LIBUR PILKADA SERENTAK, UMN BERI KOMPENSASI TERKAIT PERUBAHAN JADWAL UJIAN

Written by on June 26, 2018

Ultimafriends, apakah kamu dikagetkan dengan kebijakan penetapan libur nasional Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang mendadak di tengah-tengah jadwal Ujian Akhir Semester (UAS)? Dengan adanya Pilkada Serentak 2018 yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2018 atau hari Rabu di minggu pertama UAS, jadwal ujian terpaksa diundur ke Senin, 9 Juli 2018.

Bagi sebagian dari kamu Ultimafriends, mungkin keputusan ini menjadi anugerah di balik musibah. Akan ada tambahan waktu untuk mengerjakan UAS take home. Namun sebaliknya, keputusan ini memberatkan mereka yang sudah merencanakan kepulangan ke kampung halaman, tamasya ke luar negeri, atau bahkan rencana wawancara magang. Pasalnya, 9 Juli sudah bukan lagi periode UAS sehingga mahasiswa bisa saja telah membuat janji dari jauh-jauh hari di hari yang bersangkutan.

Mahasiswi Strategic Communication 2016, Laras Milyarti mengeluhkan kebijakan yang sangat mendadak ini. Jadwal reschedule ujiannya bertabrakan dengan jadwal penerbangannya berlibur bersama keluarga. “Harusnya kalo reschedule juga diperhatikan lagi tanggalnya, jangan sampe melewati schedule yang ada karena kan mahasiswa punya urusan pribadi masing-masing. Ada yang udah balik ke rumah di luar kota, liburan, bahkan mungkin ada kerjaan,” ujarnya.

Keluhan senada diutarakan oleh Carissa Komalasari, mahasiswi Teknik Informatika 2017. “Tanggal 9 nanti, gue harusnya sudah berangkat ke Jepang. Tapi karena ada ujian tiba-tiba, gue kemungkinan harus tunda penerbangan, dan kalo undur itu kena harga dua kali lipat dari sebelumnya. Sedangkan, ujian gue hari Rabu ada dua.” Menurut Carissa, UMN selaku pihak kampus seharusnya dapat memperkirakan bahwa pilkada serentak akan ditetapkan sebagai libur nasional seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menanggapi hal ini, pihak UMN sendiri sebenarnya hanya mengikuti kebijakan dari pemerintah yang memang cukup mendadak. Penetapan 27 Juni 2018 sebagai libur nasional baru dikeluarkan dua hari sebelumnya, dan mau tidak mau UMN harus menyesuaikan.
Mengenai pemilihan jadwal reschedule ujian yang di luar masa periode UAS, salah satu staf BAAK, Siti Ayuni menjawab bahwa pertimbangannya melibatkan banyak faktor. Dibutuhkan tenaga pengawas serta ruang kelas yang cukup banyak. Hal ini menjadi alasan mengapa jadwal reschedule ujian tidak dilakukan di minggu-minggu periode UAS.

Sebagai gantinya, UMN memberikan kompensasi khususnya bagi kamu yang menjalani UAS berupa take home test di hari tersebut. Ultimafriends dapat menunjukkan bukti tiket asli dan copy tiket perjalanan dan copy dan tugas yang akan dikumpulkan paling lambat tanggal 28 Juni 2018 pukul 16.00 kepada Student Service, yang nantinya akan diteruskan ke dosen yang bersangkutan. Setelah itu, tanda tangan kehadiran mahasiswa tersebut akan diurus oleh pihak BAAK. Bagi kamu yang menjalani ujian tertulis, dapat mengajukan ujian susulan dengan menunjukkan berkas-berkas yang sama.

Semoga kebijakan UMN ini bisa menenangkan keresahan kamu ya Ultimafriends!

Editor: Melissa Octavianti
Foto: Habel Elia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST