“Hoolala”: Saving You to Love Yourself

Written by on August 4, 2020

You betta be bold and strong enough, you betta be tough and brave it out

Pesan sederhana dilantunkan oleh Yura Yunita sembari merakit hati para penggemar melalui singel barunya. Perempuan kelahiran Bandung ini merilis singel bertajuk Hoolala yang bisa kamu nikmati di platform streaming musik pilihanmu sejak 30 Juli 2020. Lagu ini merupakan lagu pertama Yura yang rilis pada 2020 dan dikabarkan akan menjadi lagu pembuka menuju album ketiganya.

Hoolala menjadi proyek kolaborasi pertama Yura dengan Dipha Barus. Setelah dua tahun ingin berkolaborasi, keinginan Yura akhirnya terwujud di masa pandemi. A little fun fact, Yura mengungkapkan, perekaman vokal lagu ini ia lakukan di kamar tidurnya dengan merakit vocal booth bermodalkan lemari dan bed cover. 

Konferensi pers virtual perilisan single Hoolala yang diselenggarakan pada Senin (03/08/2020).
(Foto: Creathink Publicist)

Dalam konferensi pers virtual perilisan singel Hoolala pada 3 Agustus 2020, Yura mengungkapkan bahwa lagu ini ditujukan untuk memberi semangat kepada pendengar yang sering insecure terhadap diri mereka. Ditambah lagi, pandemi Covid-19 sering kali membuat orang semakin tidak yakin untuk menjalani hidup. This song truly becomes her self-reminder as well as a friendly reminder to others.

“Hidup nggak ada yang sempurna, apalagi di tengah masa cobaan seperti sekarang ini. Daripada memunculkan monkey mind─pikiran bercabang yang membuat overthink setiap saat─ selama pandemi, aku mau ajak untuk merayakan ketidaksempurnaan,” tutur Yura.

Judul lagunya, Hoolala, adalah kata yang muncul selama proses produksi antara Yura Yunita dan Dipha Barus ketika pertama kali mengerjakan proyek ini di Bali. Kata ini berawal dari dengungannya saat menyusun lagu tanpa interpretasi makna mendalam. Menariknya, setelah membuat lagu ini Yura baru mengetahui bahwa Hoolala ternyata memiliki arti to save atau menolong dalam bahasa Hawaii. Yura menganggap judulnya sebagai penguat pesan yang berusaha ia sampaikan dalam lagu. 

Jika kamu perhatikan, Ultimafriends, Hoolala tidak berada pada koridor genre yang biasa dijejaki Yura. Berbagai elemen dari Hoolala dibuat dengan nuansa cerah. Hal ini juga berkaitan dengan tujuan Yura mengajak pendengarnya untuk berselebrasi di masa depresi. “Kill ’em with kindness.” Melalui lagu ini, Yura berupaya agar semakin banyak orang keluar dari kemelut yang menyelimuti mereka. Tidak sekadar keluar dari overthink zone kamu, melalui Hoolala, Yura juga membagikan cara untuk mensyukuri hari. Yura membiasakan diri membuat gratitude journal setiap harinya. Tulis rasa syukur kamu pada hari itu dan coba untuk menatap dunia dengan mindfulness. Tidak perlu bergulat terus dengan perasaan di masa lalu, biarkan mengalir seperti tarian dalam lagu Hoolala

Ngomongin soal tarian, Ultimafriends udah ikutin dance challenge Hoolala, belum? Kamu bisa langsung tonton video tarian Hoolala di YouTube dan meramaikan tarian ini dengan mengikuti dance challenge-nya. Banyak warganet yang juga turut unjuk kebolehan menirukan koreografi single terbaru Yura di TikTok dengan tagar Hoolala. Bahkan, sang eyang dari Yura pun meramaikan gema tarian Hoolala. Yura mengaku tidak menyangka bila tarian ini dapat membuat anggota keluarga besarnya berjoget pada momen Idul Adha 2020 lalu.

Kalau kamu mulai overthinking dan mengalami existential crisis, kamu bisa dengerin Hoolala sambil menari dan melepaskan pikiran-pikiran negatif kamu, Ultimafriends. Lagu ini hadir dengan paket lengkap: bisa bikin kamu percaya diri sekaligus joget sepuasnya.

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST