JUMLAH PENONTON FILM PEMENANG PIALA CITRA 2017 MINIM, APA PENYEBABNYA?

Written by on May 9, 2018

Ultimafriends, bisakah kamu menebak pemenang kategori Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI)? Mungkin yang terlintas di pikiran kamu adalah film-film yang bertahan lama di bioskop atau film-film yang jumlah penontonnya terbilang fantastis.

Namun, tidak demikian dengan Night Bus, pemenang kategori Film Terbaik dalam FFI 2017. Film yang berlatar belakang suasana politik saat Gerakan Aceh Merdeka ini hanya bertahan selama dua minggu di bioskop. Jika dibandingkan dengan keempat film lainnya yang masuk ke dalam kategori yang sama, film Night Bus memiliki waktu tayang yang paling singkat. Hal ini juga berdampak pada jumlah penontonnya yang hanya berjumlah dua puluh ribu penonton.

You might also wanna read: Film Terbaik FFI 2017 Diputar di UMN Screen 2018

Angka tersebut terpaut jauh dengan jumlah penonton Cek Toko Sebelah yang menyentuh angka 2,6 juta penonton, Kartini yang disaksikan lebih dari lima ratus ribu penonton, dan Posesif yang menyentuh angka dua ratus ribu pemirsa. Angka terbesar diraih oleh film Pengabdi Setan yang tayang lebih dari satu bulan dan ditonton oleh lebih dari empat juta pemirsa.

Teuku Rifnu Wikana selaku penulis skenario dan produser film bergenre action, drama dan thriller ini mengatakan bahwa film Night Bus budget dua ratus juta dari total anggaran 7 miliar rupiah. Hal ini menyebabkan minimnya kegiatan promosi yang dapat dilakukan.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Darius Sinathrya selaku produser yang juga berperan sebagai pemeran pembantu dalam hal ini mengaku jumlah penonton yang sedikit merupakan kesalahannya dalam hal distribusi film.

“Kami ada kendala di distribusi, dari pihak kami memang, dari paskaproduksi, sehingga beberapa layar enggak bisa diputar, orang jadi tidak bisa menonton. Mudah-mudahan nanti ada kesempatan lagu buat ditonton,” tutur Darius.

Jumlah penonton nampaknya tidak mencerminkan kualitas sebuah film. Berkaca dari film Night Bus, meski jumlah penontonnya sedikit, film ini mampu menyabet Piala Citra. Tidak hanya itu, Night Bus juga memiliki rating yang cukup baik pada platform online database film, IMDb.com yaitu sebesar 7,3/10.

Melihat rating yang cukup tinggi tersebut, kira-kira Ultimafriends tertarik gak untuk nonton film terbaik FFI 2017 ini?

Editor: Vania Evan

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST