CHILLY QUARANTINE: COMFORT MOVIES FOR YOU

Written by on March 31, 2020

Masa karantina sudah memasuki minggu ketiga. Ultimafriends, gimana kabarnya? Tim reporter perhatiin, banyak dari kamu yang menyebarkan kerinduan untuk nongkrong bareng temen, jalan-jalan sama keluarga, atau bahkan untuk sekadar hadir di kelas dan melaksanakan kuliah tatap muka. Tim reporter ngerti banget, setelah sekian hari berdiam di rumah, kamu mulai merasa jenuh. Padahal, beberapa dari kamu mungkin sempat bersorak dalam hati ketika melihat pengumuman pelaksanaan perkuliahan online, yang membuat kamu bisa bangun 3 menit sebelum kelas dimulai tanpa khawatir terlambat. Akan tetapi saat ini, bisa jadi otakmu perlahan-lahan memanas saking bingungnya mau melakukan apa. 

Belum lagi kalau kamu mengingat fakta jumlah kasus positif virus corona di Indonesia yang semakin meningkat. Hingga 30 Maret 2020, Indonesia telah mencatatkan 1.414 kasus positif virus corona. Sebanyak 75 orang di antaranya dinyatakan sembuh, sementara 122 orang meninggal dunia. Kondisi ini tak heran membuat banyak masyarakat, mungkin juga kamu, merasa sesak.

Tapi Ultimafriends nggak perlu terus-menerus tenggelam dalam ketakutan dan perasaan sesak. Memang sangat penting buat kamu waspada dan tetap melakukan social distancing dengan tinggal di rumah. Namun, bukan berarti kamu harus mengisi pikiranmu hanya dengan rasa pusing akibat banyaknya tugas kuliah online atau pertanyaan sampai kapan wabah virus corona ini menghantui bumi. Hal itu bisa-bisa membuat, bukan hanya otak kamu, tetapi juga hati kamu yang panas.

Nah Ultimafriends, untuk membantu mendinginkan otak dan hati kamu serta membunuh rasa suntuk kamu selama masa karantina/social distancing di rumah, tim reporter mau memberi rekomendasi film-film yang bisa kamu tonton. Kali-kali aja film-film ini bisa menjadi your comfort film, karena bukan hanya doi yang bisa membuat kamu nyaman.

Tim reporter akan share tipe-tipe film beserta judul filmnya yang bisa kamu tonton sesuai dengan mood kamu. Entah kamu sedang dalam kondisi senang, sedih karena rindu masa lalu, atau ingin mencari inspirasi, akan selalu ada alasan buat kamu duduk manis dan menonton film-film rekomendasi ini, sambil ditemani camilan favorit kamu (yang semoga masih bisa kamu dapatkan tanpa perlu keluar rumah). 

Be Inspired

Beyonce Knowles yang tampil di panggung selama 2018 Coachella Valley Music and Arts Festival Weekend 1 di Empire Polo Field, Indio, California, pada 14 April 2018 (Foto: Kevin Winter/Getty Images for Coachella)

Ultimafriends, kalo kamu lagi mencari inspirasi atau motivasi (minimal untuk menjalani kuliah di depan laptop), film-film dokumenter mungkin bisa jadi tontonan menarik. Eits, tapi bukan film dokumenter hitam putih, melainkan film-film dokumenter yang menceritakan profil hidup atau proses persiapan sebuah event dari artis atau tokoh favorit kamu. Katy Perry: Part of Me alias film yang mendokumentasikan perjalanan hidup dan karier Katy Perry atau Beyoncé: HOMECOMING yang mendokumentasikan proses persiapan penyanyi kelahiran Texas ini setelah melahirkan anak kembarnya pada festival musik Coachella 2018 lalu, bisa menjadi alternatif film buat kamu tonton.

Film-film seperti ini bisa kamu jadiin sumber inspirasi loh, Ultimafriends, karena disajikan dengan menarik dan mengandung banyak nilai yang bisa kamu ambil untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Singkatnya, film-film ini nggak hanya akan menghibur but also helps you to navigate your life.

Childlike Feeling

The Lion King bisa menjadi salah satu pilihan film yang membawa kamu bernostalgia ke masa kecil (Foto: Wallpaper Cave)

Ultimafriends, who doesn’t love nostalgia? Hampir semua orang suka mengenang masa lalu yang indah. Oleh sebab itu, film-film animasi yang menghiasi masa kecilmu bisa menjadi pilihan tontonan kamu di rumah. Mulai dari Sleeping Beauty sampai Beauty and the Beast, serta Rapunze sampai The Lion King, adalah film-film yang bisa banget mengajak kamu bernostalgia dengan tokoh-tokoh favoritmu semasa kecil. Kamu bisa meluapkan kesenangan kamu berimajinasi seperti ketika kamu kecil dulu melalui film-film ini. Grab a blanket, pop a popcorn and dive into the memory lane!

Get Dancing

Film La La Land adalah film bergenre musikal yang bisa membuat kamu ikut menyanyi dan menari selama karantina di rumah (Foto: GIPHY)

Berdiam diri di rumah bukan berarti bener-bener diam, Ultimafriends. Ruang enam sisi pribadi kamu, alias kamarmu, bisa juga jadi panggung imajinasi kamu untuk nyanyi dan nari sepuasnya. Bukan cuma TikTok yang bisa mengajak kamu bergoyang, film-film bergenre musikal juga bisa jadi pilihan buat kamu yang lagi suntuk ngerjain tugas, ujian, atau bahkan skripsi. High School Musical, La La Land atau Camp Rock adalah contoh film yang mungkin sudah familiar di telinga kamu. Sementara itu, film Mamma Mia bisa membuat kamu menari dan menyanyi sambil merasa liburan sebab film ini mengambil latar belakang lokasi di Kroasia. Buat kamu yang mau olahraga gratis, bisa banget nonton film-film musikal seperti ini sambil membayangkan jadi salah satu pemerannya.

Sementara itu, buat kamu yang prefer nonton film lokal ketimbang film luar, Tim Reporter juga menyiapkan rekomendasi karya anak bangsa yang tetap bisa bikin kamu nari, nyanyi, bahkan nostalgia ke masa SMA, yakni Bebas. Film yang rilis di tahun 2019 ini akan membawa kamu ke kisah persahabatan lima anak SMA yang diwarnai dengan gelak tawa dan keseruan khas masa sekolah.

Have A Laugh and A Love

Meskipun lagi karantina, Ultimafriends, you still can gain laugh and happiness through movies and series (Foto: GIPHY)

Buat kamu yang mungkin lagi kangen sama doi, mungkin film-film romantic comedy bisa jadi pelipur lara untuk sementara waktu. Series produksi Netflix yang berjudul To All the Boys I’ve Loved Before bisa jadi pilihan kamu. Selain itu, One Day salah satu film yang diperankan oleh aktris Anne Hathaway dan bikin hati kamu serasa dipeluk, juga bisa kamu tonton selama masa karantina ini. Sementara itu untuk film-film dalam negeri, kamu bisa menilik karya Ernest Prakasa berjudul Cek Toko Sebelah atau film My Stupid Boss yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. Film-film tersebut tidak kalah menghibur serta bisa jadi sumber asupan tawa kamu selama di rumah.

Puffy Eyes No Problem

It’s okay to have puffy eyes once in your quarantine (Foto: GIPHY)

Film bergenre drama yang mengharukan cocok masuk dalam daftar film tontonanmu, terutama jika kamu sedang merasa sedih. Wonder adalah salah satu film yang menjadi rekomendasi dari tim reporter. Film ini menceritakan seorang anak yang mengidap penyakit sehingga membuat wajahnya berbeda dari anak-anak pada umumnya. Meski demikain, anak tersebut berhasil menjadi sosok penyelamat yang dikagumi oleh banyak orang karena kebaikan hatinya. Ada pula Green Book yang salah satu karakternya diperankan oleh Mahershala Ali. Film ini berkisah tentang persahabatan antara dua laki-laki yang berbeda ras dan warna kulit. It talks about friendship, racism and respect, yang setidaknya berhasil bikin tim reporter berderai air mata ketika menyaksikan adegan demi adegan.

Lalu, buat kamu yang mungkin lagi merasa nggak pede dengan penampilan atau pengen cari cara untuk bisa lebih secure with yourselves and who you are, film IMPERFECT karya Ernest Prakasa sebagai hasil adaptasi dari buku karya Meira Anastasia (istri Ernest), bisa menjadi pilihan kamu untuk menghabiskan 90 menit dari 24 jam milikmu. Mungkin buat beberapa orang, film ini nggak sampai bikin kamu banjir air mata. Tapi, buat sebagian orang yang merasa relate banget dengan kisah dalam film, IMPERFECT nggak hanya bisa bikin nangis tetapi juga bisa menjadi sweet escape untuk mengenali diri lebih baik.

Ultimafriends, itu dia rekomendasi film-film yang bisa kamu tonton selama menghabiskan waktu dan (semoga) sesuai dengan berbagai macam mood yang kamu rasakan sehari-hari di rumah. There’s always a room for a ‘quarantine and chill’, so make sure to pick the movie right and happy binge-watching!”

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST