JPAC SIAPKAN PEMENTASAN TEATER MUSIKAL BERLISENSI INTERNASIONAL

Written by on April 5, 2017

Jakarta, UMNRadio – Jakarta Performing Arts Community (JPAC), sebuah komunitas teater musikal di Jakarta, saat ini sedang mempersiapkan pementasan dengan judul West Side Story yang disutradarai oleh Fonnyta Amran. Produksi kedepalan komunitas ini, akan dipentaskan pada 12 Mei 2017 nanti di Graha Bhakti Budaya, Jakarta Pusat.

Dalam Konferensi Pers yang diadakan Selasa (4/4/2017) kemarin, Fonnyta Amran selaku sutradara dari produksi West Side Story ini menjelaskan, bahwa produksi ini sudah mendapatkan lisensi Music Theatre International (MTI). Selain itu, JPAC juga menjadi komunitas teater lokal pertama di Indonesia yang mendapatkan lisensi internasional tersebut.

“Kalau buat MTI itu sendiri sebenernya enggak sulit sih untuk apply licensenya. But, the thing is harus ada keinginan sendiri dari kitanya atau dari komunitas-komunitas performing arts. Apalagi, buat mereka yang mau mem-performkan kembali pertunjukan luar.” Ujar Fonnyta mengenai lisensi MTI.

Untuk mendapatkan lisensi itu sendiri, harga yang harus dibayarkan tidaklah murah. Selain itu ada juga aturan-aturan yang tidak dapat dilanggar oleh komunitas teater yang mendapatkan lisensi itu.

Fonnyta juga menjelaskan, bahwa alasan dari komunitas ini mengambil lisensi MTI itu adalah agar pesan yang ingin disampaikan lewat pementasan dapat tersebar luar hingga internasional. Lewat adanya lisensi MTI, JPAC sudah berada dibawah naungan komunitas performing arts internasional.

Pementasan yang akan berlangsung pada 12 Mei mendatang, diperankan oleh 49 pemain dengan umur yang beragam. Pemain paling muda pada pementasan ini adalah seorang anak berumur 14 tahun, dan juga untuk yang paling tua sudah berumur sekitar 40 tahun.

Chezia Atmadja yang memerankan Maria dalam pementasan ini, mengatakan bahwa proses seleksi yang dilakukan oleh JPAC cukup sulit. Pemain dituntut untuk dapat menari, bernyanyi, dan juga berakting secara baik.

“Jadi, sebenernya kita hanya punya satu kali kesempata untuk menunjukkan ketiga hal itu dengan benar. Selanjutnya, tinggal pihak JPAC yang memutuskannya.” Ujar Chezia saat ditemui seusai konferensi pers.

Sampai saat ini, JPAC sudah mempersiapkan pementasan kedelapannya ini selama 2 bulan. Para pemain memiliki waktu sekitar 1 bulan lagi hingga pementasan akan berlangsung. Tentunya, para penonton menunggu hasil yang terbaik dari latihan tersebut.

Penulis : Michael Josua dan Brigita Olga


[There are no radio stations in the database]