GLASKACA: STAEDIG, ADENDUM, SAMPAI AKSI KAMISAN

Written by on March 21, 2019

Glaskaca baru aja main ke UMN Radio nih, Ultimafriends! Coba tebak di program mana? Mana lagi? Mana lagi selain di? Musikalitas~

Grup musik asal Jakarta ini terbentuk pada 2013 dan udah melahirkan dua mini album (Identity dan Staedig) dan satu album (Adendum). Glaskaca sendiri beranggotakan tiga orang Ultimafriends, Dias (vokal & gitar), Aldi (drum), dan Rayhan (gitar & synth). For your information album ‘Adendum‘,  yang rilis pada September 2018 itu diproduseri oleh Iga Massardi dari Barasuara lho! 

Dalam perjalanan pulang, tim reporter mengambil kesempatan untuk tanya-tanya ringan sama mereka. Langsung aja nih, check it out!

Dias (kiri) dan Aldi (kanan) dari Glaskaca yang baru main ke Musikalitas, Kamis (14/03). (UMN Radio/Jericho Widjaja)

Halo, aku mau tanya-tanya nih soal Staedig sama Adendum, boleh ya?

Aldi & Dias : Boleh, boleh!

Oke langsung aja ya, tiga perbedaan antara Staedig dan Adendum apa sih? Satu-satu ya!

Aldi: Pertama, Adendum itu semuanya pake bahasa Indonesia, kalau Staedig pake bahasa Inggris semua. Kedua, Staedig lagunya agak lebih susah kalau dimainin dibanding lagu-lagu Adendum—ini menurut gue sebagai drummer ya. Nah, kalau yang ketiga mungkin temanya beda sih. Kalau Adendum itu lebih ke mengenai quarter life crisis, jadi emang pas bikin Adendum lagi mengalami juga. Kalau Staedig waktu itu lagi seneng-seneng ya?

Dias: Staedig emang se-idealis itu sih, jadi kita mikirnya emang lebih ke konsep dari lagunya yang mau diciptain apa? Bukan lebih yang kita alami saat itu. Mungkin ada yang dialami, tapi secara penempatanya bukan di situ. Mungkin di Adendum kita lebih berkomunikasi sama orang yang mendengarkan. Kalau Staedig kasih denger lagu, lebih kayak statement, bukan ngobrol, sedangkan Adendum menurut gue lebih ngobrol, lebih cerita. Itu aja kali ya udah diwakilin Aldi tadi.

Wah mantap, kalau gitu pilih dong satu lagu favorit dari Staedig dan Adendum!

Aldi: Gue Staedig. Staedig’ lagunya jelas, kalau Adendum itu gue Peringatan/Peringatan’

Dias: Kalau gue dari Staedig paling suka ‘Machine’, kalau dari Adendum gue ‘Epilog.

Oke, kalau dari dua pilihan itu, dipilih satu yang mana?

Dias:Epilogsama ‘Machineemang hampir sama ya karena vibesnya megah menurut gue, tapi lebih touchingEpilog, lebih merangkul gitu. Jadi gue pilih ‘Epilog’.

Aldi: Kalau gue ‘Peringatan/Peringatan karena lagunya lebih nge-rock, sama lebih apa ya? Lebih statement gitu, kayak kita mau ngomong gini lho sebenernya. Nah kalo Staedig tuh bener-bener cuma kita ambil dari sebuah tema, kita jadiin ini lagu Staedig . Kalau ‘Peringatan/Peringatan tuh emang ada maksudnya.

Lanjut ke ‘Peringatan/Peringatan nih, lagu ini terlibat di Aksi Kamisan ya? Gimana tuh ceritanya?

Dias: Sebenernya kenapa bisa terlibat di situ karena ada temen yang memang voluntary di Aksi Kamisan itu, dan dia tanya, “Eh Glaskaca mau nggak lagunya dipake?”.

Aldi: Iya dan kebetulan lagu peringatan itu pas sama Kamisan ini.

Dias: Walaupun sebetulnya menurut kita ‘Peringatan/Peringatan’ lagu personal yang kita alami, tapi ternyata bisa juga dipakai lho dari lirik yang kita punya. Walaupun personal, tapi bisa dipakai untuk tema di Aksi Kamisan ini. Emang nyambung gitu sih, seru aja ternyata ada orang yang bisa menggambarkan itu di tema lainnya.

Wah menarik ya, tapi ada pengalaman yang sama nggak sih dari lagu lain?

Dias: Oh ada, jadi ada temen yang pakai ‘Epiloguntuk short movienya yang temanya itu tentang mental illness. Dia pakai ‘Epilogbuat lagunya.

Oh gitu. Pertanyaan terakhir nih, dari Glaskaca ada yang baru ya?

Dias: Iya, ada yang baru. Bisa ditunggu sih, doain ya semoga lancar. Secepatnya ya karena sebenernya rilisnya mau minggu-minggu kemarin, cuma karena ada beberapa yang kita kerjakan, jadi ditunggu aja nanti akan ada yang baru.

Nggak mau dikasih tau nih yang baru apa?

Aldi: Nggak mau ah~

Dias: Iya jadi ditunggu aja ya.

Nah Ultimafriends, itulah obrolan tim reporter dengan dua personel Glaskaca mengenai Staedig, Adendum, dan Aksi Kamisan. Walaupun yang baru tetap kekeh nggak mau dibocorin, kira-kira ada yang bisa nebak nggak apa yang baru? Apapun itu semoga karyanya dapat semakin membanggakan ya. Amin? Amin!

 

Foto: https://www.instagram.com/glaskaca/
Editor: Aurelia Gracia

 


Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST