Ardhito Pramono Bicara Soal Musik dan Karyanya

Written by on October 19, 2018

Siapa sih yang nggak mengenal sosok Ardhito Pramono? Lelaki berperawakan kurus dan berkacamata pelantun Bitterlove ini sempat mampir ke UMN Radio lho, Ultimafriends!

Sejak balita, Ardhito Pramono mulai memainkan jarinya di atas tuts piano bersama sang ibu. Tidak heran jika music reference-nya hadir dalam genre jazz yang easy listening. Kemudian, ketertarikannya di dunia musik berlanjut, hingga di jenjang Sekolah Menengah Pertama ia mulai gemar membuat musik sendiri. Interest musik cowok kelahiran 1995 ini tidak terbatas pada piano saja, tapi ia juga mengasah kemampuannya dengan belajar gitar dan bass.

Walaupun sempat mengambil jurusan film waktu kuliah di Australia, Ardhito tidak melupakan kecintaan pada musik hingga kini menginjak tahun ketujuhnya di dunia musik. Melalui platform YouTube, ia memproduksi sebagian besar lagu-lagu serta video klipnya sendiri sehingga ilmu yang ia pelajari tak ada yang terbuang sia-sia.

Bagi Ardhito, menjadi musisi memang banyak downside-nya. Menurutnya, ia bekerja di bidang yang orang-orang anggap tabu tapi ia tetap menikmatinya. “As long as you can stand up for yourself and prove that their assumption is wrong, everything is fine,” tegas Ardhito. Sebagai manusia biasa, ia juga sempat merasakan masa-masa beratnya, tapi ia menjadikannya motivasi untuk berkarya lebih banyak lagi.

Ardhito Pramono sewaktu datang ke UMN Radio

Masa-masa berat Ardhito tidak hanya terbatas pada permasalahan karier, melainkan juga perkara cinta. Di setiap lagu yang ditulis Dhito, ternyata banyak terselip kisah asli nyata di dalamnya lho, Ultimafriends! Misalnya lagu The Sun yang menceritakan ketertarikan seorang cowok kepada cewek yang bersikap baik ke semua orang. Sikap sang cewek ini dipersonifikasikan sebagai matahari yang memberikan kehangatan untuk semua orang.

Menerjemahkan kisah nyata menjadi sebuah cerita adalah hal yang sederhana bagi Ardhito. Ketika inspirasinya datang dari satu cerita, ia langsung mengubahnya menjadi sebuah lirik lagu.

“Rumus gue tuh gampang. Ibaratnya ada satu orang yang pengin sesuatu, lalu proses ia mendapatkan sesuatunya itu yang gue jadiin cerita.”

Kira-kira, kisah nyata apa lagi ya yang kemudian digubah menjadi lagu sama Ardhito? Kita tunggu aja ya karya-karya selanjutnya dari Ardhito Pramono!

Selain ngobrol-ngobrol, Ardhito juga nyanyi lagu The Bitterlove waktu main ke UMN Radio lho, Ultimafriends! Cek video ini buat liat performance singkatnya, ya!

Foto: Reinaldy Rafli
Editor: Vania Evan


Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST