BARASUARA BAWAKAN LAGU BARU DAN LAMA DI RELEASE PARTY ‘PIKIRAN DAN PERJALANAN’

Written by on March 16, 2019

Salah satu grup musik aliran alternative rock asal Jakarta, Barasuara, baru aja keluarin album kedua mereka Ultimafriends! ‘Pikiran dan Perjalanan’ menjadi album kedua setelah empat tahun dari album ‘Taifun’. Dalam rangka perayaan album kedua ini, Barasuara mengadakan release party pada Rabu (13/03) di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Panggung sederhana di sisi ruang menambah keintiman perayaan album baru ini. Grup musik yang aktif sejak 2012 ini membawakan seluruh lagu pada album baru plus tujuh lagu lama dalam penampilannya yang hampir dua jam. Tiga lagu pertama, Seribu Racun, Samara, Masa Mesias Mesias membawa penonton merapatkan barisan, lalu dilanjut dengan Hagia, salah satu lagu andalan dari album pertama mereka. Disambung dengan Pikiran dan Perjalan, Sendu Melagu, dan Mengunci Ingatan bersama Kunto Aji, yang memang sempat meng-cover lagu ini.

Sebelum turun dari panggung, Mas Kunpanggilan akrab Kunto Aji—sempat melemparkan candaan ke Barasuara, “Terimakasih telah membawakan album saya, jangan lupa album ‘Mantra-Mantra’”. Ia mengaku sempat deg-degan dengan materi album kedua ini. “Sempat deg-degan, bakalan capek nggak ya dengan materi album kedua ini? Ternyata pas gue liat penontonnya, gue pun ngerasain sendiri nggak capek. Energinya nggak habis. Emang seru sih, seru banget!” ujar pelantun lagu Terlalu Lama Sendiri saat tim reporter UMN Radio menemuinya.

Kunto Aji berduet dengan Iga Massardi saat lagu Mengunci Ingatan pada release party album kedua Barasuara, Rabu (13/03). instagram.com/igamassardi/

Tentukan Arah dan Barat, lagu duet Barasuara dengan Scaller, menjadi tembang berikutnya yang dinyanyikan. Sebelum mulai, Iga Massardi sempat menimpali bahwa ini merupakan lagu favorit dari Marco Steffiano. Tiga lagu baru mereka, Haluan, Pancarona, dan Tirai Cahaya dimainkan berurutan membuat emosi penonton dibuat naik turun. Selanjutnya Api dan Lentera, Guna Manusia, dan Bahas Bahasa menjadi tiga lagu terakhir sebelum penonton berteriak, We want more. Akhirnya, perayaan kecil album kedua malam itu ditutup dengan Nyala Suara. Testimoni dari release party datang dari salah satu Penunggang Badai Jakarta, Dio Rolando. “Dari semua-semua lagu-lagu yang dibawakan, ini udah melebihi ekpektasi gue banget sih,” aku Dio yang sudah menyukai Barasuara sejak 2013, saat Iga Massardi masih bermain Twitter.

Saat ditanyakan soal ekspektasi, Marco Steffiano sang penabuh drum Barasuara, mengaku bahwa ia sama sekali tidak pernah berekspektasi dalam hal apapun, termaksud pada album Pikiran dan Perjalanan ini. Walaupun sempat gugup, Marco bersyukur karena semua berjalan lancar. “Jujur gue nervous banget bawain lagu-lagu baru. Kalau lagu lama kan udah hafal, tapi kalo ini mesti fokus dan menginterpretasikan sesuatu dari album ke bentuk live untuk pertama kali tuh deg-degan banget sih, untungnya berjalan lancar jadi lega,” tutup Marco sebelum diserbu para penggemarnya untuk berfoto.

Sebelumnya, Barasuara merilis album ‘Pikiran dan Perjalanan’ pada 8 Maret dengan sembilan lagu. Lima lagu di antaranya sudah pernah dimainkan di panggung-panggung sebelumnya, Ultimafriends! Melalui Instagram resmi Barasuara, album ini tentang perasaan, ekspektasi, kebahagiaan, kekecewaan, dan naik turunnya kondisi mental manusia, dengan lirik yang personal di setiap lagunya.

“Tentang bertahan hidup, tentang melaju #DariDalamGelap, dan merayakannya. Kami berharap album ini dapat menjadi sebuah penguat untuk orang yang mendengarkan. Kumpulan lagu ini adalah gambaran bahwa pemikiran dan jalan hidup orang akan menjadi sebuah proses pembelajaran tanpa henti.”

Banyak kejadian kecil di panggung malam itu; Iga Massardi sempat lupa chord, Puti Chitara bermain gitar, Gerald Situmorang ambil alih mic, dan Iga Massardi bermain drum. That’s all Ultimafriends, release party ‘Pikiran dan Perjalanan’ yang memainkan emosi penonton dan pulang dengan hati penuh. Things end but memories last forever~

Untuk Penunggang Badai cabang UMN yang kemarin kehabisan tiket, jangan kecewa ya karena masih ada album ketiganya—semoga aja kurang dari empat tahun. Amin!

 

Foto : https://www.instagram.com/davianakbar/
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST