APA PESAN MAHASISWA LAMA UNTUK MAHASISWA BARU?

Written by on August 5, 2019

Ekspektasi tiap orang mungkin akan berbeda ketika baru memasuki dunia perkuliahan.

“Yes, udah nggak pake seragam lagi”

“Pasti nilai gue bagus, soalnya kan ini jurusan yang gue mau!”

“Gue nanti mau ikut UKM A, B, C sama D!”

“Nanti bisa punya banyak temen dari berbagai jurusan, cihuy!”

“Bisa libur panjang!”

“IPK harus cumlaude!”

Masih banyak berbagai ekspektasi lainnya yang menghantui pikiran mahasiswa baru tentang hiruk pikuk perkuliahan. Mungkin dari ekspektasi tersebut nggak ada yang benar atau salah. Namanya juga ekspektasi, tergantung yang menjalaninya. Nah untuk membantu Ultimafriends dalam merangkai ekspetasi, khususnya mahasiswa baru, tim reporter udah mewawancarai beberapa narasumber untuk menceritakan kehidupan perkuliahan mereka di UMN.

Lalu, apa pengalaman dan pesan mereka untuk mahasiswa baru tentang kehidupan perkuliahan di UMN?

 

“Banyak ilmu yang akan didapatkan dari perkuliahan di UMN, tapi kalau nggak diimbangi dengan diskusi dan berbagi dengan sesama mahasiswa (nongkrong, jangan kuliah-pulang doang) ilmu tersebut akan cepat luntur. Jadi, banyakin nongkrong!”

Zaki Lazuardian – DKV 2013  / Frontman Cat Police

 

“Kuliah di UMN itu gampang-gampang susah, jadi jalanin aja. Ngeluh nggak apa-apa asal jangan kebanyakan karena kalau kebanyakan ngeluh, tugasnya malah nggak kelar. Ingat selalu untuk nggak cuma kuliah dan langsung pulang karena dengan banyak kegiatan di kampus, kamu akan nambah koneksi di mana-mana.”

Kristo Immanuel – Film 2015 / Impersonator

 

Bergaul jangan cuma dengan sesama mahasiswa, tapi juga sama dosennya. Kali aja kalau udah jadi sohib, pas semester akhir nggak berat-berat amat rasanya. Kalau kamu suka K-pop dan tertarik nge-dance, nyanyi, bahasa, ada UKM Qorie yang siap membantu. Dijamin dapet teman dan pengalaman baru.”

Winnie Oktaviani – Jurnalistik 2016

 

“Pertama, harus pas, antre, dan sabar. Itu tiga kata yang cocok saat kamu mau naik lift di UMN. Pas: pilih lift yang sesuai dengan lantai yang akan dikunjungi (ingat ganjil genap). Antre: harus antre sesuai dengan urutan kamu. Sabar: harus menunggu. Ingat naik liftnya dari lantai 1, jangan lantai 2! Kedua, biar punya temen banyak. Jangan lupa untuk ikutan UKM, komunitas, dan jadi panitia acara di UMN. Sekalian cari poin SKKM! Ketiga, kamu juga harus pintar-pintar bagi waktu antara kuliah dan kegiatan. Biasanya kegiatan di luar kampus dilakukan setelah kuliah, di sela-sela waktu pergantian mata kuliah, atau kalau udah kepepet banget aku gunain jatah absen.”

Bella Anastasya – Jurnalistik 2014 / Nong Provinsi Banten 2015

 

“Intinya, di kuliah kamu harus banyak-banyakin relasi deh. Pintar dikelas nggak cukup sob, kamu wajib bergaul dan manfaatkan lingkungan kampus ini biar kamu tahu banyak info tentang kehidupan kampus dan kehidupan sehari-hari. Kalau gue berprinsip ‘banyak teman, banyak rejeki’. Jadi kuliah nggak terasa membosankan. Rasanya kalau banyak teman itu kayak datang ke kampus buat ketemu keluarga, bukan ketemu gedung doang. Jangan lupa tanggung jawab atas kehadiran kamu di kampus. Mungkin di sekolah kalau bolos dicari guru BK, tapi di kampus kalau absen lebih dari tiga, kamu gagal di mata kuliah itu dan harus mengulang di semester depan. Ingat, ‘masalah jangan dicari, tapi kalau ada masalah jangan lari’. Semua keputusan saat kuliah ada di tangan kamu dan harus bijak dalam memutuskannya.

Dionisius Widya Ratsongko – Strategic Communication 2017 / Wakil Ikatan Bikers UMN

 

“Kuliah di UMN itu fun banget! Pertama, dosen-dosen di sini nggak melulu teoritis, banyak dari mereka adalah praktisi yang handal di bidangnya. Nggak jarang kamu dapat ilmu yang nggak bisa ditemukan dalam buku. Kedua, kamu bisa eksplor bakat yang dimiliki melalui UKM-UKM yang keren banget prestasinya. Nggak jarang mereka meraih prestasi hingga internasional. Ketiga, punya gedung kampus yang unik dan instagramable ini juga bisa menjaga mood kamu untuk tetap bersemangat dalam menuntut ilmu. Nggak lupa juga, gedung ini pernah dinobatkan sebagai gedung paling hemat energi se-Asia Tenggara lho!”

Aida Fitri – Public Relations 2014 / Wakil II None Jakarta Barat 2018

 

“Kehidupan perkuliahan itu seru sekaligus menantang. Ada banyak hal yang bisa dieksplor selama kuliah, mulai dari ilmu baru, teman baru, dosen baru, dan peluang-peluang baru mengikuti lomba, seminar, dan penelitian. Saya sendiri misalnya, iseng-iseng mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2018. Tentu setelah mendaftar, saya lalui dengan penuh tanggung jawab. Saya persiapkan semuanya dengan matang, apalagi didukung penuh oleh bagian Student Development UMN. Puji syukur, saya berhasil meraih juara 1 dan diutus ke nasional. Tantangan utama menurut saya adalah mengatur waktu antara perkuliahan dan berbagai kegiatan di luar perkuliahan. Kalau tidak bijaksana membagi waktu, bisa-bisa pusing dan keteteran sendiri. Akan tetapi, kegiatan di luar perkuliahan malah nggak boleh dihindari, justru harus diikuti agar kehidupan perkuliahan lebih seru dan berwarna. Bagian yang menantang justru terletak pada bagaimana kita mengatur waktu.

Wirawan – Jurnalistik 2016 / Duta Bahasa Provinsi Banten 2018

 

Jadi kesimpulannya Ultimafriends, bagi kamu para mahasiswa baru, dua hal penting yang harus dicatat baik-baik saat masuk UMN adalah jangan lupa untuk mencari relasi sebanyak-banyaknya dan pintar dalam mengatur waktu dan jangan lupa masuk UMN Radio. Semoga dengan membaca artikel ini, pikiran kalian tentang dunia perkuliahan di UMN bisa tercerahkan ya!

 

Foto: Berbagai sumber
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST