UMN Info

KETIKA PLAYLIST JADI HADIAH SEDERHANA YANG MERIAH

todayMay 12, 2022 51 17 4

Background
share close

“Duh, gua harus beliin kado apa ya buat dia?”

Ultimafriends, pernah enggak sih lo kepikiran pertanyaan itu?

Pertanyaan yang selalu menuhin kepala, setiap ada orang terdekat yang mau merayakan ulang tahun. Feels like there’s nothing comes up in our mind when it comes to deciding what to give. Belum lagi, masih dihadapkan pada dua pilihan; kasih kado yang bisa dibeli di toko atau yang bisa kita buat sendiri?

Eits, jangan bingung dulu, Ultimafriends. Actually, there’s a way to combine both gifts, yaitu sesederhana dengan kasih song playlist sebagai kado!

Cover playlist yang looks familiar ya!

Lo pasti bertanya-tanya kan, Ultimafriends, how can a playlist be a suitable gift.

Welcome to (not really) history 101!

Ide untuk kasih kumpulan lagu sebagai kado, marak banget di tahun 90-an, loh, Ultimafriends!

Pada masa itu, lagu-lagu bakal dikumpulin ke dalam sebuah mixtape. Sebelum lo makin bertanya-tanya, mixtape itu adalah kumpulan lagu yang disalin ke sebuah media. Salah satu media yang paling populer untuk bikin mixtape adalah kaset pita.

Contoh custom mixtape yang dibuat sendiri

Nah, pada masa itu, mixtape jadi salah satu kado andalan untuk dikasih ke orang-orang spesial. Karena, isinya adalah lagu-lagu pilihan dari si pembuat mixtape. Simple-nya, mixtape adalah surat dalam bentuk kumpulan lagu gitu, deh, Ultimafriends!

What a simple yet thoughtful gift, ya!

Enough with the history thing, deh, Ultimafriends. Daripada nanti lo ketiduran karena berasa lagi dengerin dongeng!

Proses bikin mixtape bisa dibilang cukup ribet, sih, Ultimafriends. Luckily, kita ada di zaman digital dengan hadirnya platform streaming musik yang maha mudah itu!

Platform streaming menyediakan fitur playlist yang memungkinkan kita untuk mengumpulkan lagu-lagu pilihan ke dalam satu folder. Konsepnya mirip-mirip mixtape, tapi jauh dari kata ribet!

What a cute playlist!

So, it’s true what people say, that playlist is a way to express our feeling. Bikin makin yakin kalo playlist adalah kado ulang tahun yang tepat banget ya, Ultimafriends!

Lo bisa bikin playlist yang isinya lagu-lagu pilihan yang menggambarkan perasaan lo ke seseorang. Selain itu, lo juga bisa isi playlist-nya dengan lagu-lagu yang berisi doa dan harapan lo ke orang tersebut.

Biar kerasa lebih afdol, here are some songs about birthday yang bisa jadi referensi isi playlist lo!

Selamat Datang album artwork

Baangka – Biru Baru

Diambil dari bahasa Manado, “baangka” punya arti “berangkat”. Sama seperti ulang tahun, yang berangkat menuju satu tahun yang baru dalam hidup. Ditambah dengan kalimat pertama di lagu ini, “Selamat datang di hidup yang baru”, bikin lagu ini makin cocok dipakai sebagai ucapan ulang tahun sekaligus harap dan doa.

Stars Colliding single artwork

Stars Colliding – THE CHARM PARK

Lagu ini penuh dengan kalimat-kalimat harapan untuk seseorang yang lagi menyambut satu tahun baru dalam hidupnya. Lirik lagunya benar-benar terasa hangat dan tulus, misalnya pada kalimat “A new year, you see the world for more than they’d appear” atau “I hope you  make the best of you from here”. Meskipun di lagu ini enggak ada ucapan ulang tahun secara langsung, tapi lagu ini tepat banget untuk dipakai sebagai birthday wishes.

Hello album artwork

Happy Birthday To You – JOY

Tanpa perlu banyak penjelasan, lo pasti tau kalau ini adalah lagu tentang ulang tahun. Meskipun hampir keseluruhan liriknya menggunakan bahasa Korea, bukan berarti makna dari lagu ini jadi hilang. Lagu ini menceritakan betapa bersyukurnya seseorang atas kelahiran seseorang yang lain dan bagaimana seseorang tersebut hadir dalam hidupnya.

The Greatest Ever album artwork

Better Days – Elephant Kind

Dengan begitu mentah, lagu ini mau bilang bahwa meskipun kita udah ada di fase dewasa, bukan berarti api dalam diri kita, enggak boleh menyala dengan berani. Bukan berarti juga, kita enggak boleh punya mimpi yang tinggi kaya waktu kita masih kecil. Kalaupun ada hal-hal yang kurang menyenangkan, pasti bakal tetep ada sesuatu yang baik buat kita, entah hari ini atau besok. Cocok banget, deh, buat bikin temen lo yang lagi ulang tahun, semangat lagi buat menyambut umur yang baru!

Flags single artwork

Flags – Coldplay

Dipenuhi dengan banyak figur-figur yang dianggap penting, melalui lagu ini, lo bisa banget mengingatkan seseorang kalau mereka enggak perlu jadi figur-figur tersebut untuk kasih pengaruh baik ke hidup lo. Apalagi kalimat “And I just love you for yourself” diulang berkali-kali untuk makin memperkuat pesan di lagu ini. Di hari ulang tahun seseorang yang spesial, penting untuk ngingetin mereka untuk tetap jadi diri sendiri and this song describes it well!

Layaknya mixtape, playlist bisa jadi kado yang terasa personal. Esensinya sebagai salah satu pengganti surat, bikin playlist jadi sesuatu yang spesial. Selamat menyelami lagu-lagu untuk mengungkapkan perasaan ya, Ultimafriends!

 

Editor: Stephanie Risyana

Written by: Lungayu Endahrum

Rate it

Previous post

UMN Info

UMN Radio Try: Investasi Dini Demi Financial Freedom Lewat Bibit

Financial freedom. Satu kata yang lagi hits banget di kalangan generasi Z dan millenials. Namun, sebenarnya apa sih itu financial freedom? Sebenarnya, financial freedom adalah kondisi dimana Ultimafriends gak usah khawatir lagi tentang masalah finansial. Yah, istilahnya pendapatan pasif dari berbagai investasi, tabungan, dan aset Ultimafriends tuh udah cukup banget untuk menuhin kebutuhan sehari-hari.  Banyak juga generasi muda di zaman sekarang yang berbondong-bondong untuk melakukan investasi di berbagai bidang demi […]

todayMay 12, 2022 37 4


0%