dari Mahasiswa untuk Mahasiswa: Ketika Tugas Kamu Menumpuk

Written by on October 27, 2021

Ultimafriends, setelah UTS, bukan berarti tugasmu berhenti di situ. Masih ada projek atau tugas pengantar menuju ujian akhir yang harus dilaporkan progresnya ke dosen. Kalau sudah begini, 24 jam dalam satu hari rasanya kurang, ya!

Wajah kamu saat melihat timeline tugas di e-learning kian bertambah. (Sumber: Giphy)

Tenang, bukan hanya kamu yang merasakan hal tersebut, kok. Nah, biar kamu enggak keteteran, tim reporter sudah merangkum tips dan trik untuk kamu!

1. Tentukan prioritas dan durasi kerja

Saking banyaknya, kadang-kadang kamu sampai bingung mau mengerjakan yang mana dulu. Misalnya, tugas mata kuliah A dan B yang deadline-nya berada di hari yang sama, prioritaskan yang tugasnya harus dikumpulkan terlebih dulu. Kalau sama, alias deadline standar 23.59 WIB, kamu bisa memprioritaskan tugas yang menurutmu mudah.

Jangan lupa juga, setelah menentukan jadwal kamu mengerjakan tugas di dalam 24 jam tersebut, buat durasi maksimal kamu menekuni tugas tertentu.  Jangan sampai Ultimafriends terfokus ke satu tugas seharian dan mengabaikan tugas yang lain, ya.

2. Buat wallpaper atau alarm di ponsel

Enggak bisa dibantah lagi, ponsel menjadi hal yang dicari pertama kali ketika membuka mata. Berangkat dari hal tersebut, memasang wallpaper berisi to-do-list bisa jadi reminder untuk kamu mengerjakan tugas. Selain itu, kamu juga bisa memasang alarm sebagai pengingat diri supaya segera menuntaskan tumpukan kewajiban kamu sebagai mahasiswa.

3. Jauhkan godaan

Semakin tinggi niat kamu mengerjakan sesuatu, semakin banyak pula godaan yang muncul. Entah itu notifikasi ponsel dari teman yang mengajak main Among Us atau channel Youtube kesayangan kamu mengeluarkan konten baru. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (baca: lupa waktu karena ter-distract hal lain), jauhkan ponsel dari tempat kamu mengerjakan tugas. Hindari juga membuka tab ­yang menggoda iman “ambis” kamu seperti LINE, Youtube, dan Instagram di laptop.

4. Bangun lebih pagi

Waktu 24 jam dalam sehari bisa jadi kurang karena kamu bangun siang. Bangun tidur lebih pagi bisa membuat kamu bisa mengerjakan banyak hal di hari itu. Selain itu, kamu juga bisa membentuk habit yang baik lho.

5. Sediakan Reward

Kegiatan mengerjakan tugas yang menyita waktu terkadang membuat kamu melewatkan episode terbaru drama kesayangan atau jam main gim bersama teman. Ada pepatah mengatakan bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Berikan reward pada dirimu sendiri dengan memberikan waktu untuk berisitirahat dan bermain. Justru reward ini bisa menjadi acuan untuk sesegera mungkin kamu menyelesaikan tugas, lho Ultimafriends!

6. JANGAN MENUNDA

Untuk bisa melaksanakan kelima hal di atas, yang pasti Ultimafriends haru mengatakan tidak pada kata “tunda”. Tumpukan tugas itu bisa lahir dari sifat manusia yang menunda. Selama kamu punya waktu, langsung kerjakan tugas sebisa mungkin demi menghindari rasa malas yang berteman erat dengan menunda pekerjaan.

Itu dia beberapa tips dan trik dari tim reporter sebagai guide kamu dalam mengerjakan tugas yang menumpuk. Semangat, Ultimafriends!

Sumber foto: Freepik.com


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST