BEBERAPA TIPS MEMAKSIMALKAN WIFI UMN DARI AHLINYA (baca: IT UMN)

Written by on April 11, 2018

Sebagai salah satu kampus yang menggunakan kata multimedia sebagai nama tengahnya, sudah seharusnya mahasiswa mendapatkan fasilitas ICT yang memadai. Namun sayangnya, masih ada beberapa mahasiswa yang beranggapan bahwa fasilitas dasar ICT, yaitu WiFi yang ada di UMN belum dapat menunjang sarana pembelajaran mahasiswanya dengan maksimal.

Sammy, mahasiswa UMN angkatan 2015 yang sedang berusaha menyelesaikan studinya di bidang jurnalistik, berpendapat bahwa di UMN sendiri masih terdapat beberapa tempat yang sulit untuk mendapatkan akses WiFi yang baik. Bukan hanya Sammy, hal senada diungkapkan oleh Stefanny, mahasiswi jurnalistik angkatan 2016.

Menanggapi hal tersebut, tim reporter mencoba mencari akar permasalahan dari kurang maksimalnya WiFi di kampus berbasis ICT ini. Tim reporter mewawancarai Gamaliel Kristianto, Network Administrator UMN yang bertugas memantau dan juga memastikan setiap koneksi internet di UMN terjaga dengan baik.

Dari wawancara tersebut, tim reporter mendapatkan data bahwa UMN memiliki total kecepatan penggunaan internet sebesar 600mb/s. Total kecepatan tersebut akan dibagi-bagi kedalam beberapa kategori penggunaan untuk mahasiswa, staff, lab, skystar, dll. Dari total kecepatan tersebut, mahasiswa mendapatkan 200MB/s dengan limit penggunaan 5MB/s di jam kerja (08.00-17.00 WIB).

“Jumlah total pengguna sekarang, hari ini (23/03) sekitar 1.800 mahasiswa. Ini sedikit dibanding hari lain, karena di hari Selasa atau Rabu itu paling banyak di 2.500 (mahasiswa) yang pakai. Balik lagi, kalau dihitung secara matematis, 200 MB dibagi 2000 mahasiswa itu dapatnya kecil sekali,” ujar Gamaliel saat ditemui di ruangannya.

Meski dengan minimnya kecepatan tersebut, setiap mahasiswa masih dapat memaksimalkan penggunaan WiFi untuk pengerjaan tugas, maupun untuk sekedar nonton video di Youtube.

Berikut tim reporter sudah menghimpun beberapa tips untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih baik di jam kerja UMN;

1. Cari lokasi yang sepi pengguna

Secara garis besar, sistem WiFi di UMN memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Salah satu perbedaan yang dapat disadari adalah jumlah access point kunci di UMN. Gamaliel menjelaskan bahwa jumlah access point di masing-masing lokasi itu berbeda. Salah satu lokasi yang memiliki access point terbanyak adalah kantin gedung C. Namun, hal ini tidak berlaku di waktu makan siang ya Ultimafriends, karena pada jam-jam tersebut kantin menjadi salah satu lokasi favorit mahasiswa. Ramainya mahasiswa di suatu tempat seringkali berbanding lurus dengan jumlah pengguna WiFi di lokasi tersebut.

Oleh sebab itu, jika ingin mendapatkan koneksi WiFi yang baik, carilah lokasi dengan jumlah user yang sedikit. Tim reporter merekomendasikan Lobby Ged A sebagai lokasi yang tepat.

2. Akses internet di ruang publik

Jangan terlalu berharap untuk mendapatkan koneksi internet yang baik di dalam kelas. Alasannya adalah, kelas memang tidak difasilitasi dengan jumlah access point yang memadai untuk menghubungkan mahasiswa dengan jaringan WiFi.

“Kalau ada kekurangan biasanya akan ada di bagian kelas. Biasanya di bagian-bagian pojok. Karena access point di seluruh lantai ada di sepanjang koridor. Jadi, kalau di kelas agak lambat, balik lagi, gak semua dosen akan mengizinkan mahasiswanya untuk mengakses laptop, HP, dll. Jadi, kami (IT UMN)  tidak fokus kesana,” tambah Gamaliel.

Menambahkan statement tersebut, Gamaliel mengatakan bahwa timnya dan juga UMN lebih berfokus pada peremajaan internet di ruang-ruang publik seperti kantin, lobby, dan lain-lain.

3. Request penambahan kecepatan ke IT UMN

Berlokasi di lantai 5 gedung B, IT UMN dapat menjadi solusi bagi kamu yang merasa kecepatan internet di UMN perlu ditingkatkan. Gamaliel mengatakan bahwa timnya dapat menambah kecepatan dan juga memberikan access ID khusus bagi panitia-panitia event di UMN yang sedang memerlukan.

Proses penambahan kecepatan tersebut dapat dilakukan dengan mendatangi IT UMN dan melakukan prosedur-prosedur yang sudah disiapkan oleh IT UMN. Tips ini akan sangat bermanfaat bagi Ultimafriends yang membutuhkan koneksi internet yang kuat sebagai sarana penunjang event kamu.

Nah, itu dia beberapa tips yang sudah tim reporter himpun buat Ultimafriends. Meskipun masih belum sempurna, WiFi UMN masih bisa kamu manfaatkan kok, asal kamu tahu cara memaksimalkannya.

Editor: Vania Evan


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST