Ikatan Bikers UMN Bangun Persaudaraan Lewat Jalanan

Written by on March 14, 2018

Lantaran memiliki kecenderungan untuk ‘menguasai’ jalanan secara bergerombol sambil kebut-kebutan, komunitas kendaraan bermotor atau biasa disapa geng motor sering kali menimbulkan kesan yang kurang baik di mata masyarakat. Namun, bagaimana, ya dengan IBU?

Sebagai civitas akademika UMN sejati, Ultimafriends pasti tahu kan apa itu IBU?

IBU di sini bukan yang suka masakin makanan buat kamu di dapur, ya, Ultimafriends! IBU merupakan sekumpulan cowok-cowok UMN pecinta motor, baik bikers ataupun boncengers. Jordan, selaku founder IBUmenjelaskan bahwa komunitas ini hanya diperuntukkan untuk laki-laki sejak awal. Komunitas kependekan dari Ikatan Bikers UMN ini berdiri dengan visi dan misi utama mereka yakni memperbaiki citra anak motor yang selalu dipandang sebelah mata.

Jordan selaku founder IBU memberikan kata sambutan pada perayaan hari jadi IBU ke 5

Dalam setiap kesempatan, IBU selalu menonjolkan sisi persaudaraan. Faisal Alkafi, salah satu senior IBU menyampaikan pengalamannya sewaktu di kampus dulu. “Sekitar tahun 2012 dulu, gue jadi salah satu pengurus acara kampus. Tapi, panitianya nggak ada yang kerja. Di situ, gue minta tolong anak-anak IBU buat bantuin dan mereka semua dengan senang hati mau bantu,” kenang Faisal saat diminta maju ke depan menyampaikan sambutan saat acara perayaan 5 tahun IBU di Carburator Springs, Bintaro pada Sabtu (10/03) lalu.

Tak hanya saling membantu, hubungan para senior dan junior masih terjalin erat. Kualitasnya terjaga saat senior-senior IBU tidak segan membagi ilmu atau sekedar nongkrong bareng. “Gue dapat ilmu gratis, ya dibagiinnya juga harus gratis, dong,” ucap Nanda Harto, salah satu senior Ikatan Bikers UMN. Sang founder pun berkata, “kalau kalian semua di sini masih menganggap orang-orang sebelah kiri dan kanan sebagai teman. Mending, keluar aja. Kita ini semuanya saudara. Jangan ragu kalau mau minta bantuan.”

Selain mengutamakan persaudaraan, IBU ingin tampil sebagai komunitas bikers yang peduli sesama. Hal ini sudah diwujudkan lewat kegiatan bakti sosial setiap bulan Ramadhan serta pengiriman buku di tanggal 17 setiap bulannya bekerja sama dengan Pos Indonesia. Nah, di kepengurusan baru yang akan dipimpin oleh Reza dan Nanda, IBU berniat ingin melakukan lebih banyak kegiatan sosial. Salah satunya dengan berpartisipasi di acara donor darah Rencang.

kiri-kanan: Nanda (wakil ketua IBU), Reza (ketua IBU), Jordan (founder IBU)

Sayangnya, keberadaan IBU masih kurang disadari oleh mahasiswa UMN. Sebagian besar anak UMN hanya sekedar tahu bahwa IBU merupakan komunitas tak ber-SKKM yang kerjaannya hanya touring.

Maka dari itu, merupakan sebuah misi baru bagi Reza dan Nanda untuk lebih membangkitkan awareness mahasiswa-mahasiswa UMN terhadap IBU. Dalam kepengurusan baru nanti, mereka ingin anggota-anggota IBU berpartisipasi aktif dalam rangkaian acara kampus. Mereka berdua juga menegaskan ingin membuka IBU sebagai komunitas yang bukan hanya untuk mahasiswa, tapi juga dosen, karyawan, dan staff.

Sebagai komunitas motor, Ikatan Bikers UMN ingin membuktikan bahwa tumbuh dan belajar bisa lewat mana saja, jalanan misalnya.

Terus berkarya dan happy 5th anniversary, Ikatan Bikers UMN! IBU? We ride!

Foto: Theniarti Ailin
Editor: Vania Evan
Tagged as

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST