INSTALASI SENAR 2.0 AJAK SELAMI PROSES BERPIKIR MAHASISWA ARSITEKTUR

Written by on June 10, 2018

Beyond Reality, menjadi tema yang dipilih dalam Senandung Arsitektur atau yang disingkat menjadi Senar, acara yang diadakan oleh mahasiswa arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH). Tema kali ini menggambarkan proses pemikiran mahasiswa arsitektur yang harus melampui hal-hal di luar kenyataan yang abstrak dalam mendesain, atau singkatnya out of the box Ultimafriends! Senar 2.0, berlangsung di The Warehouse, Plaza Indonesia pada tanggal 1-3 Juni yang diselenggarakan dengan skala lebih besar dari tahun sebelumnya. Dalam tiga hari ini, mahasiswa arsitektur mengenalkan identitas mereka melalui seni, musik, dan arsitektur itu sendiri. Instalasi Senar 2.0 ini menjadi salah satu sarana untuk menunjukkan kepada publik proses mahasiswa arsitektur UPH dari mulai brainstorming sampai ke hasil yang nyata. Dengan instalasi ini, mungkin Ultimafriends kebayang dengan perjuangan mereka? Yuk simak!

  1. IDEA STRIKES

Bentuk instalasi pertama menggambarkan sebuah ide yang datang dari mana saja, Instalasi Senar 2.0, Plaza Indonesia (03/06)

Kalau Ultimafriends melihat bentuk yang gak beraturan, memang itu hal yang ingin digambarkan. Hal pertama adalah mengolah ide, ide yang bisa datang dari mana aja dan dalam bentuk apa aja. Proses yang dikenal dengan brainstorming ini merupakan tahap pertama dalam proses kerja mahasiswa arsitektur nih. Bambu dipilih untuk jadi medianya karena bambu sendiri merupakan bahan mentah yang nantinya bisa jadi apa aja Ultimafriends!

  1. POSSIBILITIES

Kain yang menjuntai digambarkan sebagai proses kedua dimana kemungkinan dari ide-ide yang muncul dipikirkan lebih matang, Instalasi Senar 2.0, Plaza Indonesia (03/06)

Dari ide yang ada pasti akan datang beberapa kemungkinan, dan nantinya setiap kemungkinan yang ada akan dipertimbangkan baik dan buruknya serta manfaatnya. Kain-kain putih yang menjuntai dari atas merepresentasikan sebuah kemungkinan yang banyak dan beragam, tapi tetap merupakan satu ide utama yang bercabang.

  1. FORMING

Bentuk ketiga yaitu forming, yang menggunakan seng sebagai wujud hasil hampir jadi yang masih perlu diperbaiki, Instalasi Senar 2.0, Plaza Indonesia (03/06).

Hampir memasuki hasil final tapi masih melewati proses penyeleksian Ultimafriends. Ide yang ada sudah dipilih dan mulai dibentuk, gambaran besar sudah ada, tapi masih memungkinkan untuk beberapa perbaikan. Kenapa seng? Ultimafriends bisa bayangin wujud seng yang reflektif, walaupun reflektif hasil bayangan tidak sejelas cermin tentunya. But the point is, bentuk final sudah tergambar tapi belum final karena masih melakukan revisi dan finishing untuk hasil yang terbaik.

  1. MASS

Bentuk akhir dari segala proses yang dijalani oleh mahasiswa arsitektur dalam menciptakan sesuatu dan tidak terlepas dari ide awal yang menjadi pokok utama lalu berkembang dengan ide-ide lain, Instalasi Senar 2.0, Plaza Indonesia (03/06)

Bagian final yang lebih tersusun, dan dapat dipahami semua orang. Tentu sebagian besar dari bentuk final ini merupakan ide awal yang mengalami perbaikan, tambahan, hingga menghasilkan sebuah bentuk yang nyata dan beyond reality tentunya~

 

Jadi kurang lebih seperti itu Ultimafriends, maksud dari Instalasi Senar 2.0 yang dipaparkan oleh Koordinator Instalasi SENAR 2.0, Nicky Anthony. Proses mulai dari pematangan konsep hingga terwujudnya instalasi ini memerlukan waktu kurang lebih 2 bulan Ultimafriends. Nicky mengaku puas dengan hasil yang didapatkan walaupun beberapa hal masih perlu dikembangkan. Instalasi ini juga menjadi ajang selfie, demi feeds Instagram yang bagus! Tapi di samping itu, Nicky berharap pengunjung juga dapat memahami maksud dan tujuan dari instalasi tersebut.

“Terimakasih yang sudah appreciate dengan foto-foto, semoga pengunjung paham dengan maksud dan tujuan instalasi ini. Walaupun ini merupakan sebuah step-step. Tapi sengaja kita buat free flow karena berpikir itu nggak selalu struktural,” tutup Nicky.

Nah Ultimafriends, raise your hand yang udah datang ke Senar 2.0 !! Untuk yang belum sempet tungguin mereka di Senar 3.0 yaa~

Editor: Vania Evan

 


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST