MANFAAT MEMPELAJARI BAHASA ISYARAT YANG DIUSUNG DI FILM A QUIET PLACE

Written by on April 9, 2018

 

“If they hear you, they hunt you.”

Ultimafriends, apa yang bakal kamu lakukan kalo kamu hidup di zaman post-apocalyptic dan diburu oleh makhluk pemakan daging yang bisa menerkam kamu setiap kamu membuat suara? Film ‘A Quiet Place’ menggambarkan kejadian tersebut dengan baik meski tanpa dialog antar tokoh. Walau tidak ada dialog sama sekali, nyatanya film yang disutradai dan ditulis oleh John Krasinki, yang juga merupakan pemain utama di film ini diam-diam mengundang teriakan ketakutan penonton.

John Krasinki dengan istrinya, Emily Blunt memerankan sosok suami dan istri yang harus bertahan hidup di masa post-apocalyptic. Mereka harus melindungi diri dan anak-anak mereka di tengah kejaran makhluk pemakan daging yang sangat peka terhadap suara sekecil apapun.

Demi mempertahankan diri, Lee Abbott yang diperankan oleh Krasinki dan keluarganya berjalan tanpa alas kaki dan menggunakan sign language atau bahasa isyarat untuk berkomunikasi sehari-hari.

Nah, Ultimafriends, buat kamu yang tertarik untuk menguasai sign language, from what we know, mempelajari sign language ternyata banyak manfaatnya loh, tentu selain untuk bertahan hidup di A Quiet Place ya. Here’s the list;

  1. Membuat otak lebih aktif dan berkembang

Saat belajar spoken language, manusia menggunakan otak kiri, yang merupakan otak verbal dan memroses informasi secara analitis dan beraturan. Namun saat mempelajari sign language, manusia memaksimalkan kerja baik otak kanan, maupun otak kiri. Nyatanya, kedua sisi otak harus dikembangkan, dan mempelajari sign language akan membantu memaksimalkan kedua kerja otak kita.

2. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Tidak hanya berkomunikasi secara lisan, menguasai bahasa isyarat membuat kita lebih peka terhadap gerakan tubuh dan ekspresi wajah dari orang lain. Ditambah lagi, kita juga dapat berkomunikasi dengan teman-teman kita yang tuna rungu.

3. Menambah relasi

Dengan menguasai bahasa isyarat, kini tidak ada batasan kamu untuk berteman dengan siapa saja, termasuk teman-teman yang tuna rungu di luar sana. Remember what the wise men said, ‘one enemy is too many but a thousand friends is not enough’?

4. Meningkatkan nilai jual kamu di dunia kerja

Persaingan dunia kerja semakin hari semakin kompetitif Ultimafriends, ditambah lagi setelah terjadinya integrasi ekonomi ASEAN atau yang mungkin kamu kenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan menguasai sign language, kamu menambah 1 skill di CV kamu, yang belum banyak orang kuasai. Lumayan banget, kan?

Nah, melihat banyaknya manfaat yang bakal kamu dapet kalo kamu menguasai sign language, kamu bisa juga mulai belajar sign language dengan menonton film A Quiet Place. Satu hal lain yang menarik dari film ini, A Quiet Place menyuguhkan experience yang berbeda dibanding film lainnya. Film yang tidak memuat dialog sama sekali ini, saking sunyinya, kamu bisa mendengar dengan jelas suara kunyahan popcorn teman sebelah kamu. It’s a thrilling experience you never feel before. 

Editor: Vania Evan

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST