BERPETUALANG DENGAN VIRTUAL REALITY BERSAMA MENTORING 2021

Written by on September 14, 2021

Ultimafriends pasti tahu dong dengan Mentoring?

Yup, Mentoring merupakan acara tahunan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di bawah naungan lembaga Student Support. Tapi, Ultimafriends sudah tahu belum bagaimana Mentoring 2021 ini berjalan?

“Mentoring tahun ini punya tiga kata kunci, yaitu power, lights, dan way

Mentoring 2021 mengusung tema Your Power Lights The Way dengan tujuan untuk mengajak para mentee untuk menyalurkan kekuatan dan potensi yang dimiliki menuju cita-cita mereka. Tema ini dipilih karena menyesuaikan dengan kebutuhan mentee, di mana mentee pada Mentoring 2021 merupakan Gen Z yang senang bereksplorasi, namun tidak memiliki cukup ruang karena pandemi Covid-19 yang menutup dan membatasi ruang gerak untuk eksplorasi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana Mentoring membantu mentee untuk menemukan jati diri mereka di tengah tren yang sedang berkembang. Sedangkan, tahun ini, Mentoring lebih berfokus adaptasi mentee pada dunia perkuliahan dengan posisi yang kurang ideal karena pandemi Covid-19.  

“Untuk tahun ini, kita pakai konsep virtual reality

Selain tema yang menarik, konsep Mentoring 2021 juga terbilang unik lho, Ultimafriends. Konsep virtual reality menggambarkan pelaksanaan Mentoring 2021 secara daring. Namun, dari konsep tersebut, Mentoring 2021 ingin mengajak mentee agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai dan pelajaran yang didapat dari Mentoring ke dunia nyata. Melalui virtual reality, Mentoring 2021 menggambarkan rangkaian kegiatannya sebagai petualangan dari dimensi ke dimensi.

“Dalam setiap petualangan, Mentoring memiliki aktivitas-aktivitas yang dikonsep menjadi sebuah analogi dari masalah-masalah yang dihadapi oleh mentee di dunia nyata”

Analogi yang diterapkan Mentoring 2021 pada setiap aktivitasnya juga filosofis banget, Ultimafriends, karena merupakan representasi dari siklus kehidupan kita, di mana dalam hidup, kita selalu menemukan masalah dan menyelesaikannya.

Selain nilai 5C Kompas Gramedia yang selalu ada dan ditanamkan, Mentoring 2021 ingin mengajak mentee untuk memiliki nilai adaptif, ketangguhan, dan semangat pantang menyerah. Selain itu, Mentoring 2021 juga mengajak mentee menjadi “terang” untuk memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar. Makna “terang” di sini dimaksudkan agar mentee berani melihat tantangan yang ada dan pantang menyerah dalam menghadapi segala situasi.

“Kami melakukan riset untuk mengetahui apa yang dibutuhkan mentee dan cara penyampaian yang tepat”

Untuk membuat mentee menikmati setiap proses di Mentoring dengan menyenangkan, panitia melakukan riset terhadap kebutuhan mentee saat ini sehingga pendekatan yang dilakukan akan mudah untuk diterima oleh mentee. Selain itu, konsep yang menjadi ide Mentoring 2021 juga harus mewakili kebutuhan seluruh mentee sehingga mentee akan enjoy untuk mengikutinya karena setiap pelajaran yang didapat akan berguna untuk kehidupan di dunia nyata, khususnya perkuliahan.

“Mentoring 2021 memiliki empat rangkaian acara dan VIT-C”

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Mentoring 2021 memiliki empat pertemuan setiap minggunya. Namun, untuk tahun ini ada acara bernama Manifest sebagai rangkaian penutup Mentoring 2021. Manifest merupakan rebranding dari acara Gelora Muda yang ada di Mentoring dua tahun belakangan.

Tangkapan layar timeline Mentoring 2021 pada pertemuan 2. (Foto: Alvin Rivaldo Pangestu)

Manifest disebut juga sebagai VIT-C, Value Implementation Time of 5C. Manifest merupakan sarana untuk mentee mengimplementasikan nilai-nilai 5C yang didapat selama rangkaian Mentoring 2021 berlangsung. Pelaksanaannya nanti akan memiliki konsep edukasi, kompetisi, dan sosial yang didesain menarik dan seru pastinya!

Bagaimana Ultimafriends, tertarik untuk mengikuti keseruan Manifest?

Etss, sabar dulu ya karena masih ada dua pertemuan lagi yang harus diikuti oleh mentee.

So, semangat, ya untuk Ultimafriends yang sedang menjalani kegiatan Mentoring 2021 dan tetap jaga kesehatan ya.

“Aku percaya kalau kita sebagai generasi yang terdampak pandemi ini dipilih untuk menjadi generasi yang lebih tangguh dan mampu beradaptasi dalam setiap kondisi.”

– Wisely Filbert Sean (Ketua Mentoring 2021)

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST