu, boleh banget, Ultimafriends! Akan tetapi, tetap ingat kapasitas diri kamu, ya. Bagaimanapun, kuliah dan kesehatan kamu perlu tetap diprioritaskan!

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST