HIGHLIGHT

Mahasiswa Hari Satu: Ekspresi Diri

todayAugust 20, 2020 247

Background
share close

Ultimafriends, kamu pernah nggak sih denger kalimat ‘You will never get a second chance to make a good first impression’? Yap! Terkecuali kamu bisa menghapus memori seseorang layaknya anggota Men in Black dengan Neutralyzer mereka, menit-menit pertama kamu dengan seseorang yang baru kamu kenal akan selalu menjadi kesan pertama mereka terhadap kamu!

Jika berbicara tentang kesan pertama, rasanya nggak akan jauh bahasannya dari cara seseorang mengekspresikan dirinya sendiri, terutama di hari pertama kuliah. Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa baru adalah momen pertama kali ia menginjakkan kaki di kampus barunya dengan pakaian yang tentunya bukan lagi seragam putih abu-abu.

Ilustrasi mahasiswa yang tak perlu lagi mengenakan seragam setiap hari. (Image: Maulana Rifky Yudhira on Pinterest)

Peraturan mengenai pakaian, gaya rambut, dan alas kaki di dunia perkuliahan memang tidak diatur sebegitu ketat layaknya ketika di masa sekolah. Mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri melalui pakaian dan style-nya masing-masing, tentunya dengan beberapa batasan tertentu. Tak jarang keleluasaan ini digunakan oleh mahasiswa untuk menunjukkan jati diri yang sesungguhnya pada hari pertama kuliah. Contohnya, banyak mahasiswa laki – laki yang akhirnya bisa menggondrongkan rambut tanpa harus takut terkena razia oleh guru killer.

Selain itu, kampus juga tidak melarang penggunaan make up! Hayo, girls–and boys, too!–mana suaranya yang senang karena akhirnya bisa pergi ke kampus tanpa alis yang botak? Nah, untuk itu, Tim Reporter bakal ngobrol bareng beberapa narasumber nih! Kira-kira, pandangan mereka tentang mengekspresikan diri di hari pertama kuliah tuh gimana sih?

Menurut mahasiswa Jurnalistik 2018 Albert Tanuwijaya, saat lepas dari SMA artinya ia sudah bisa lebih bebas dalam mengekspresikan diri. Ia tak lagi terikat dengan peraturan sekolah yang dulu lebih mengajarkan siswanya untuk disiplin. Peraturan mengenai pakaian yang tidak seketat saat sekolah dulu membuatnya bisa lebih ekspresif. Ditambah lagi, melalui UKM Qorie–UKM yang menjadi wadah bagi para pecinta budaya dan seni hiburan Korea, Albert bisa lebih menjadi dirinya sendiri karena dikelilingi oleh teman-teman yang juga memiliki hobi menari dan menyanyikan lagu K-Pop.

Hal yang tak jauh berbeda juga diungkapkan oleh Ketua Ikatan Bikers UMN (IBU) Dionisius Widya Ratsongko. Menurutnya, banyak hal yang bisa ia eksplorasi, seperti kebebasan dalam memilih jadwal kuliah, kebebasan dalam berpakaian sesuai kepribadian, dan upaya peningkatan tanggung jawab pribadi. Tak hanya dari segi penampilan dan manajemen waktu, tanggung jawab juga ia terapkan dalam berkendara. Jika dulu saat SMA ia pernah berkebut-kebutan, sekarang ia harus lebih bijak dalam berkendara dan menerapkan safety riding.

Sementara itu, influencer sekaligus mahasiswa di UMN, Ratujesya Akira mengungkapkan, jika dulu ia hanya bisa berpakaian sesuai jati dirinya di luar waktu sekolah, kini ia bisa melakukannya setiap saat. Tak hanya itu, waktu kuliah yang lebih fleksibel pun membuatnya bisa menghubungi klien-kliennya dengan lebih cepat. Bahkan, kini ia bisa membuat konten IG Story dan mengambil stok foto untuk endorse di kampus!

Lalu sebenarnya, apa alasan mahasiswa baru sangat bersemangat mengekspresikan dirinya pada hari pertama kuliah? Untuk menjawab pertanyaan ini, tim reporter sudah berdiskusi bersama Psikolog Sri Rezeki Wahyuningtyas, M.Psi. Beliau menyatakan, menurut teori Psikologi Perkembangan oleh Erik Erikson, masa kuliah tingkat awal adalah masa akhir seorang remaja, namun masih masuk dalam masa pencarian jati diri. Oleh sebab itu, masa-masa ini digunakan oleh mahasiswa baru untuk menemukan dan mengekspresikan jati dirinya setelah berhasil lepas dari peraturan sekolah yang kerap kali cukup ketat dan mengikat.

Setelah berbicara soal pengekspresian diri ketika kuliah hari pertama, tim reporter jadi teringat bahwa beberapa hari lagi kita akan resmi memasuki semester baru. Mau kamu mahasiswa baru atau lama, rasanya membangun first impression pada awal semester akan selalu menjadi hal yang penting karena kamu masih akan bertemu dengan teman sekelas baru serta dosen-dosen yang berbeda dari semester sebelumnya.

Walau mungkin kuliah daring menyempitkan peluangmu untuk berdandan dan berpakaian ekspresif seperti ketika datang ke kampus secara offline, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengekspresikan diri pada hari pertama kuliah. Misalnya dengan mengajak teman sekelasmu berkenalan secara daring atau menjawab diskusi dan pertanyaan yang diajukan oleh dosen. Walau tidak tampil secara fisik, semua itu juga merupakan bentuk dari ekspresi dirimu.

Nah Ultimafriends, kira-kira gimana cara kamu akan mengekspresikan diri pada semester ganjil dalam perkuliahan daring nanti? Yuk bagikan ceritamu melalui Instagram UMN Radio (@umnradio)!

Sampai jumpa di perkuliahan daring

Feature Image Source: Tofugu on Pinterest
Editor: Theresia Melinda Indrasari

Written by: Ailsa Aulia Lesmana

Rate it

Previous post

HIGHLIGHT

Hafalkan Istilah-Istilah Berikut kalau Kamu Tidak Ingin Bingung saat Datang ke UMN

A: “Yuk abis ini kita ke Samen.” B: “Okey, tunggu di Jembatan Naga, ya, mau ambil jatah dulu.” A: “Iya buruan jangan kelamaan, keburu ni telur UMN netas.” Ultimafriends yang sudah menjadi mahasiswa lama UMN mungkin nggak akan asing dengan istilah-istilah  dalam percakapan tersebut. Namun, hal berbeda terjadi pada para mahasiswa baru. Mahasiswa baru kemungkinan akan sulit memahami kosakata dalam percakapan di atas. Belum lagi situasi pandemi Covid-19 menyebabkan mahasiswa […]

todayAugust 20, 2020 315


0%