Dream Big, Build Enormous: Maxima 2021 Ajak Mahasiswa Baru Meraih Mimpi

Written by on September 21, 2021

Tahun ini, Maxima hadir dengan membawa tema baru, yakni Dreamland. Kata dream yang digunakan memang identik dengan ‘mimpi’. Namun, mimpi yang ditawarkan Maxima tahun ini ternyata memiliki makna yang lebih luas. 

“Kalo ngomongin mimpi, itu kan gak cuman bunga mimpi pas kita tidur kan, tapi mimpi itu juga tentang cita-cita, tentang harapan yang kita punya dan pengen kita capai,” kata Amanda Nirel, Supervisi Maxima 2021 saat wawancara dengan tim reporter. 

Dokumentasi Wawancara tim reporter UMN Radio dengan panitia Maxima 2021 (Foto: Helen)

Amanda juga menambahkan bahwa dirinya berharap Maxima dapat menjadi wadah bagi mahasiswa baru untuk menemukan mimpi-mimpi mereka nantinya. 

Salah satu hal unik dari Maxima 2021 adalah beberapa istilah yang mungkin masih asing bagi Ultimafriends yang bukan lagi menjadi mahasiswa baru. Misalnya saja dreamers, yang merupakan sapaan untuk mahasiswa baru yang sedang mengejar mimpi mereka. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Maxima 2021 juga dibagi menjadi tiga rangkaian acara utama, yakni Hall of Maxima Exhibition (HoME), Student Activities Unit Explore (STATE), serta malam puncak. 

  1. HoME

HoME yang berlangsung pada 23-27 Agustus 2021 menjadi pembuka resmi rangkaian acara Maxima 2021. Seperti biasanya, HoME merupakan pameran untuk memperkenalkan berbagai kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa UMN, mulai dari organisasi, himpunan, UKM, hingga media kampus. Terdapat 68 kegiatan kampus yang berpatisipasi dan dibagi menjadi 8 chapter sesuai kategori masing-masing. 

Hocus Pocus, mana chapter yang kamu pilih, Ultimafriends? (Foto: Tangkapan Layar Reporter)

Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, HoME pun digelar secara virtual. Namun, Maxima memberikan kesempatan bagi para dreamers untuk tetap berpatisipasi dengan mengikuti kompetisi Instagram Story yang disebut juga dengan Zeppelin. Zeppelin sendiri merupakan nama sebuah balon udara berbentuk cerutu yang dapat terbang tinggi dan terarah. Hal itu sesuai dengan harapan Maxima yang berharap para dreamer dapat menggapai mimpi mereka lewat HoME. 

  1. STATE

STATE Maxima tahun ini mengambil tema Miraculous Ride: A Glimpse of Reality. Maksudnya, para dreamers dipersilahkan untuk memilih wahana yang ingin mereka naiki. Memang, STATE memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru (dreamers) untuk memilih dan mencoba kegiatan komunitas, UKM, maupun media kampus UMN selama satu hari! Selain itu, Maxima 2021 juga kembali mengadakan kompetisi Instagram Story yang dapat dikuti oleh para peserta. 

Salah satu STATE yang difasilitasi oleh Maxima adalah STATE UMN RADIO (Foto: Helen)

Ada beberapa istilah yang diperkenalkan pada STATE, yakni dakota dan morpheus yang merupakan istilah kuno. Dakota yang memiliki arti jiwa pembimbing dan berani, melambangkan panitia Maxima 2021 yang diharapkan dapat menjadi teman bagi dreamers untuk mewujudkan mimpi mereka. Sementara itu, morpheus memiliki arti sosok pembawa mimpi. Istilah morpheus sendiri melambangkan panitia dari masing-masing kegiatan yang menjadi fasilitator bagi para dreamers

  1. Malam Puncak

Malam puncak Maxima 2021 memiliki nama “Simsalabim: The WOrld Full of Euforia”. Harapannya, setelah mencoba wahana di HoME dan STATE, malam puncak dapat dijadikan dunia penuh kesenangan bagi dreamers

“Kesenangan yang mereka rasakan di home dan state itu gak hilang gitu loh, tapi tetap ada sampai nanti di malam puncak, bahkan sampai malam puncak selesai,” tambah Amanda. 

Salah satu penampilan non-UKM saat malam puncak adalah penampilan dari Fransiscus Ivan (Foto: Helen)

Pada acara malam puncak tahun ini turut diisi dengan berbagai penampilan perwakilan UKM (J-Cafe, USO, Trace, Mufomic, Qorie, Teater Katak, hingga Ultima Sonora) maupun non-UKM (Fransiscus Ivan, jessica Sheridan, Fadly Zulfikar, hingga Pion Stage). 

Setelah itu, ada pula penampilan Juicy Luicy yang membawakan beberapa lagu mereka, mulai dari “Kembali Kesepian”, “H-5”, “Siapa Tahu”, “Pura-Pura Bahagia”, “Tanpa Tergesa”, “Lantas”, hingga “Terlalu Tinggi”. 

“Buat yang kesepian, pokoknya salam sama sahabat-sahabat kalian yang menerima kalian apa adanya,” tutur Julian Kaisar, vokalis utama Juicy Luicy di tengah-tengah penampilannya.

Ultimafriends, rangkaian acara Maxima 2021 memang sudah resmi selesai. Namun, jangan lupa untuk tetap bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi kamu, ya! 

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST