Berkolaborasi dengan Cade, Dipha Barus Siap Luncurkan “Down”

Written by on August 13, 2020

Jarak dan tempat serta situasi pandemi Covid-19 tidak menghentikan langkah Dipha Barus untuk berkreasi kembali di dunia musik. Kali ini Dipha menggaet Cade, musisi asal Los Angeles, untuk meluncurkan singel baru yang bertajuk “Down. Dipha mengandaikan pembuatan lagu sama seperti membangun rumah. Dipha menyukai karakter suara Cade karena membuat dirinya mudah dan leluasa menambah ornamen-ornamen ke dalam rumah tersebut.

Ternyata, ada cerita unik di balik karya perdana Dipha pada 2020 ini, Ultimafriends. Dipha mendapatkan insipirasi untuk memproduksi “Downketika sedang melakukan long trip di California Highway (LA–San Francisco–Big Sur–Joshua Tree). Menurut Dipha, lagu ini punya cinematic memories tentang Pacific Coast Highway, padang gurun Joshua Tree, dan Californian sky. Berbekal perjalanan tersebut, Dipha dan Cade segera merekam musik dan pengalaman sinematik yang didapat. Sayangnya saat bertolak ke Jakarta, data-data tersebut hilang.

Akibat pandemi Covid-19, Dipha tidak bisa pergi ke LA untuk menggarap ulang karyanya. Ia pun terpaksa melakukan proses penggarapan dengan alat seadanya di Bali sambil berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp dan DM Instagram dengan Cade. Sementara itu, Cade melanjutkan penulisan lirik lagu di LA. Proses tersebut akhirnya membuahkan hasil. “Down” pun lahir dan bisa kamu nikmati melalui layanan streaming musik digital favoritmu mulai 14 Agustus 2020.

Dari segi makna, lirik “Down” mengisahkan tentang sudut pandang dalam memanfaatkan waktu di masa penuh batas ini. “Downberbicara tentang pentingnya komunikasi dalam suatu hubungan. Hubungan yang dimaksud Dipha tidak hanya hubungan dengan pasangan, tetapi juga dengan semua orang di sekeliling kita.

“Down merupakan lagu tentang living in the moment bersama orang yang paling kita sayangi tanpa terlalu mengkhawatirkan hal yang mungkin akan terjadi di masa depan. “Simple as lemonade,” ungkap Cade ketika ditanya pendapatnya mengenai singel “Down.A lot of people stress with pressure, and this song has types of positive energy,” lanjut Cade.

Dipha Barus dan Cade dalam konferensi pers virtual perilisan “Down yang diselenggarakan pada Rabu (12/08/2020).  (Foto: Elizabeth Chiquita)

“Down yang penuh dengan elemen house music ini juga ternyata mengandung sentuhan tradisional loh, Ultimafriends. Salah satunya dapat didengar melalui kehadiran Rindik Bali yang sebelumnya sempat digunakan Dipha dalam lagu No One Can Stop Us. Dalam konferensi pers virtual untuk perilisan singel barunya, Dipha mengaku sangat menyukai suara Rindik Bali sehingga ia kembali menggunakannya dalam lagu pembuka menuju mini album ini. Bagian tersebut kemudian dirancang agar sesuai dengan karakter vokal Cade. For your information, Ultimafriends, mini album yang di dalamnya terdapat aransemen bernuansa tradisional Indonesia dan bergaya house music akan dirilis Dipha pada akhir tahun ini.

Nah, untuk Ultimafriends yang ingin melihat Dipha Barus dan Cade tampil bersama, persiapkan diri kamu pada Minggu, 16 Agustus 2020 pukul 19.30 WIB, ya, karena mereka akan menggelar virtual performance melalui saluran YouTube Dipha Barus. Penampilan ini rencananya akan dilatari dengan video-video langit penuh awan yang sudah dikumpulkan dari Jepang, Eropa, Bali, dan berbagai tempat lainnya. Upaya tersebut dilakukan guna mengingatkan pendengar bahwa meski terdapat banyak perbedaan di antara kita, kita masih berada di bawah langit yang sama. Deep banget ya, Ultimafriends!

Tak lupa, Dipha juga mengutarakan harapannya tentang lagu ini. “Semoga lagu ini bisa bikin joget di rumah untuk yang belum berani keluar.” So, tunggu apa lagi, Ultimafriends? Yuk, kita berjoget virtual bersama Dipha dan Cade pada 16 Agustus nanti!

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST