BEBERAPA WEJANGAN DARI MAHASISWA LAMA UNTUK MAHASISWA BARU

Written by on August 14, 2018

Ultimafriends, bagi kamu mahasiswa yang baru menyelesaikan masa orientasi tentu saja belum mengetahui seluk-beluk dunia perkuliahan. Apalagi UMN memiliki peraturan yang jelas berbeda dengan kampus-kampus teman kamu. But no worries, tim reporter sudah merangkum beberapa wejangan dari mahasiswa tingkat atas supaya status kamu sebagai mahasiswa baru tidak menghalangi kamu untuk melakukan hal-hal yang harus dilakukan selama empat tahun hidup di UMN.

  • Terapkan Prinsip ‘Tapping Adalah Kunci’

Selain untuk mengejar ilmu dan mempertahankan IPK yang dapat dibanggakan, biasanya di balik kedatangan mahasiswa/i ke kelas tersimpan maksud lain, yaitu untuk mempertahankan absen. Termasuk kami, tim reporter, dan mungkin kamu juga Ultimafriends? Nah, untuk memenuhi maksud terselubung tersebut, Ultimafriends tidak boleh kelewatan tapping setiap masuk kelas, terutama di semester ganjil mendatang. Kabarnya, UMN akan mulai memberlakukan sistem tapping dan meniadakan sistem absen manual melalui tanda tangan.

 

  • Jaga KTM Baik-baik Demi Keberadaan Lima Puluh Ribu Rupiah di Dompet Kamu

Selain karena si kecil KTM berfungsi sebagai alat penanda kehadiranmu di sistem komputer, alasan lain mengapa kamu harus sedikit bersikap posesif terhadap KTM juga nggak kalah penting. Pengajuan ulang pembuatan KTM memerlukan proses yang panjang dan urusan administrasi yang cukup merepotkan. Kamu harus mengisi formulir pengajuan KTM baru dengan melampirkan Surat Keterangan Hilang dari kepolisian (jika hilang) dan bukti pembayaran administrasi sejumlah lima puluh ribu rupiah (jika hilang dan rusak). Ditambah lagi, waktu pembuatannya terbilang cukup lama, yaitu maksimal tujuh hari kerja.

 

  • Tepat Waktu Bayar Uang Kuliah Untuk Kelancaran KRS

Ultimafriends, usahakan untuk selalu membayar uang kuliah sebelum deadline yang ditentukan ya. Kalau kamu terlambat melunasi pembayaran satu menit saja, penyusunan jadwal kuliah atau yang disebut dengan KRS (Kartu Rencana Studi) akan terhambat. Kamu baru bisa mengambil jadwal di gelombang selanjutnya, yaitu di jadwal tambah ganti kelas yang biasanya diadakan seminggu setelah jadwal KRS normal. Tentu saja, jumlah kelas yang tersedia akan lebih sedikit, dan kemungkinan besar kamu akan terpisah dari teman-teman kamu.

 

  • Rajin Hadir di Kelas, Rajin Juga Periksa Absen

Demi menjaga keutuhan jatah absen kamu, ternyata tidak cukup dengan rajin menghadiri perkuliahan, Ultimafriends. Menurut pengalaman tim reporter, beberapa kali kehadiran kami tidak terdata di dalam sistem meski kami hadir di kelas sesuai jadwal. Memang sih, jika ada kesalahan seperti ini, kamu dapat mengurusnya di Student Service dengan mengonfirmasi ke dosen yang bersangkutan terlebih dahulu, kemudian mengisi formulir di Student Service untuk di-verify oleh dosen. Tapi batas waktu untuk mengurus absen yang keliru hanya satu minggu, Ultimafriends. That’s why,  rajin-rajin ya nge-cek absen kamu di my.umn.ac.id!

 

  • Penuhi Poin SKKM di Tahun Awal Perkuliahan

Jika pepatah mengatakan tidak ada kata terlambat, sayangnya tidak selalu akan ada hari esok untuk mengejar poin SKKM, Ultimafriends. Pasalnya, semakin lama kamu berkuliah, tentu kesibukanmu akan semakin padat. Mulai dari bobot mata kuliah yang semakin tahun semakin berat, kesibukan kepanitiaan dan organisasi di dalam kampus, belum lagi kesibukan di luar kampus seperti pekerjaan part-time yang juga akan menyita waktu. Mumpung masih di tahun-tahun awal perkuliahan di mana kamu belum banyak terdaftar dalam kegiatan dalam kampus, luangkan waktu untuk mengisi poin-poin SKKM sebelum kamu terlalu sibuk dengan urusanmu. Nggak mau kan wisuda diundur hanya karena kurang poin SKKM?

Foto: Disa Ayulia Agatha
Editor: Aurelia Gracia

 

 


Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST