CARA MEMPERLUAS RELASI KAMU DI KAMPUS VERSI UMN RADIO

Written by on August 10, 2021

Ultimafriends, pernah dengar enggak soal tips menjalani dunia perkuliahan, di mana kamu dianjurkan untuk ikut berbagai kegiatan supaya relasi dan kenalan kamu bertambah? 

Yup! those tips are totally true

Relasi atau kenalan berguna banget untuk kamu yang sedang ada dalam jenjang perkuliahan. Mulai dari relasi teman seangkatan, kakak tingkat, adik tingkat, dosen, dan bahkan mahasiswa jurusan lain. Relasi ini nantinya akan membawa keuntungan tersendiri bagi Ultimafriends, loh!

Sebut saja salah satu contohnya ketika kamu memanfaatkan relasimu dengan kakak tingkat untuk bertanya-tanya seputar dosen dan mata kuliah yang akan kamu ambil di semester selanjutnya. Lumayan banget, ‘kan bisa tanya-tanya dan nyiapin strategi buat semester selanjutya hihihi~

Pertanyaannya sekarang adalah, “Gimana sih cara memperluas relasi yang efektif supaya bermanfaat juga untuk kehidupan perkuliahan dan prospek kedepannya bagi kamu?” Apalagi sekarang ini kan kegiatan masih serba online, memangnya bisa? 

Oh tentu bisa dong, Ultimafriends!

Kali ini Reporter sudah merangkum beberapa cara untuk memperluas relasi kamu di dunia kampus versi UMN Radio. Mau tahu apa aja? Yuksimak lebih lanjutnya di bawah ini!

1. Ikut Organisasi, Kepanitiaan Sampai Media Kampus

Serunya bonding setelah rapat usai~ (Sumber foto: Brooke Cagle on Unsplash)

Kalau yang satu ini pastinya sudah enggak asing lagi ya di telinga Ultimafriends. Cara ini memang dikenal ampuh untuk memperluas relasi kamu, tetapi yang harus menjadi perhatian Ultimafriends adalah kondisi online seperti saat ini. Nyatanya, membangun relasi dalam kegiatan online lebih sulit dibandingkan ketika kegiatan tatap muka. 

Ada yang merasakannya juga?

Sebenarnya kuncinya adalah keaktifan. Akan jauh lebih baik jika Ultimafriends memperhatikan kualitas hubungan dengan orang-orang yang ada di dalam organisasi atau kepanitiaan, daripada hanya fokus pada jumlah organisasi maupun kepanitiaan yang kamu ikuti. 

Karena nantinya, ketika kamu mengikuti banyak kegiatan, jadwalmu cenderung padat dan sedikit sulit untuk menjadi aktif sekaligus membangun hubungan di semua organisasi atau kepanitiaan yang diikuti. 

Chill out aja ya, Ultimafriends! Enggak perlu organisasi atau kepanitiaan yang seabrek kok untuk memperluas relasi kamu, yang penting tetap aktif dan friendly, ya!

2. Magang

Linkedin, salah satu aplikasi untuk menambah ilmu dan mencari pekerjaan. (Sumber foto: Souvik Banerjee on Unsplash)

Magang identik dengan mahasiswa semester 7 ke atas. Padahal enggak juga, loh! Banyak juga lowongan magang untuk mahasiswa semester 3, bahkan ada yang hanya berpatokan pada umur, misalnya 17-25 tahun.

Nah, magang ini juga bisa kamu jadikan jembatan untuk memperluas relasi kamu, terutama relasi ke jenjang yang lebih profesional, yaitu dunia kerja. Ultimafriends juga bisa mencari info magang di Linkedin, Glints, Jobstreet, sampai dengan Instagram. Kamu juga bisa mendapatkan tawaran magang dari relasi dekat yang kamu hasilkan dari organisasi, kepanitiaan, dan media kampus.

Kemudian, ketika Ultimafriends tengah magang, manfaatkan waktu kamu dengan baik—salah satunya dengan mengenal orang-orang di tempat magang. Siapa tahu, di kemudian hari mereka bisa bermanfaat bagi jenjang karir kamu kedepannya.

3. Terlibat dalam Kelompok Belajar

Kerja kelompok bisa menjadi salah satu cara alami untuk bertemu dengan teman baru. (Sumber foto: Marvin Meyer on Unsplash)

Tiap dosen biasanya memberikan tugas berupa projek yang harus dikerjakan dalam kelompok. Nah, yang dimaksud oleh Reporter di sini adalah kelompok belajar itu, Ultimafriends. 

Kelompok belajar yang didasarkan dari tugas atau projek mata kuliah juga bisa menjadi jembatan kamu untuk memperluas relasi, terutama dalam konteks relasi yang cukup dekat. Siapa tahu, kamu jadi bisa menemukan teman KRS untuk semester selanjutnya, atau bahkan menjadi teman dekat untuk bertukar keluh kesah seputar dunia perkuliahan. 

So, itu dia tiga cara memperluas relasi kamu di kampus versi UMN RADIO.

A Friendly reminder juga nih ya, Ultimafriends, kalau kamu ingin meningkatkan peluang sukses dalam memperluas relasi kamu dengan 3 cara di atas–apalagi dengan kondisi online seperti ini, kamu bisa mulai dengan aktif di grup chat kelas atau angkatan. 

Sekedar sering bertukar sapa atau mengirim stiker lucu membuat beberapa orang di grup bisa notice kamu dan menganggap kamu pribadi yang ramah dan asik, jadi mereka juga enggak terlalu segan untuk mengenal kamu lebih dekat. 

So, ready to make a new relation? 

Feature Image: by Austin Distel on Unsplash
Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST