Digelar Daring Kedua Kalinya, Maxima Hadirkan Berbagai Inovasi!

Written by on September 20, 2021

Dengan diselenggarakannya malam puncak dengan tajuk “Simsalabim: The World Full of Euphoria” pada Sabtu (18/09/2021) lalu, acara Maxima 2021 resmi selesai. 

Seperti tahun lalu, acara Maxima tahun ini juga diselenggarakan secara daring. Berbagai perjalanan Maxima, mulai dari HOME, STATE, hingga Malam Puncak dapat dinikmati lewat layar laptop Ultimafriends di rumah masing-masing. 

Tim reporter juga menikmati penampilan UKM Mufomic pada malam puncak Maxima 2021 lewat layar laptop. (Foto: Helen)

Walaupun begitu, Maxima kembali membedah diri dan berevolusi. Hal-hal yang dirasa kurang memuaskan dari Maxima 2020, kini dievaluasi, dirancang kembali, dan dikemas menjadi inovasi pada berbagai rangkaian acara Maxima 2021. 

  • Melakukan Live Streaming

Salah satu inovasi terbesar yang dirasakan Amanda Nirel (Supervisi Maxima 2021) dan Felicia Angelina (Ketua Maxima 2021) adalah perubahan pada malam puncak. 

Tahun lalu, semua rangkaian acara termasuk guest star merekam penampilannya terlebih dahulu, kemudian baru disiarkan pada acara malam puncak. Namun, pada tahun ini, terlihat host dan guest star (Juicy Luicy) melakukan live streaming yang secara langsung disiarkan sewaktu malam puncak. 

Penampilan Juicy Luicy pada malam puncak Maxima 2021 yang disiarkan secara langsung. (Foto: Helen)

Rupanya, beberapa panitia Maxima memang berkumpul secara langsung di NutriHub, Serpong yang turut menjadi sponsor Maxima tahun ini. Pastinya, setiap panitia, pembawa acara, serta guest star yang datang telah di-swab, melakukan protokol kesehatan, dan telah divaksin. “Kita juga bakal ganti masker KN-95 sesuai protokol kesehatan dari UMN, ganti setiap empat jam sekali,” tambah Amanda. 

 

  • Publikasi yang Lebih Meriah

Jika biasanya konsep feeds yang digunakan oleh Instagram Maxima memiliki pola dan frame yang mirip-mirip antar-feeds, tahun ini akun Instagram Maxima memilih untuk menggunakan konsep dengan banyak ilustrasi dan gambar yang berkelanjutan antar-feeds.

@maximaumn

Terima kasih sudah turut meramaikan Malam Puncak MAXIMA 2021!🔥🤩 @Juicy Luicy #MAXIMA #DreamBigBuildEnormous #fyp #fypシ #juicyluicy #juicyluicylantas

♬ Follow AndrewsVisual – Andrew Thomson 🔥
Membuat akun TikTok adalah salah satu inovasi Maxima 2021

Selain itu, ada pula unggahan di IGTV Maxima yang berisi wawancara dengan 8 dreamers yang menceritakan cara mereka untuk meraih mimpi mereka masing-masing. Inovasi lainnya dari Maxima 2021 adalah membuat akun TikTok untuk Maxima! 

 

  • Token sebagai Alat Absen

Tahun lalu, peserta harus mengisi google form sebagai bentuk kehadiran pada acara Student Activites Unit Explore (STATE). Namun, pada tahun ini Maxima 2021 melakukan inovasi dengan menggunakan nomor token sebagai alat absen akhir bagi dreamers saat Maxima. 

STATE adalah salah satu rangkaian acara Maxima yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa baru untuk lebih mengenal berbagai kegiatan kampus (UMNRADIO/HELEN)

“Token ini tuh sebagai bentuk absen akhir maba yang dikasih sama tim acara Maxima buat dimasukin sama maba ke websitenya,” tutur Amanda.

 

  • Maskot Maxi dan Xima

“Kalo mascot sebenarnya tahun lalu udah sempat ada, tapi gak di-branding aja,” kata Felicia saat wawancara. 

Maskot Maxi dan Xima (Foto: Instagram @maximaumn)

Rupanya, sejak tahun lalu pun, Maxima sudah memiliki maskot tersendiri. Namun, memang belum diberi konsep secara serius. Sementara itu, pada Maxima 2021, maskot Maxima tersebut diberi branding nama Maxi dan Xima bahkan memiliki filosofi arti nama masing-masing! 

 

Kalau menurut Ultimafriends, apa inovasi Maxima 2021 yang paling keren?

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST