Begadang Udah Gak Zaman, Tidur Cukup Lebih Aman

Written by on March 20, 2018

Pernah ngerasa mood kamu jelek seharian, cranky sama setiap orang, dan bawaannya pengen nampol semua orang yang ngajak kamu ngobrol tanpa alasan yang jelas? Nah, kalau belum ketemu penyebabnya, coba ingat-ingat lagi deh, semalem kamu tidur dan bangun jam berapa. Karena bisa jadi penyebabnya karena kamu kurang tidur tuh, Ultimafriends!

Tidur merupakan kebutuhan biologis setiap makhluk hidup, terutama manusia. Normalnya, manusia tidur selama 6-8 jam dalam sehari. Tapi sayangnya, kita sebagai mahasiswa, jarang sekali mengamalkan jam tidur yang baik dalam keseharian kita. Deadline tugas, ujian, dan quiz selalu jadi penghalang kita untuk bisa spend a good amount of sleep every night. Padahal, proses tidur itu penting banget loh buat kesehatan tubuh kita. Dengan tidur 6-8 jam sehari diketahui bisa membantu tubuh untuk:

  1. Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak,
  2. Menjalankan proses metabolisme,
  3. Membantu proses pemilahan dan penyimpanan ingatan di otak.

Jangan disangka kurang tidur cuma bisa menyebabkan mata merah, kantong mata bertambah, dan jadi mudah marah, lho! Dilansir dari nationalgeographic.co.id, kurang tidur bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti:

  1. Kelelahan fisik yang berkelanjutan dan stress secara mental
  2. Kenaikan berat badan, karena metabolism terganggu
  3. Kulit kusam
  4. Depresi dan gangguan psikologis
  5. Penyakit kardiovaskular
  6. Diabetes

Nah, tahu nggak sih, untuk meningkatkan awareness masyarakat dunia soal dampak kurang tidur yang begitu dahsyat kayak yang disebutin di atas, Jumat (16/3) kemaren diperingati sebagai World Sleep Day, atau hari tidur sedunia? Gerakan ini diiniasiasi oleh World Sleep Society sejak tahun 2008, atas kesadaran akan tingginya masalah tidur dan kurangnya kesadaran masyarakat akan andil penting tidur dalam kesehatan fisik maupun mental kita. Sejak saat itu, Hari Tidur Sedunia diperingati setiap Jumat sebelum Musim Semi dimulai setiap tahunnya, dan berlangsung selama satu minggu penuh dan dinamai  Sleep Awareness Week.

Di beberapa kota besar di negara-negara maju, tidur memang kadang menjadi isu yang sangat disepelekan, karena gaya hidup masyarakatnya yang dinamis. Namun, ada pula Negara-negara yang sudah mulai concern soal peran penting tidur dalam kehidupan. Bahkan di beberapa negara mulai bermunculan kafe tidur siang, loh! Kafe-kafe ini biasanya menyediakan kamar-kamar kecil, yang disewakan per menit atau per jam. Kebanyakan berada di Jepang, karena masyarakatnya sangat menjunjung tinggi budaya tidur siang di sela-sela bekerja, atau yang biasa disebut inemuri. Namun negara lain seperti Italia, Spanyol, dan AS juga sudah mulai mendirikan kafe-kafe semacam ini. Sekali lagi, goal-nya adalah agar masyarakat, terutama pekerja bisa mempunyai waktu sejenak untuk beristirahat dari rutinitas yang super sibuk, agar in the end bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Salah satu kafe tidur yang berlokasi di New York, yang bernama NapYork.

Tahun ini, Hari Tidur Sedunia mengangkat tema Join the Sleep World, Preserve Your Rhythms to Enjoy Life. Tema ini mengajak orang untuk dapat mempertahankan ritme tidur agar bisa lebih menikmati kehidupan.

Dengan diadakannya gerakan ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang menganggap sepele bahaya dan masalah-masalah yang bisa muncul karena kurang tidur. So, no more begadang, dan pastikan pola tidur kamu terjaga ya, Ultimafriends!

Foto: yelp.com
Editor: Vania Evan
Tagged as


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST