EVENT

FILM TERBAIK FFI 2017 DIPUTAR DI UMN SCREEN 2018

todayMay 9, 2018 13

Background
share close

Ultimafriends! Kamu tau gak sih kalo pemenang kategori Film Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2017 jatuh kepada film Night Bus garapan Emil Heradi? Film lokal bergenre drama-thriller ini mengalahkan Pengabdi Setan dan juga Posesif loh! Tak hanya itu, film ini juga memiliki prestasi gemilang dengan membawa enam Piala Citra FFI 2017, meski merupakan karya debut dari sang produser yang juga merupakan aktor beken, Darius Sinathrya.

Melihat sederetan prestasi yang diraih, no wonder UMN Screen dengan bangga memutarkan Night Bus sebagai special screening pada Jumat (04/05) yang juga merupakan penutup dari rangkaian screening yang telah dilewati. Setelah pemutaran film yang berdurasi 139 menit, UMN Screen, acara yang diselenggarakan oleh prodi FTV dan FSD ini juga membuka forum diskusi bersama dengan produser sekaligus pemain utama, Teuku Rifnu Wikana.

Night Bus yang diadaptasi dari cerita pendek berjudul ‘Selamat’ karya Teuku Rifnu berhasil dibuat menjadi skenario dan satu film utuh. “Cerpen yang hanya dari selembar kertas, yang kemudian jadi skenario, lalu menjadi sebuah film. Sebenarnya secara benang merah, yang saya tuliskan di situ napasnya. Tapi  untuk sebuah film tidak mudah untuk menyajikan sebuah tontonan tanpa adanya sebuah pesan yang bisa disampaikan kepada penonton. Pesan itu yang menjadi poin film itu untuk dapat dinikmati,” tutur Teuku Rifnu dalam sesi diskusi bersama.

Cerpen ‘Selamat’ terinspirasi dari pengalaman pribadi Teuku Rifnu ketika melakukan perjalanan dengan bus menuju rumah keluarga dari Medan menuju Aceh. Saat itu suasana di Aceh sangat mencekam karena konflik sedang terjadi dan suasana demikian yang ingin digambarkan Teuku dalam film Night Bus.

 

Film Night Bus yang mendapatkan 12 nominasi dan membawa pulang enam Penghargaan di Festival Film Indonesia 2017 pada 11 November 2017  (Layar.id)

Tokoh-tokoh yang ada di dalam bus memang tidak semuanya berasal dari cerpen Ultimafriends. Ada beberapa tokoh yang memang dihidupkan berdasarkan kejadian nyata seperti Anisah yang mengalami trauma akibat dicabuli dalam suatu konflik di tempat yang berbeda dan Yudha seorang wartawan yang menjalankan tugasnya namun harus mengalami kekerasan.

“Beberapa tokoh-tokoh yang ada disitu berdasarkan orang-orang yang sudah melakukan perjalanan kesana. Luthfi itu sebagai asli warga sana, yang dibikin buta agar penonton bisa menggambarkan bahwa dia buta aja dia bisa tau situasi semunya apalagi yang bisa lihat?” kata Teuku Rifnu.

Teuku Rifnu, produser sekaligus pemeran Bagudung di film Night Bus, di sesi diskusi dalam Special Screening yang diselenggarakan oleh UMN Screen pada Jumat (04/05)

Pada forum diskusi tersebut, Teuku Rifnu juga memberi wejangan nih Ultimafriends, terutama untuk anak-anak FTV UMN agar mampu membuat hasil kreatif dan maksimal.

“Indonesia itu gudangnya film, sebenernya gak selalu harus bioskop dan jangan pernah berharap sama itu. Yang penting bikin aja sekeren mampus, dengan sendirinya akan terbayarkan.” Tutup Teuku Rifnu.

Nah Ultimafriends, yakin gak penasaran nonton film lokal yang menang sederet penghargaan ini? You better watch the movie, tapi jangan yang bajakan yaaa..

Editor: Vania Evan

 

 

Written by: Sarah Sekar Larasati

Rate it

Previous post

ENTERTAINMENT

Rekomendasi Drama Korea yang Cocok dengan Beberapa Jurusan di UMN.

UMNRadio – Menonton drama korea seolah sudah menjadi budaya bagi beberapa kalangan masyarakat di Indonesia. Salah satu genre yang disukai oleh penonton adalah “Romance”. Namun, ternyata kalau membicarakan drama korea, tidak selalu genre romantis ‘loh ultimafriends.  Masih banyak genre-genre lain yang ternyata dapat dinikmati oleh pecinta drama korea di Indonesia. Dalam tulisan kali ini, tim reporter akan memberikan beberapa rekomendasi drama korea yang bukan hanya membicarakan tentang percintaan dan nuansa […]

todayMay 5, 2018 288


Similar posts

UMN Info

Demo Day Skystar Ventures UMN Sukses ajak Mahasiswa Kenalkan Ide Bisnis Kreatif

Sebanyak lima startup buatan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berkesempatan mengenalkan ide bisnis mereka dalam acara Demo Day yang diselenggarakan oleh Skystar Ventures, Jumat (11/11/2022). Untuk informasi, Demo Day sendiri merupakan tahapan akhir dari Skystar Ventures Incubation Program. Tahun ini, Demo Day diselenggarakan bersamaan dengan penutupan rangkaian Level Up Program […]

todayNovember 12, 2022 3


0%