FLOWER: KOLABORASI DARI PENGALAMAN DIPHA BARUS DAN JACKIE CASTRO

Written by on March 12, 2021

Growing and Glowing.

Mendengar kata tersebut, apa yang terlintas di benak Ultimafriends? 

YupGrowing and Glowing memiliki arti berkembang dan berkilau. Selaras dengan artinya, Dipha Kresna Aditya Barus atau biasa disapa Dipha Barus akan meliris single terbaru bertema Growing and Glowing bersama musisi Amerika-Kolombia, Jackie Castro dalam single yang berjudul “Flower”. 

Setelah rilisnya kolaborasi terakhir Dipha bersama Hindia di Januari lalu, seperti apa sih konsep kolaborasi terbarunya kali ini?

Fathia Izzati sebagai moderator dalam jumpa pers online yang dilakukan pada Rabu, 10 Maret 2021 lalu. (Foto: Stephanie Risyana)

Ketika ditanya oleh Fathia Izzati selaku moderator pada jumpa pers Rabu, 10 Maret yang lalu mengenai arti lagu terbarunya, Dipha menyatakan bahwa dirinya terinspirasi dari proses berat yang telah dialami selama 2 tahun belakangan ini. Namun, ia selalu menghargai proses tersebut dalam hidupnya untuk terus bertumbuh dan menjadikannya seperti saat ini.

“Ada proses growing dan glowing yang mau diceritain dari seorang manusia. Di dalam ceritanya terdapat banyak orang yang mendukung proses pertumbuhan. Ini rasa terima kasih untuk mereka yang selalu menopang manusia lainnya dalam proses yang terjadi,” jelas Dipha.

Selain itu, Jackie juga sempat menjawab mengenai arti lagu tersebut yang menurutnya sangat emosional karena menceritakan tentang kehidupan pribadinya, di mana ia mengalami fase buruk yang memaksanya untuk terus berjuang dan bertumbuh bersama dengan dukungan orang-orang di sekitarnya.

Tak heran ya Ultimafriends, jika single-nya diberi nama “Flower” atau jika kita terjemahkan ke bahasa Indonesia yang memiliki arti “Bunga” memang sangat identik dengan konsep tumbuh dan menjadi indah setelah bertumbuh. Dipha sendiri terinspirasi membuat visualisasi debutnya kali ini dari bunga favoritnya, yaitu bunga markisa. 

Tidak hanya itu, ada fakta menariknya nih Ultimafriends, ternyata kolaborasi ini terjadi begitu saja saat Dipha dan Jackie bertemu satu sama lain di salah satu studio di Los Angeles satu tahun yang lalu. Nah, yang bikin shock-nya, mereka menyelesaikan lagu ini hanya dalam dua jam, loh Ultimafriends! 

Jackie Castro dalam jumpa pers online pada Rabu (10/03/2021). (Foto: Stephanie Risyana)

Jackie sendiri menyatakan bahwa sangat mudah untuk menyesuaikan musiknya dengan musik Dipha. Jadi, mereka berdua memang sudah sangat cocok ketika pertama kali bertemu dan langsung terlintas pemikiran untuk membuat lagu. 

Bukan Dipha Barus jika tidak menunjukkan ciri khas dalam setiap karyanya. Sejak lagu pertamanya di tahun 2015, Dipha selalu mengadopsi instrumen tradisional Indonesia. Kali ini, kembali berkolaborasi dengan musisi luar negeri, Dipha tetap mempertahankan ciri khasnya tersebut dengan mengadopsi instrumen gamelan rindik dari Bali dan suling Tanah Karo dalam karya terbarunya bersama Jackie. 

Wah, Dipha memang sangat cinta dengan Indonesia nih ya, Ultimafriends!

Seperti yang kita tahu, walaupun karya-karyanya selalu mengadopsi instrumen tradisional yang terkesan lame di kalangan masyarakat, Dipha akan mengemasnya dengan sangat baik dan lebih classy sehingga banyak orang jatuh cinta pada karyanya, terutama para anak muda. 

Matching ya baju Dipha dengan cover album terbarunya! (Foto: Stephanie Risyana)

Di akhir acara, Dipha yang juga sedang mengerjakan projek album “Humankind” yang akan menjadi album bertemakan self love dan mindfulness ini berpesan untuk selalu berterima kasih terhadap orang-orang yang membantu proses bertumbuh walau kadang tidak enak. Ia juga mengingatkan untuk berterima kasih pada diri sendiri.

“Jangan lupa terima kasih untuk diri sendiri juga, untuk apa yang (sudah) dilaluinGive ’em a pat in the back,” tutup Dipha. 

Penasaran dengan single terbarunya? Jangan khawatir Ultimafriends, karena single Dipha bersama dengan Jackie yang berjudul “Flower” ini akan dirilis pada Jumat, 12 Maret ini dan bisa kamu dengarkan di di berbagai platform musik digital. 

So, stay tune ya!

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST