Kolaborasi Synchronize Festival dengan Intimasi Televisi

Written by on October 21, 2020

Tahun ini merupakan masa yang menantang bagi banyak pihak, tak terkecuali pekerja industri kreatif. Pandemi membuat sejumlah event, termasuk Synchronize Festival 2020 mengubah format penampilannya menjadi tidak dilakukan secara tatap muka. Meski demikian, layaknya Synchronize Festival pada tahun-tahun sebelumnya, acara ini selalu menghadirkan kejutan bagi pecinta event musik Tanah Air. Kali ini, Synchronize Festival bekerja sama dengan SCTV dan Vidio untuk menyiarkan konser melalui televisi.

“Dari awal pandemi udah ngomongin solusi,” ujar David Karto selaku Festival Director Synchronize Festival 2020 pada online press conference, Senin (19/10).

Kiki Aulia, Program Director Synchronize Festival 2020 menambahkan, rencana kolaborasi dengan televisi adalah bagian dari movement yang ingin dibawa. Kiki berharap hal ini dapat membuat milenial dan generasi Z–yang dirasa sudah mulai meninggalkan televisi–dapat kembali menikmati media audio visual tersebut melalui kehadiran pertunjukan musik. Perubahan ini juga diharapkan dapat membawa Synchronize Festival melebarkan sayap untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Meski sebagian masyarakat mungkin meragukan eksistensi televisi, Kiki Aulia yakin bahwa Synchronize Festival yang akan diselenggarakan pada 14 November 2020 akan membawa momen nostalgia kepada penontonnya.

Terkait regulasi televisi, David Suwarto, Director SCM mengatakan bahwa pihaknya tidak membatasi ruang gerak Synchronize Festival dalam pergelarannya nanti. David justru menantang penonton militan Synchronize Festival untuk tak melewatkan acara tersebut.

“Sekarang kita sudah ditantang untuk menampilkan Synchronize Festival dalam televisi. Lalu sekarang saya tantang, apakah penontonnya siap menonton di televisi?”

Synchronize Festival 2020 “Selebrasi Bersama Televisi” akan berlangsung selama tiga jam dengan menampilkan 29 musisi. Penampilan utama (main show) dapat disaksikan di stasiun TV swasta nasional SCTV. Sementara itu, pre show acara ini dapat dinikmati melalui layanan streaming Vidio. Pre show tampil dengan konsep nostalgia soundtrack film-film Indonesia. Penampilan di pre show turut menghadirkan Pamungkas, Danilla, Ipang Lazuardi, dan lain-lain. Musisi-musisi tersebut akan menampilkan sejumlah lagu legendaris dari film Indonesia pada era 2000-an. Selanjutnya, pada main show Synchronize Festival 2020 akan menyuguhkan penampilan Rhoma Irama yang berkolaborasi dengan Dipha Barus. Penampilan ini juga menjadi bagian dari perayaan karir bermusik Rhoma Irama dengan Soneta selama 50 tahun.

Jajaean penampil di Synchronize Festival 2020 “Selebrasi Bersama Televisi”. (Foto: Communication SynchronizeFest)

Tak hanya itu, 2020 juga menjadi tahun besar bagi Kangen Band. Untuk pertama kali sejak sekian lama, Kangen Band melakukan reuni dalam penampilannya di Synchronize Festival 2020. Penampilan bersejarah ini akan memerlukan dukungan visualisasi yang menarik. Oleh sebab itu, Saleh Husein, Art Director Synchronize Festival 2020 menyatakan akan menggunakan konsep latar teatrikal yang akan berubah sepanjang penampilan.

“Mata penonton tidak diberikan pilihan seperti menonton langsung sehingga kami harus memikirkan framing mata penonton agar nyaman,” papar Saleh dalam konferensi pers Senin lalu.

Ultimafriends, Synchronize Festival 2020 akan tetap hadir dan berupaya semakin dekat denganmu. Kamu diajak untuk berdendang dengan intim di rumah melalui televisimu. Jadi, apakah kamu siap untuk melakukan selebrasi bersama televisi?

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST