Giat for UMN, Aplikasi oleh Mahasiswa untuk Mahasiswa

Written by on February 16, 2021

 

Ultimafriends, sering kali seorang mahasiswa menjadikan jadwal kuliah sebagai wallpaper ponsel. Alasannya pun klasik supaya tidak ribet ketika mengecek jadwal kuliah. Ternyata, rasa ribet tersebut tidak hanya dirasakan ketika mencari jadwal kuliah saja, tetapi juga dirasakan saat harus mengecek IPK maupun tugas yang mengharuskan kamu log in di situs E-Learning serta My UMN berulang kali. 

Berangkat dari permasalahan tersebut, Surya Widi Kusuma dan Wiracayana R.J. dari Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara angkatan 2018 mengembangkan aplikasi Giat for UMN. Nah, aplikasi tersebut memungkinkan Ultimafriends untuk mengecek jadwal kuliah, tugas, IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), dan bahkan mengakses link Zoom perkuliahan tanpa harus berulang kali login di E-learning maupun My UMN. 

 

Hingga Jumat (12/02/2021) Giat for UMN telah diunduh oleh lebih dari 500 pengguna. (Foto: Tangkapan layar di Play Store)

Tim reporter UMN Radio telah berbincang dengan Surya, salah satu sosok dibalik aplikasi Giat for UMN. So, here we go!

Oke Surya, good to talk to you. Kamu berhasil mewujudkan sebuah aplikasi yang memudahkan mahasiswa terkait informasi perkuliahan. Nah, dapat ide awalnya dari mana sih?

Aku ini angkatan 2018 nih, dari awal masuk, aku merasa susah banget untuk membuka jadwal di ponsel. Dulu aku lihat orang-orang screenshoot jadwal (kuliah)-nya untuk dijadikan wallpaper ponselnya. Namun, aku enggak suka kayak gitu. Kehidupan aku bukan kampus doang, jadi aku enggak mau jadwal kampus dijadikan wallpaper

Sebenarnya aku kerja part-time juga jadi programmer dari 2018 untuk membuat web gitu. Tahun 2019 tertarik untuk bikin mobile apps. Waktu itu, sekitar pertengahan 2019, aku bikin aplikasi untuk melihat jadwal My UMN. Dahulu fungsinya itu saja (melihat jadwal), supaya enak dilihat dan dibukanya cepat. 

Lalu di 2020, aku mulai membuat Giat dengan banyak fitur seperti sekarang. Awalnya masih temen-temen deket sih yang pakai. Sampai bulan November 2020, aku mulai menyebarkan Giat ke grup-grup di media sosial, dan yah…, awal 2021 langsung meledak yang pakai.

Beberapa fitur dari Giat for UMN (Foto: Tangkapan layar dari akun reporter)

Informasi di dalam Giat terhubung dengan E-learning dan My Umn. Apakah kamu bekerja sama dengan IT UMN?

Jadi waktu bulan November, aku kontak IT UMN dan kita sempet ngobrol-ngobrol juga tentang ini. Tadinya sih mau aku ajak kerja sama. Jadi tim aku saja yang bikin mobile app-nya, tapi ternyata dari pihak UMN juga lagi ada proyek lain, dan akhirnya mereka enggak bisa kerja sama. 

Pihak IT UMN juga bilang kalau mereka enggak melarang, tetapi gak mengizinkan juga. Aplikasi Giat boleh saja dipakai, asal mahasiswa sadar kalau aplikasi ini dari pihak ketiga dan bukan dari UMN langsung. 

IT UMN juga bilang aplikasi ini enggak melanggar peraturan apapun, karena hanya membaca dari website My UMN dan E-learning, bukan dari database dan server UMN-nya langsung. Aku enggak ngejebol server mereka.

Berarti ini projek pribadi ya? Bukan tugas dari UMN?

Iya.

Salah satu hal yang menarik adalah nama aplikasi yang digunakan, yaitu Giat. Apakah ada arti khusus dari nama tersebut?

Jujur aja dulu agak bingung waktu memilih namanya. Ya sudah, Giat saja deh, ‘kan siapa tahu bisa buat mahasiswa tambah giat belajar…. Soalnya kalau namanya ada UMN, kayaknya enggak boleh, ‘kan bukan buatan UMN gitu.

Saat ini apakah kamu akan terus mengembangkan Giat? Kira-kira ke depannya akan ada update apa saja? 

Kalau untuk sekarang, kami lagi mengembangkan dark mode, karena banyak banget yang minta. 

Psst…. Untuk Ultimafriends yang ingin memberikan masukan untuk aplikasi Giat, boleh banget chat private ke akun Instagram @Giat.app(Foto: tangkapan layar Instagram)

Apa sih rencana ke depannya untuk Giat?

Mungkin dari visi misi kita, adalah mau mempermudah mahasiswa mengakses website kampus. Tujuan aku bikin Giat yang di 2020 itu sebenarnya tidak hanya untuk UMN saja. Jadi, aku desain sistem Giat agar gampang digunakan untuk website kampus lain juga. 

Aku juga sudah explore ke kampus lain. Jadi, aku pinjam akun teman, terus aku pakai buat bikin aplikasi Giat dan cepat banget terhubungnya. Niatnya sih tahun ini kita mau kontak kampus-kampus lain untuk menawarkan aplikasi Giat. 

Nah Ultimafriends, itu dia wawancara tim reporter bersama salah satu pembuat Giat. Sama seperti tujuan namanya, semoga Ultimafriends semakin giat mengecek tugas dan jadwal kuliah demi mendapatkan nilai yang baik, ya!

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST