Fakta-fakta di Balik Meriahnya Maxima 2018

Written by on August 25, 2018

Ultimafriends, salah satu kegiatan tahunan berskala besar di UMN is finally here!

Maxima, akronim dari Malam Ekspresi Mahasiswa yang menjadi salah satu acara di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Multimedia Nusantara ini cukup menyedot perhatian mahasiswa-mahasiswa baru. Gimana nggak, Maxima menjadi one stop place yang memperkenalkan semua UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), komunitas, media kampus, LSO (Lembaga Semi Otonom), dan organisasi yang ada di UMN. Dengan konsep seperti ini, mahasiswa baru bisa mendapat gambaran lengkap mengenai serangkaian kegiatan yang akan dilakukan jika bergabung dengan lembaga-lembaga tersebut.

Meski diadakan tiap tahunnya, Maxima tahun ini menolak menyuguhkan acara yang monoton dengan tahun-tahun sebelumnya. Yuk simak fakta-fakta di balik Maxima 2018 yang mengusung tagline ‘Maximize Your True Passion’ !

  1. Merupakan tahun perdana STATE (Student Activities Unit Explore)

Jika di tahun-tahun sebelumnya mahasiswa baru harus lebih aktif menyiapkan dan melontarkan pertanyaan di booth organisasi yang ingin diikutinya, tahun ini Maxima mengadakan tiga hari free trial di tiap organisasi di UMN. Berlangsung dari tanggal 20, 21, dan 23 Agustus 2018, STATE terbagi di beberapa tempat di UMN seperti di Lecture Hall, di Executive Lounge, hingga di Lobby Gedung D.

Di jadwal yang telah ditentukan, tiap-tiap satuan unit kegiatan memberikan kesempatan untuk para mahasiswa baru menyelami lebih dalam gambaran kegiatan yang akan dijalankan bila telah tergabung menjadi bagian dari organisasi tersebut.

J-Cafe, UKM bagi para pecinta segala hal yang berbau Jepang, memakai STATE sebagai kesempatan untuk menjelaskan divisi-divisi yang ada di dalam J-Cafe seperti culture, ilustrasi, musik, cosplay, toys, weaponry hingga trading card game bernuansa Jepang. Tidak hanya itu, para mahasiswa baru yang datang juga diajarkan cara membuat material untuk kostum cosplay.

  1. Perbedaan konsep malam puncak

Selain STATE, di waktu yang bersamaan, juga digelar HOME (Hall of Maxima Exhibition) yang berkonsep seperti Wall of Fame. Rangkaian acara ini digelar di Function Hall UMN. Sama seperti tahun lalu, semua satuan kegiatan yang ada di UMN menunjukkan prestasi yang telah didapatkan dan juga simbol masing-masing. Namun, tidak hanya itu Ultimafriends, pada 20, 21, 23, dan 24 Agustus lalu, Function Hall juga diramaikan dengan para mahasiswa/i yang sibuk berfoto-foto di beberapa pilihan backdrop yang disediakan.

Serangkaian acara ini kemudian ditutup dengan malam puncak, yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Panggung acara tidak hanya milik segelintir UKM yang menampilkan performance atau milik guest star yang paling ditunggu-tunggu, tetapi juga akan diadakan talkshow. “Dengan adanya talkshow ini, diharapkan akan lebih menjadi interaktif dan menarik,” jelas Deborah Megan, public relations Maxima 2018.

  1. Filosofi logo dan tema warna

Logo Maxima yang menampilkan bentuk “X” selalu menjadi ciri khas sendiri, tetapi tahun ini bentuk “X” yang digunakan menyerupai kata ‘api’ dari aksara Mandarin, 火 (huŏ). Api dipilih karena memiliki arti yang membara dan menggambarkan semangat dalam mencari dan mengeksplorasi potensi diri. Pada logo juga terdapat tiga warna, yakni kuning, merah, dan oranye.

Empat warna dipilih menjadi signature colors di Maxima 2018. Kalau Ultimafriends perhatiin, seluruh postingan sosial media Maxima 2018 memakai empat warna itu, kuning, merah, oranye, dan biru. Kuning yang berarti rasa antusiasme dan semangat positif. Merah melambangkan totalitas untuk memberikan yang terbaik. Oranye mencerminkan sinergi antarmahasiswa untuk membentuk kontribusi nyata kepada masyarakat melalui minat mereka. Last but not least, biru yang menginterpretasikan instansi UMN yang menaungi setiap mahasiswa dalam menyalurkan minat itu Ultimafriends!

Kini kamu sudah lebih kenal dengan Maxima 2018! Pastikan kamu hadir di malam puncaknya malam ini ya, Ultimafriends!

Foto: Maxima 2018
Editor: Melissa Octavianti

Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST