It’s Okay to Take A Rest in Relationship Based on K-Drama Characters

Written by on May 11, 2021

Ultimafriends, seringkali ketika berkumpul dengan teman dan keluarga, pertanyaan yang muncul (terutama untuk kamu yang masih tidak memiliki pasangan) adalah ‘udah punya pacar belum?’

And here we go again, these awkward moments. 

Padahal, normal saja apabila kita membutuhkan waktu sebelum memulai hubungan romantis. Alasannya pun banyak, mulai dari trauma masa lalu, belum siap untuk merajut hubungan romantis dengan orang lain, memiliki prioritas lain, hingga belum menemukan orang yang tepat. Well, hal itu rupanya turut dirasakan oleh karakter di beberapa drama korea. 

Teaser Hospital Playlist (2020)

Salah satu karakter kesayangan tim reporter adalah Yang Seok Hyeong, dokter kandungan (Obgyn) di serial “Hospital Playlist“. Dalam serialnya, ia diceritakan pernah gagal membangun rumah tangga dengan mantan istrinya. Hal itu pun menimbulkan trauma sehingga sulit bagi Seok Hyeong untuk memulai hubungan baru dengan Min Ha (calon dokter kandungan yang tertarik dengan Seok Hyeong). 

Ibunya yang sakit juga menjadi alasan kuat bagi Yang Seok Hyeong untuk membangun tembok dari dunia romantis. Ia memilih untuk fokus menjaga sang ibu di sela kesibukannya sebagai dokter. That’s what we call priority. Hubungan romantis memerlukan prioritas untuk membangun komitmen dengan pasanganmu. Oleh karena itu, jika kamu memang memiliki kesibukan lain yang membutuhkan 24 jam setiap harinya, it’s okay untuk menunda hubungan romantis terlebih dahulu. 

“I want to live doing the things i like” – Yang Seok Hyeong, Hospital Playlist

Trailer Lovestruck in The City (2020)

Yon Sun Ah dari “Lovestruck In the City” juga memiliki struggle  tersendiri ketika ingin membangun hubungan asmara. Dalam serialnya, ia adalah karakter yang membenci dirinya sendiri. Pengalaman diselingkuhi oleh mantan calon suaminya dan pemutusan kontrak pekerjaan secara mendadak membuat Sun Ah menganggap dirinya sebagai wanita yang bodoh dan selalu gagal.

Ia pun kabur, pergi ke sebuah pantai dan merubah diri menjadi seorang berjiwa bebas. Ia turut mengganti namanya menjadi Eun Oh. Di pantai itu juga, Sun Ah bertemu dengan Jae Won dan jatuh cinta kepadanya. Namun, sekembalinya ke Seoul, dia tidak percaya diri untuk melanjutkan hubungan dengan Jae Won. Sun Ah merasa bahwa kepribadian yang sebenarnya bukanlah wanita berjiwa bebas sebagaimana yang disukai Jae Won. 

Singkatnya, Sun Ah mengalami krisis eksistensial dan dia sendiri pun tidak tahu siapa dirinya. Apakah ia adalah Sun Ah yang selalu gagal? Atau Eun Oh yang berjiwa bebas? Oleh karena itulah, Ia tidak mau melanjutkan hubungan romantis dengan Jae Won jika belum mampu berdamai dengan masa lalunya dan menemukan dirinya sendiri.  

“Finding myself is more important to me, taking care of myself is for now, more important than loving you,” – Yon Sun Ah, Lovestruck In the City

Trailer True Beauty (2021)

Salah satu karakter yang menarik dari serial True Beauty adalah guru dari para pemeran utama, Pak Guru Han. Dalam serial tersebut, da memerankan sosok guru yang kaku dan sangat menjaga jarak dengan wanita. Ketika Im Hee Kyung (kakak dari pemeran utama wanita) mendekatinya, Pak Guru Han langsung menutup diri. 

‘This is why I never even dreamed of dating,”- Pak Guru Han, True Beauty

Kata-kata tersebut keluar ketika Pak Guru Han menceritakan tentang kondisi finansialnya. Ia mengakui masih memiliki hutang student loan. Tabungannya pun masih sedikit. Ia juga masih tinggal di kamar apartemen yang kecil. Bahkan sepatu nya saja sudah rusak dan tidak diganti sebab harus berhemat. Karena itulah, Pak Guru Han merasa tidak pantas menjalin hubungan asmara. 

Alasannya untuk tidak menjalin hubungan romantis dengan Hee Kyung pun semakin bertambah karena keadaan. Salah satu muridnya adalah adik dari HeeKyung. Ada dilema moral yang dialami apabila ia berpacaran dengan kakak dari muridnya. Terkadang, memang keadaan menjadi salah satu faktor mengapa seseorang memilih untuk tidak menjalin hubungan. 

So, there’s a lot of reasons why someone needs time to start their relationship. And that’s okay.

Hubungan romantik bukanlah kebutuhan primer seperti sandang, papan, dan pangan.  Hubungan romantik yang serius butuh persiapan, karena akan menguras banyak waktu, emotional energy, serta biaya. However, the most important thing is yourself. That’s why it’s okay if you want to take a rest from a romantic relationship.

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST