Jelajah MAXIMA Daring 2020

Written by on September 29, 2020

Walau berada di tengah pandemi Covid-19, MAXIMA tetap memulai pengembaraannya melalui rangkaian acara HoME, STATE, dan ditutup dengan Malam Puncak yang diselenggarakan secara daring. Pelaksanaan daring ini ternyata merepresentasikan inovasi dan keunikan MAXIMA 2020 loh, Ultimafriends!

MAXIMA 2020 mengusung tema mitologi Yunani, Odisseus (Odyssey) yang mengembara menggunakan kapal layar. Kisah Odyssey dimaknai oleh MAXIMA sebagai pertualangan panjang mahasiswa baru dalam mengembangkan minat dan bakatnya melalui organisasi dan sederet kegiatan menarik lainnya di UMN. Buat kamu yang ingin melihat kilas balik kegiatan MAXIMA 2020, yuk ikut tim reporter menjelajah daring melalui artikel berikut!

MAXIMA diawali dengan HoME (Hall of MAXIMA Exhibition), pameran untuk memperkenalkan berbagai kegiatan di UMN. Melalui laman puzzle di website-nya untuk memilih informasi dari archi yang diminati, kamu akan dituntun untuk mendengarkan antanaklasi alias ruang refleksi diri dalam memilih organisasi. Hal yang membuat HoME tahun ini semakin sayang untuk dilewatkan adalah pameran virtual 360 derajatnya. Pameran ini berhasil menyulap Function Hall UMN menjadi laut. Kapan lagi kamu bisa melihat Function Hall “banjir” air laut serta berhias ornamen kapal layar yang menawan?

Ultimafriends sebelumnya juga diberi kesempatan untuk mencoba free trial UKM-UKM di UMN melalui STATE (Student Activities Unit Explore). Rangkaian acara yang digelar selama empat hari tersebut bekerja sama dengan 32 UKM dan media kampus serta berhasil menggaet 3051 pendaftar. Nggak hanya itu, guna menambah kemeriahan sepanjang rangkaian acara, MAXIMA mengeluarkan filter Instagram yang bisa kamu pakai untuk mengambil momen pelaksanaan MAXIMA 2020.

Setelah usai berlayar di lautan HoME dan STATE, Ultimafriends akhirnya sampai pada MAXIMA Isla: Fiesta Para El Winner, yang merupakan penutup rangkaian acara MAXIMA 2020. Acara ini—atau yang biasa dikenal sebagai Malam Puncak MAXIMA 2020—ditayangkan secara live streaming melalui Youtube pada 26 September lalu. Acara penutup ini memiliki arti perayaan bagi pemenang. Sesuai artinya, malam puncak diharapkan menjadi pulau tempat perayaan bagi mahasiswa baru.

MAXIMA Isla: Fiesta Para El Winner menghadirkan penampilan dari berbagai UKM di UMN, misalnya J-Café. UKM yang didasari atas kegemaran pada negeri Jepang ini memberikan penampilan melalui video klip anime. Dalam pertunjukannya, Ultimafriends nggak bisa melihat wajah para penampil karena semuanya diganti dengan karakter-karakter anime yang dibuat sendiri! Selain itu, ada juga UKM Tracce yang tetap bertemu untuk menari bersama. Uniknya, mereka menari menggunakan face shield sambil tetap menerapkan jarak aman, tanpa menganggu harmonisasi dan kekompakan tarian.

Nggak hanya kompak menari, tetapi kompak juga menggunakan face shield. (Foto: Tim Lapor Maxima 2020)

Kemeriahan Malam Puncak MAXIMA 2020 ditutup dengan performance spesial dari Adera yang berhasil membuat penonton antusias. Meski nggak bisa teriak dan berdesak-desakan di lapangan parkir UMN seperti biasanya, penonton masih punya cara menyuarakan antusiasmenya terhadap Adera. Hal ini bisa dilihat dari ramainya komentar di kolom chat Malam Puncak MAXIMA 2020. Ada pula komentar-komentar unik yang dilontarkan penonton dan nampaknya tidak bisa ditemukan di Malam Puncak MAXIMA tahun-tahun sebelumnya sebelumnya.

Penonton yang izin dulu ke guest star sebelum pergi. (Foto: Tim Lapor Maxima 2020)

Adera membawakan lagu Melewatkanmu, Muara, Menjadi Milikku, Terlambat, dan lagu sejuta umat, Lebih Indah, untuk menutup Malam Puncak MAXIMA 2020. “Di situasi pandemi kayak gini, ada saja (orang) yang dari dekat sekarang nggak bisa bareng. Diharapkan semoga hari teman-teman menjadi lebih indah,” tutur Adera.

Penampilan live Adera di Malam Puncak MAXIMA 2020 pada Sabtu (26/09/2020). (Foto: Tim Lapor Maxima 2020)

Untuk Ultimafriends yang kemarin kelewatan penampilan Adera, nggak perlu sedih, karena tahun ini siaran Malam Puncak MAXIMA 2020 bisa ditonton ulang melalui Youtube. Jelajah daring MAXIMA 2020 telah usai dan kamu telah tiba pada akhir rangkaian. Sampai bertemu di MAXIMA tahun depan ya, Ultimafriends!

Editor: Theresia Melinda Indrasari

[There are no radio stations in the database]