Hafalkan Istilah-Istilah Berikut kalau Kamu Tidak Ingin Bingung saat Datang ke UMN

Written by on August 20, 2020

A: “Yuk abis ini kita ke Samen.”

B: “Okey, tunggu di Jembatan Naga, ya, mau ambil jatah dulu.”

A: “Iya buruan jangan kelamaan, keburu ni telur UMN netas.”

Ultimafriends yang sudah menjadi mahasiswa lama UMN mungkin nggak akan asing dengan istilah-istilah  dalam percakapan tersebut. Namun, hal berbeda terjadi pada para mahasiswa baru. Mahasiswa baru kemungkinan akan sulit memahami kosakata dalam percakapan di atas. Belum lagi situasi pandemi Covid-19 menyebabkan mahasiswa baru tidak bisa mengeksplor UMN lebih jauh.

Nah, buat kamu para mahasiswa baru yang baru saja menjalani OMB daring perdana di UMN, tim reporter sudah merangkum istilah-istilah yang perlu kamu ketahui agar tidak kebingungan saat tiba di UMN!

1. Telur Dinosaurus UMN

Gedung C dan Gedung D Universitas Multimedia Nusantara yang bentuknya disebut menyerupai telur dinosaurus. (Foto: my.umn.ac.id)

Dua gedung yang viral karena bentuknya mirip dengan telur dinosaurus dari kejauhan ini sebenarnya merupakan Gedung C dan Gedung D Universitas Multimedia Nusantara. Gedung C UMN disebut sebagai New Media Tower, sedangkan Gedung D adalah P.K. Ojong-Jakob Oetama Tower. Karena ukurannya yang besar dan bentuknya yang lonjong, orang-orang kerap menyebutnya sebagai telur dinosaurus. Padahal, Gedung C dan Gedung D ini sejatinya dirancang berbentuk kepompong dengan filosofi agar kampus UMN bisa menetaskan manusia yang baru dan lebih baik dari sebelumnya. Ultimafriends, apa kamu salah satu orang yang sempat terkecoh dan menyangka bentuk kedua gedung ini benar-benar terinspirasi dari telur dinosaurus?

2. Jembatan Naga

Connector atau jembatan penghubung Gedung B dan Gedung C UMN yang sering disebut sebagai jembatan naga (Foto: 360.umn.ac.id)

Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar istilah jembatan naga? Bisa jadi gambaran yang muncul di benak kamu adalah jembatan melengkung di atas danau yang bentuknya menyerupai naga. Jujur saja, itu adalah bayangan tim reporter ketika pertama kali mendengar istilah jembatan naga di UMN. Tapi sebenarnya, jembatan naga merupakan selasar atau connector yang menghubungkan Gedung B dan Gedung C UMN. Sayangnya, masih belum ada yang tahu pasti alasan connector ini disebut sebagai “Jembatan Naga”. Sebagian mahasiswa berasumsi bahwa istilah ini lahir akibat bentuk connector yang meliuk-liuk. 

3. Samen dan Damen

Damen alias depan UMN, tempat yang kerap menjadi spot nongkrong mahasiswa UMN di antara jeda antarkelas. (Foto: Arsip Reporter UMN Radio)

Samen dan Damen adalah dua kata yang sering diucapkan di kalangan mahasiswa UMN. Jangan sampai kamu mengira bahwa itu adalah nama-nama gedung di UMN ya, Ultimafriends. Samen dan Damen adalah dua tempat nangkring favorit mahasiswa yang letaknya di sekitar UMN. Samen merupakan akronim dari samping UMN, sementara Damen berarti depan UMN. Samen dan Damen sebenarnya hanyalah area bertrotoar di samping dan depan UMN yang dipenuhi oleh aneka gerobak makanan kaki lima, mulai dari batagor, mi bakso, kupat tahu, hingga kopi seduh. Sayangnya belum lama ini, area sekitar UMN ditertibkan sehingga para pedagang kaki lima harus berpindah tempat. Konon mereka berpindah ke daerah belakang UMN yang kini dikenal dengan Blamen. 

4. Makanan Jatah

Ilustrasi makanan jatah di UMN yang biasanya terdiri dari nasi dengan lauk pauk serta tambahan snack. (Foto: BP Guide)

Makanan jatah yang dimaksud di sini bukan berarti setiap mahasiswa mendapat jatah makan siang, ya, Ultimafriends. Di UMN, makanan jatah dikenal sebagai makanan yang wajib kamu beli seminggu sekali ketika kamu bergabung dengan kepanitiaan tertentu. Sistem ini diberlakukan guna menambah pemasukan panitia guna menyelenggarakan acara. Jatah yang kamu dapatkan ini bisa kamu makan untuk diri sendiri atau kamu jual ke orang-orang di sekitarmu.

5. Kampus Bandara

Lobi Gedung A Universitas Multimedia Nusantara. (Foto: Arsip Reporter UMN Radio)

Kampus bandara? Emang dulunya UMN itu bandara? Nggak gitu, Ultimafriends. Istilah ini muncul karena Lobi B UMN pernah disulap menjadi bandara untuk shooting salah satu iklan situs pemesanan tiket pesawat dan hotel. Hal serupa juga pernah dilakukan pada Lobi Gedung A UMN. Gedung UMN yang di-make over menjadi bandara ini kemudian melahirkan ungkapan kampus bandara di kalangan mahasiswa. Selain untuk iklan, kampus UMN juga pernah digunakan untuk lokasi shooting FTV, video klip, bahkan film.

Nah Ultimafriends, itu dia istilah-istilah yang perlu kamu tahu supaya nggak bingung ketika mendengar percakapan antarmahasiswa di UMN. Meskipun sekarang kamu belum bisa datang dan menjelajah UMN secara langsung, semoga istilah-istilah di atas membawa kamu lebih dekat dengan kampus barumu ini. Kalau kamu masih ingin berkeliling UMN secara virtual, kamu juga bisa mengunjungi alamat web 360.umn.ac.id yang siap membawa kamu menjelajahi UMN secara daring.

Editor: Theresia Melinda Indrasari

[There are no radio stations in the database]