HINDARI 4 HAL INI SEBELUM KAMU MENYESAL SAAT LULUS

Written by on March 4, 2019

Hmm, bandel pas kuliah. What do you think?

Oke, oke. Tim reporter ngerti, kadang kamu masih mencari jati diri di dunia perkuliahan, masa-masa dimana curfew lo udah boleh di atas jam 10 malam, apalagi yang anak kosan. Di samping itu, kamu harus ingat kalau bukan cuma jati diri yang bisa ditentuin di masa kuliah, tapi masa depan juga dipertaruhkan!

So, buat kamu yang masih punya tendencies buat bermalas-malasan di masa kuliah, here’s a list of 4 things you should avoid doing:

“Nggak mau kelas! Mager!”

Apakah ini yang diteriakkan batin seorang mahasiswa saat ia sedang malas untuk kelas?

Berdasarkan pengamatan tim reporter tiap mengikuti kelas, 2 di antara 10 mahasiswa bakal lebih milih tipsen dan cabut ketimbang duduk di dalam kelas dan merhatiin dosen.

Once or twice oke lah, lagipula juga setiap mahasiswa punya jatah absen tiap semesternya. Tapi kalau sampai skip kelas berkali-kali—walaupun udah nitip absen sama temen—tetap aja kamu ketinggalan materi, Ultimafriends. Ujung-ujungnya cuma garuk-garuk kepala pas ujian. Kan nggak mungkin kalau berharap kertas ujian di depan mata bakal penuh dengan jawaban yang berbobot.

Jadi, daripada skip kelas dan ujung-ujungnya nyesel pas ujian, mending buang jauh-jauh yuk mindset yang kaya gini!

“Ujian? Santuy, ada contekan!”

Inilah bentuk penyesalan seorang mahasiswa yang tidak pernah mendengarkan ocehan dosennya di kelas dan contekannya gak ada yang keluar.

Percaya nggak percaya, ini adalah hasil dari tindakan nomor 1 di atas, atau kamu memang sama sekali nggak pernah fokus di dalam mata kuliah itu. Because here’s the thing, nggak jarang dosen berharap yang tertulis di lembar jawaban adalah materi yang disampaikan dengan bahasa mereka sendiri—lengkap dengan contoh yang pernah diberikan. Jadi, kalau kamu punya pemikiran untuk bikin contekan yang referensinya diambil dari buku, or worse, the internet, siap-siap kecewa ya karena contekannya nggak ada yang keluar di soal.

Amit-amitnya, siap-siap aja ketemu mata kuliah itu lagi semester berikutnya karena sekalinya ketahuan nyontek, nggak ada yang namanya maaf—apalagi kalau yang jaga ruangan ujian staff BAAK, fix bakal ngulang di semester berikutnya. Hiiiih!

“Kelas? Hadir. Tugas? Selesai. Kuliah selesai? Pulang!”

Contoh mahasiswa Kupu – Kupu -Tikus: Kuliah Pulang Tidur Cuusss

Nggak cuma menjadi “bandel” lho yang bikin kamu nyesel pas lulus nanti. Kalau zaman sekarang ada term-nya, yaitu Kupu-kupu, alias kuliah pulang-kuliah pulang. Mungkin dengan melakukan hal yang satu ini, energi kamu bisa selalu terjaga, IPK di atas 3,7 karena sepulang kuliah kamu belajar lagi di rumah atau kosan, or maybe to catch on that very needed sleep. Tapiiiii, yang harus disadari itu semua kegiatan kampus adalah sebuah gambaran tentang bagaimana dunia kerja supposed to look like! Sekarang ini, yang dilihat oleh perusahaan-perusahaan nggak cuma sebatas IPK, tapi juga pengalaman berorganisasi.

Sayang banget Ultimafriends kalau kamu nggak memanfaatkan UKM atau kepanitiaan yang udah difasilitaskan. Lagipula dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ini, relasi kamu akan semakin luas dan beragam, kan?

“Nggak ah, lo aja. Gue malu.”

Malu menjadi penghambat terbesar kesuksesan, lho, Ultimafriends.

Okay, I get it, anxiety could get in the way sometimes. Tapi sekali lagi, kuliah adalah saat di mana kamu bisa benar-benar mengembangkan diri supaya jadi yang terbaik dari yang paling baik. Mau nggak mau, kamu harus berani keluar dari zona nyoman dan mencoba semaksimal mungkin untuk overcome rasa malu yang tak lain dan tak bukan adalah penghalang terbesar dari sebuah kesuksesan. Eits, tenang dulu, Ultimafriends, kamu bisa kok belajar dari pengalaman orang lain yang berhasil merangkak keluar dari zona nyamannya. Untuk memulai sesuatu yang baru memang nggak gampang, tapi kamu akan menikmatinya ketika udah terbiasa dengan itu. Yuk kita coba bareng-bareng!

Semoga 10 tahun lagi saat flashback ke masa-masa perkuliahan, nggak ada kata – kata Ugh, I should have never done that back in college,” keluar di benak kamu, ya. Semangat terus kuliahnya, Ultimafriends!

Foto: Google & Pinterest
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST