ICN FESTIVAL 2018 AJAK GENERASI MUDA UNTUK BAWA PERUBAHAN

Written by on May 15, 2018

Ultimafriends, sering denger pernyataan kalau generasi muda merupakan tonggak sebuah bangsa yang bisa membawa perubahan? Nah, hal itu yang mau disampaikan ICN Festival 2018 pada hari Sabtu (12/05) kemarin.

Kependekan dari Indonesian Culture and Nationalism, ICN Festival hadir dengan mendatangkan beberapa narasumber terkemuka mulai dari jajaran pemerintahan hingga influencer muda Indonesia. Dalam kesempatan ini, tokoh-tokoh inspiratif tersebut membagikan wejangan mengenai cara-cara untuk menjadi generasi muda yang membawa perubahan.

Rangkaian acara dimulai dengan ICN Foodex, bazaar khusus makanan Indonesia yang bertempat di Universitas Prasetiya Mulya, kemudian disusul dengan ICN Conference yaitu lomba pembuatan social project yang mendatangkan satu delegasi dari masing-masing daerah dengan total jumlah 34 delegasi. Khusus lima delegasi terpilih, social project-nya akan direalisasikan dan dibiayai.

Setelah rangkaian acara tersebut di atas, ICN ditutup dengan ICN Festival yang datang dalam dua sesi. Sesi pertama bertajuk ‘Tuan Rumah di Negeri Sendiri’ dan sesi kedua bertajuk ‘Generasi Muda Pembawa Perubahan’.

Menurut salah satu delegasi asal Sulawesi Tengah, Muhammad Nurramadan, talkshow sesi kedua menimbulkan kesan yang membekas.

“Sesi kedua tadi banyak banget manfaat dan tips gimana perubahan yang harus dilakuin sama generasi muda yang merupakan agen perubahan. Public figure yang expert di bidangnya buat saya secara pribadi terinspirasi sama cara mereka menjadi agen perubahan itu sendiri,” tutur Muhammad yang mendapatkan penghargaan sebagai delegasi terbaik di ICN 2018.

ICN 2018 mengangkat tema Akselerasi: Aksi Elevasi Generasi, yang menaruh harapan pada setiap generasi muda untuk dapat melakukan tindakan yang berdampak signifikan bagi kemajuan bangsa. Tentu hal ini kadang membuat generasi muda bingung, bagaimana harus bertindak untuk membuat perubahan itu sendiri?

Oleh karena itu, Martin Anugrah sebagai CEO dari Cameo Project serta narasumber dalam ICN Festival menegaskan bahwa sebelum membawa perubahan, tentunya kita harus tau apa yang mau diubah dan diperbaiki. Hal itu akan memudahkan kita untuk mengubah hal yang kecil menjadi besar dan bermakna.

Saykoji, rapper Indonesia yang ini juga mengingatkan untuk selalu thinking forward dan be yourself! Kita harus menemukan passion dari diri sendiri Ultimafriends, bukan passion hasil lirik orang lain atau yang lagi viral aja.

“Dari passion itu sendiri nantinya akan ketemu purpose, jadi segala sesuatu yang lu lakukan bakal ada ujungnya dan tentu berguna. Tapi lo perlu inget, dari sekian banyak yang liat perbuatan lo yang perlu lo itung ya seberapa banyak yang terbantu sama itu,” kata Saykoji.

Hal penting lainnya yang harus dimiliki oleh generasi muda yang ingin membawa perubahan adalah konsistensi, seperti yang dituturkan pemain film 5cm, Pevita Pearce. Dengan konsistensi, hal yang kecil sekalipun dapat membawa perubahan yang berarti.

“Jangan lupa juga untuk menghargai dan mendengar opini orang lain, karena itu juga sebagai sumber masukan yang nantinya akan ngebantu kita dalam proses perubahan itu,” tutup Pevita.

Nah itu dia Ultimafriends, tips dari influencer untuk dapat menjadi generasi muda pembawa perubahan yang sesungguhnya! Gimana? Udah tau apa yang mau diubah belum? Kalau udah, tetep konsisten ya Ultimafriends, dan jadi diri kamu sendiri!

Editor: Vania Evan

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST