SYNCHRONIZE FESTIVAL 2018 AMBIL KARAKTER PARUH BURUNG KALIMANTAN

Written by on April 2, 2018

Baru aja lima bulan berlalu dari kenangan di Synchronize Festival 2017, dan kini fase pertama line up Synchronize Festival 2018 udah keluar loh Ultimafriends! Nampaknya panitia mulai mencuri start lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Festival musik multi-genre ini sudah mengumumkan 28 artis beserta harga tiket masuknya, dan kurang dari 48 jam setelah perilisan, tiket early bird 3 day pass sudah sold out! Wahh, Ultimafriends kebagian nggak nih?

Konferensi pers pertama baru aja digelar Rabu (28/03) lalu dan udah bisa buat ngegambarin gimana keseruan SynchronizeFest 2018 nanti! Banyak hal baru dan perbaikan-perbaikan untuk gelaran tahun ini, mulai dari pembuatan kanal media online oleh pihak penyelenggara yaitu Synchronize Post, lalu diadakannya roadshow ke kampus-kampus dan masih banyak lagi! Selain itu, ada hal yang nggak kalah menariknya nih, yaitu segala estetika citra visual mereka! Yap, segala design di Instragam, mulai dari elemen-elemen yang ada sampai warna-warna yang dipilih tentu nggak sembarang, Ultimafriends.

Jimi Multhazam (jaket hitam), vokalis The Upstairs dan Morfem sebagai art director SynchronizeFest 2018 menyampaikan beberapa hal di press conference di The Fifth, Kemang, Rabu lalu (28/03) (Sarah Sekar Larasati)

Jimi Multhazam, yang merupakan vokalis dari The Upstairs dan Morfem ini beneran anak seni banget, gimana nggak? Selain seniman vokal, kali ini Jimi dipercaya lagi untuk jadi art director Synchronize Festival 2018! Sentuhanya udah nggak diragukan lagi karena kebukti sama hasil karyanya tahun lalu.

“Kali ini dapet kepercayaan lagi, tantangan makin sulit. Karena segala macem warna sama ikon-ikon udah keluar semua tahun lalu,” kata Jimi ketika diwawancarai di salah satu restoran di bilangan Kemang, The Fifth.

Setelah melakukan banyak diskusi, mencari referensi, dan juga inspirasi, akhirnya Jimi menemukan suatu konsep bahwa harus ada suatu karakter yang akan mengingatkan orang-orang pada Synchronize Festival. Selain itu, Jimi merasa perlu menonjolkan edgy local Indonesia.

“Karakter hewan memang sudah pas, tapi waktu itu masih bingung kira-kira hewan jenis apa nih? Setelah mikir, searching dan lain-lain akhirnya burung rangkong dari Kalimantan jadi pilihan kita. Tapi kalo hanya burung tok, terlalu terkesan sporty kan ini acara musik bukan olahraga. Terus inget mainan jaman dulu, yang paruh burung bisa dipasang itu dan jadilah tuh paruh dipasang ke sound system,” jelas Jimi mengenai karakter yang cukup khas itu.

Wujud asli burung Rangkong asal Kalimantan (kiri) dan hasil dari karakter Synchronize Festival yaitu paruh burung rangkong yang dipasang ke soundsystem (kanan) (KUMPARAN & Instagram @synchronizefest)

Selain karakter burung rangkong, juga terdapat elemen UFO lengkap dengan cahayanya yang menyorot ke bumi. Kira-kira maksudnya apa ya Ultimafriends? Nah kata Jimi sendiri, UFO ini melambangkan musik, yang datang dari antah berantah lalu dapat berkumpul di panggung Synchronize Festival bersama-sama dan disoroti lampu yang berasal dari lampu-lampu piring terbang itu! Last but not least Ultimafriends, ada elemen awan yang khas banget nih dari batik Indonesia! Batik Megamendung asal Cirebon ini sengaja dipilih lantaran Jimi terinspirasi dari cara Jepang men-deliver suatu hal yang tradisional jadi populer, dan Jimi punya harapan sendiri agar elemen-elemen Indonesia tersebut bisa dikenal dunia internasional.

E-Poster line-up fase pertama dari Synchronize Festival 2018, dalam poster ini terdapat elemen dari karakter utama, UFO dan juga batik Megamendung (Instagram @synchronizefest)

“Semoga aja dengan ini, elemen-elemen khas Indonesia bisa jadi internasional ya. Terus juga semoga visual ini akan terus berkembang dan menciptakan suatu hal yang baru lagi,” tutup Jimi.

Waah, pasti nggak sabar kan liat hasil karya Jimi dan tim pas hari H nanti! Penasaran ya dekorasi di setiap stage dan sudut-sudut mana aja di Gambir Expo Kemayoran yang bakal disulap jadi Instagrammable spot!

For your information Ultimafriends, roadshow yang diadakan di 4 kota itu akan berisi sejumlah rangkaian acara seperti seminar, lokakarya musik, sampai showcase loh! Dan kabarnya, Synchronize akan membuka slot volunteer dari perwakilan beberapa kampus. Ajang ini diharapkan menjadi ruang untuk mencari experience skala nasional. Walaupun nggak ‘open volunteer’ secara besar-besaran karena masih menggodok ide ini, tapi pihak Synchronize memastikan hal ini akan diinformasikan lebih lanjut.

Jadi, buat Ultimafriends yang tertarik, sabar aja dulu ya!

Synchronize Festival 2018 sendiri akan digelar pada 5, 6, 7 Oktober 2018 di Gambir Expo Kemayoran. mark your date Ultimafriends! Mumpung masih agak lama, buat yang belum kebagian early bird-nya masih sempet nabung dulu loh! Tiket 3 Day Pass Regular dapat dibeli seharga Rp. 450.000 termasuk pajak kini sudah bisa dipesan di www.synchronizefestival.com.

Editor: Vania Evan
Tagged as

[There are no radio stations in the database]