EKSPETASI MAHASISWA TINGKAT AWAL YANG DIPATAHKAN REALITA

Written by on October 16, 2019

Ultimafriends, khususnya yang mahasiswa tingkat awal, mungkin sejak SMA kamu udah membayangkan untuk ingin segera duduk dibangku perkuliahan. Berbagai ekspetasi seperti nggak perlu berangkat pagi pulang sore, tugas yang nggak menumpuk, nggak ada ulangan harian, bisa make up dan pakai outfit sesuakmu menjadi alasan untuk segera duduk dibangku perkuliahan. Hmm… apakah benar ekspetasi Ultimafriends ini sesuai dengan realita seorang mahasiswa? Atau setelah 3 bulan menjalani perkuliahan malah realita sangat jauh dari ekspetasi? Yuk dibaca~

“Kuliah enak, bisa bangun siang~”

Ekspetasi bangun siang di perkuliahan malah bisa menjadi kesiangan bangun nih, Ultimafriends

Siapa yang mengira kalau jadi mahasiswa bisa selamanya bebas dari rutinitas bangun pagi?

Nyatanya, di UMN ini kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 08:00 WIB setiap harinya, yang artinya cuma beda 30-60 menit dari bel masuk anak sekolah. Apalagi buat Ultimafriends yang tergolong mahasiswa baru, jadwal kamu selama dua semester akan diatur oleh pihak kampus yang setidaknya paling sedikit akan ada dua kali mata kuliah yang mengharuskanmu berangkat ke kampus pagi-pagi.

Eits, jangan takut apalagi khawatir,Ultimafriends. Memasuki semester 3 nanti, kamu bebas mengatur jadwal kuliah sesuai dengan keinginan dan kesibukanmu. Walaupun nggak 100% bisa mengatur jadwal sesukamu karena bergantung pada jadwal mata kuliah yang ada, setidaknya ada kemungkinan kamu bisa mengatur supaya ekspetasi nomor satu ini bisa terwujud di perkuliahan~

“Kayaknya kuliah enak, soalnya cuma pelajari jurusan pilihan.”

Reaksi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ‘katanya’ modal ngomong, tapi harus ketemu matematika

Nah ini nih Ultimafriends, ekspetasi yang kadang malah mengakibatkan seseorang salah jurusan. Nggak sepenuhnya salah kalau kuliah yang akan dipelajari hanya mata kuliah yang sesuai dengan jurusan kita. Namun, kamu nggak boleh lupa, saat memasuki perkuliahan kita akan disebut sebagai mahasiswa yang artinya kemampuan Ultimafriends akan dianggap lebih tinggi daripada siswa, alias anak sekolahan. Kamu akan ditantang untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang akan dihadapi di dunia kerja nantinya. Jadi, Ultimafriends akan diajak untuk ‘membedah’ jurusan perkuliahanmu lewat berbagai jenis mata kuliah yang tentunya masih berkaitan.

Misalnya kamu yang berharap dengan menjadi mahasiswa ilmu komunikasi bisa menghindari matematika. Ups…selamat! Harapan Ultimafriends belum terkabul sepenuhnya karena di semester 5, kamu akan mempelajari mata kuliah statistika

Ilkom ngapain belajar statistika?

Mata kuliah ini akan berguna untuk pengolahan data nantinya, Ultimafriends, dan berkaitan dengan mata kuliah Metode Riset Media. Yuk bisa yuk semangat!

ps: nggak cuma mahasiswa jurusan IT yang belajar coding, mahasiswa jurnalistik juga bakal bikin web berita di semester 4! Wishing you the best of luck!

“Jadi mahasiswa banyak liburnya.”

Selagi ada waktu kosong, tidur adalah aktivitas yang temat untuk digunakan

Memang benar sih jadwal kuliah nggak sepadat jadwal sekolah. Kamu juga bisa mengatur jadwal untuk masuk selama 3 hari dalam seminggu. Kedengarannya kuliah santai banget ya? Namun, sebenarnya hari-hari libur itu bisa diisi dengan kuliah pengganti atau kegiatan yang berkaitan dengan organisasi yang kamu ikuti. Satu hal yang perlu kamu sadari, Ultimafriends, kalau selama menjadi siswa kamu bahagia saat ada tanggal merah, kebahagiaan itu sepertinya harus kamu kesampingkan sejak menjadi mahasiswa karena kamu harus mencari tanggal lain untuk menghentikan perkuliahan di tanggal tersebut. Nggak jarang, kuliah pengganti ini akan dilaksanakan pada Jumat/Sabtu, seandainya weekdays pun biasanya di atas jam makan siang, Ultimafriends.

“Kuliah santuy, nggak ada PR!”

Meskipun tugas menumpuk, godaan buat nggak ngerjain tugasnya jauh lebih banyak nih Ultimafriends~

Pepatah  “semakin tinggi pohon, semakin kencang angin bertiup” nampaknya cocok banget, Ultimafriends untuk mewakili poin yang satu ini. Jenjang pendidikan yang semakin tinggi tentunya menuntut kamu untuk memberi usaha lebih dalam setiap ujian dan tugas, apalagi kamu mempelajari bidang yang sesuai dengan peminatanmu. Mungkin kuantitas yang harus dikerjakan nggak sebanyak tugasmu saat berseragam putih abu-abu dulu, tapi jelas lebih berat dan bikin kamu sering menghela napas.

Selama tim reporter kuliah di UMN, nggak ada tuh jurusan yang kasih kamu kesempatan nonton Netflix 24/7, semua jurusan akan selalu sibuk dengan tugasnya masing-masing. Mulai dari bikin novel, film pendek, laporan penelitian, news bulletin, dan masih banyak lagi. Tugas-tugas tersebut juga belum tentu bisa diselesaikan dalam satu hari, Ultimafriends, apalagi kalau kamu aktif di kegiatan A B C D dan eksternal. Semoga berhasil dalam mengatur waktu ya!

ps: buat kamu, mahasiswi jurnalistik semester awal, lebih baik nikmati masa-masa gabutmu karena mulai semester 3 nanti, kamu akan menghabiskan waktu setengah hidupmu untuk mengejar narasumber~

“Pengen jadi mahasiswa yang aktif berorganisasi”

Pikiran kalau udah capek kuliah dan capek ikut organisasi

Sebagai mahasiswa tingkat awal, biasanya kamu ingin mengeksplor banyak hal melalui kegiatan di kampus dan menjadi mahasiswa yang aktif. Namun, membagi waktu perkuliahan dan berorganisasi nggak semudah itu Ultimafriends. Bukannya ingin menutup niatmu untuk bersosialisasi nih, ada tipe mahasiswa yang mengikuti satu UKM aja udah merasa berat karena saat terlibat dalam sebuah kegiatan, kamu harus mengerjakan tanggung jawabnya sekaligus kewajiban sebagai mahasiswa. Nah, coba dipertimbangkan lagi yuk pembagian waktu kuliah dan berorganisasi, belum lagi waktu bersosialisasi dengan teman-teman. Ingat, tugas utamamu di UMN untuk mencari ilmu di jurusan yang dipilih, bukan kuliah di UKM. Jangan kebalik lho~

Menjadi siswa dan mahasiswa tentunya punya keseruannya masing-masing, Ultimafriends. Ada yang bisa kamu dapatkan di sekolah, ada juga saat kuliah. Nah dari berbagai ekspetasi di atas, mana aja yang udah kamu alami? Atau jangan-jangan udah semuanya? Jangan pusing apalagi jadi nggak niat kuliah, Ultimafriends, semua realita di atas bisa menyenangkan kalau kamu menikmati setiap perjalanannya dan nggak terlalu sering sambat~

Sumber: Berbagai sumber
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST