LAPOR OMB

Childhood Dreams VS Present Dreams

todayAugust 18, 2022 45 3 5

Background
share close

“Aku mau jadi dokter karena mau membantu orang sakit.”

“Kalau aku mau jadi pilot, keren bisa terbang.”

“Aku sih mau jadi guru.”

Beberapa cita-cita tersebut seringkali kita dengar keluar dari mulut seorang anak kecil. Di masa itu, kebanyakan dari kita juga belum mengetahui berbagai jenis profesi yang ada di dunia kerja.

Namun, kadang hidup tidak selalu berjalan sesuai dengan yang kita mau bukan, Ultimafriends? Seiring berjalannya waktu, kita dihadapkan begitu banyak pilihan yang menentukan masa depan kita.

Pilihan yang mudah dan juga pilihan yang sulit.

Grafik survei LinkedIn terhadap pekerja. Foto: Darlene Verica Angel.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh LinkedIn terhadap para pekerja muda di tahun 2017 lalu, 60 persen pekerja tidak bekerja sesuai dengan impian masa kecil mereka dahulu. Bahkan, hanya 13 persen yang bekerja sesuai dengan keinginan mereka di masa kecil. Alasan yang diutarakan oleh para responden pun cukup disayangkan karena sebagian besar menyebut akses terhadap pendidikan sebagai hambatan utama.

Namun, sebenarnya apa itu mimpi dan seberapa penting perannya dalam hidup seseorang?

Mimpi, Tujuan, dan Lika-Likunya

Perjuangan menggapai mimpi yang tidak mudah dan berlika-liku. Foto: Pexels.com

Mimpi itu menurut gue penting sih, dia sama kayak cita-cita dan tujuan hidup. Itu membuat lo jadi termotivasi dan mau melakukan yang terbaik demi mencapai mimpi itu,” ucap salah satu Ultimafriends, Vanessa Carlise, mahasiswi Strategic Communication 2021 (Selasa, 16/08).

Vanessa bercerita bahwa dirinya memiliki mimpi untuk menjadi seorang pramugari atau business woman. Namun, seiring bertumbuh dewasa ia memiliki beberapa pertimbangan yang membuatnya ingin menjadi seorang influencer. Menurut dirinya, menjadi seorang influencer di masa digital seperti sekarang ini akan sangat berguna untuk membangun sebuah bisnis.

Perubahan mimpi juga dialami oleh Kansha Syaakira, mahasiswi Desain Komunikasi Visual tahun 2022. Baru menginjak masa perkuliahan tahun ini sebagai mahasiswa baru, ia tadinya memiliki mimpi menjadi dokter sebelum menemukan passion-nya di bidang seni.

“Untuk menjadi dokter, aku harus masuk ke jurusan IPA. Sedangkan, aku memilih jurusan IPS. Lama kelamaan aku sadar bahwa sebenarnya bakat aku bukan disana, aku lebih interested ke bidang seni dan public speaking. Akhirnya, aku banyak join webinar design dan juga research tentang jurusan kuliah DKV,” jelas Kansha, (Rabu, 17/08).

Wah, ternyata banyak dari Ultimafriends yang mengalami perubahan mimpi seiring mereka beranjak dewasa, ya!

Perubahan: Sesuatu yang Buruk Atau Membawa Kejutan yang Indah?

Keyzia Laurensia, seorang mahasiswi Perhotelan tahun 2022 membagikan pengalamannya ketika ia masih SMA dahulu. 

“Dulu, aku mau masuk sekolah negeri di Bandung yang mempelajari tentang pastry, sesuatu yang memang aku ingin dalami. Awalnya aku pede akan diterima tapi ternyata tidak. Aku sangat sedih di waktu itu,” cerita Keyzia, Rabu (17/08).

Kejadian itu membuatnya belajar bahwa penolakan dan kegagalan memang akan selalu menghasilkan rasa sakit. Namun, mungkin saja akan ada pintu kesempatan baru yang terbuka baginya. Sama seperti jalan hidup Keyzia yang membawanya kepada jurusan Perhotelan pilihannya sekarang.

Kelulusan pendidikan sebagai awal perjalanan di bab kehidupan yang baru. Foto: Pexels.com

Ultimafriends, dalam perjalanan hidup, ada kalanya kita berhasil, ada kalanya kita pun gagal. Di saat-saat itu mungkin hidup terasa lebih berat dan harapan terlihat pupus. Namun, percaya atau tidak, setiap pilihan yang kita pilih akan menjadi sebuah pengalaman yang berharga.

Seperti yang dikatakan Vanessa, Selasa (16/08):

A bad experience is also an experience.

Kegagalan dan perubahan arah hidup bukan berarti kita juga berhenti berproses dan bertumbuh. Semua itu tergantung cara kita bertindak. Apakah kita mau terus merasa hancur dan mengeluh? Atau mau kita jadikan motivasi untuk bergerak maju dan mengusahakan yang terbaik di tangan kita?

Pesan untuk Ultimafriends yang Masih Mencari Mimpinya

“Kamu bisa coba rasakan dan cari panggilan jiwa atau passion kamu. Kalau sudah tahu, fokuskan diri kamu di bidang itu, ambil komitmen dan jalankan sebaik mungkin”, pesan Kansha, Rabu (17/08).

Kalau Ultimafriends masih bingung dan khawatir dalam hal mimpi, cobalah banyak hal. Tidak ada hal yang instan di dunia ini. Bahkan, berlian yang indah pun harus ditempa dengan suhu yang sangat tinggi dan melewati banyak proses untuk menjadi sebuah permata yang bernilai tinggi. Suatu saat nanti, Reporter yakin Ultimafriends pasti bisa menemukan jalan yang terbaik untuk meraih mimpi. 

Apapun jalan yang dipilih, mana saja itu baik. Mungkin nanti pada suatu masa kamu akan menyadari bahwa itulah yang terbaik.

Semangat terus, Ultimafriends!

Written by: Darlene Verica

Rate it

Previous post

LAPOR OMB

What Maba Needs to Know: Semakin On Schedule dan Up-To-Date Melalui Union

Enggak kerasa kamu sekarang sudah menduduki bangku perkuliahan ya, Ultimafriends… Memulai hal yang baru pasti akan membuat banyak rasa jadi campur aduk. Dari rasa senang, bangga, excited, penasaran, hingga rasa gugup, takut, gelisah yang mencengkeram. Setuju nggak, Ultimafriends? Perasaan itu pasti bisa datang dari faktor apa saja, dan kemungkinan besar saat memasuki lingkungan baru menjadi salah satu faktornya, yang membuat kita harus beradaptasi. Perasaan ngeri-ngeri sedap pasti akan terus menemani […]

todayAugust 15, 2022 6


0%