A STEP CLOSER TO THE PEOPLE BEHIND VIRTUAL OMB UMN 2021

Written by on August 14, 2021

Ultimafriends, enggak kerasa akhirnya Peleburan Hari 1 dan Peleburan Hari 2 sudah selesai! Fuih, yuk berikan selamat ke dirimu sendiri karena berhasil melewati hari-hari orientasi jelang masuk ke kehidupan kampus yang sesungguhnya. Eits, ngomongin soal OMB, kamu sudah kenalan, belum sama sosok-sosok yang membantu merancang dan melancarkan seluruh rangkaian, mulai dari Hari Briefing hingga Kuliah Perdana?

Apa? Belum?

Apa? Oh, sudah sama Cetta, Anggitcatha, dan Jagratara!

Eh, tapi, panitia OMB enggak cuma PIC, Acara, dan Keamanan loh, Ultimafriends! Meski banyak berinteraksi dengan tiga divisi tersebut, jangan sampai lupa kalau ada sekelompok insan yang ngurusin room Zoom Meeting kamu, jauh dari sebelum kamu masuk ke waiting room sampai kamu keluar dari ruangan. Ada juga sosok-sosok yang setia motretin wajah serius kamu dan merekam momen-momen keseruan untuk bisa diunggah ke Instagram pada hari yang sama! Ayo ngaku, siapa yang suka nunjuk-nunjuk wajah sendiri pas muncul di Instagram OMB UMN? 

Hari ini memang hari terakhir dalam rangkaian OMB kamu. Akan tetapi, enggak ada salahnya kalau kamu buruan kenalan sama orang-orang di balik OMB UMN 2021. Buat bantu kamu kenal lebih dekat sama mereka, tim reporter sudah mewawancarai dua dari sembilan divisi yang berjasa menyukseskan OMB UMN 2021, yaitu divisi Katgada (perlengkapan) dan Darsana (dokumentasi).

 

Kalau kamu sering bertepuk tangan sambil bergumam, “Wah, foto OMB hari ini sudah di-upload di media sosial, cepat banget.” Yuk, kita salaman dulu karena tim reporter juga kerap melakukan hal yang sama. Enggak heran sih, Ultimafriends, divisi Darsana yang bertugas mendokumentasikan kegiatan kamu memang kerjanya gesit. Alzena Jasmine selaku Koordinator Darsana menyebut bahwa same day edit adalah kunci kinerja mereka.

Di flow rangkaian OMB, kita ada sistem namanya same day edit atau kita mengedit dalam satu hari. Nah, itu kita ada flow-nya, di mana kita meng-upload footage atau video yang sudah kita tangkap, lalu kita lakukan pengeditan secara langsung,” ujar Jasmine dalam Konferensi Pers Virtual OMB UMN 2021 yang berlangsung pada Selasa (10/8/2021) lalu.

Proses yang dilakukan Jasmine bersama rekan-rekan divisinya bukan berlangsung tanpa kendala, Ultimafriends. Enggak jarang, kondisi sinyal menghambat mereka dalam melakukan downloading atau uploading hasil-hasil dokumentasi. Selain itu, ada pula potensi kendala dari aplikasi saat render video di akhir pengeditan. Buat kamu yang sudah akrab sama dunia videografi mungkin sudah enggak asing lagi sama kondisi ini, ya, Ultimafriends. Beruntung, Jasmine dan timnya berhasil mengatasi kendala tersebut. Buktinya, monggo dicek sendiri di Instagram OMB UMN.

Berarti Darsana kerjanya cuma ngambil foto dan video, terus ngedit?

Ternyata enggak sesederhana itu, Ultimafriends! Jasmine menyebutkan bahwa ia dan timnya saat ini juga belajar coding! Iya, benar, coding kayak anak IT, tapi mungkin berbeda dari coding yang diperagakan Nam Do-san di drama Korea “Start Up”, ya.

Kalau kamu tahu, divisi dokumentasi setiap tahunnya selalu menghadirkan pameran foto-foto UMN. Sejak situasi mengharuskan kegiatan dilaksanakan secara daring, tim dokumentasi OMB UMN 2021 juga berinovasi dengan menghadirkan pameran secara daring. Di sinilah letak kebutuhan coding.

“Sebagai dokumentasi itu awam banget ‘kan untuk ketemu coding. Nah, nanti coding ini akan digunakan untuk pameran yang akan di-publish pada 16 Agustus,” papar Jasmine dalam konferensi pers.

Keren? Yes, tim reporter juga berpikir demikian.

Sekarang, waktunya kita melenggang ke divisi Katgada alias perlengkapan. Kalau selama ini kamu menilai divisi Katgada hanya sibuk mengurus teknis room Zoom sehingga jarang berinteraksi dengan orang lain, sepertinya pandangan tersebut harus direvisi.

Bergabung dengan divisi Katgada juga bakal membuatmu belajar cara berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik. Alasannya, ketika kamu menjadi bagian dari divisi ini, kamu bakal diharuskan berinteraksi dengan rekan dari divisi-divisi lain, baik ketika membantu mengoperasikan Zoom atau ketika menangani masalah teknis yang terjadi di tengah acara.

“Yang didapatkan dari divisi Katgada itu adalah soal bagaimana membangun komunikasi yang baik. Karena di divisi Katgada, selain mengurus masalah teknis seperti Zoom dan media live streaming, kami juga berkomunikasi antardivisi, agar acara OMB UMN (2021) dapat berjalan dengan lancar,” ujar koordinator divisi Katgada Ryan Hertanto kepada media.

Enggak berhenti sampai di situ, Ryan juga menyebut bahwa divisinya senantiasa berinovasi untuk memperbaiki kekurangan pada OMB sebelumnya. Salah satu pembaharuan yang dilakukan Katgada kali ini adalah platform live streaming seminar. Kalau kamu merasa seminar di OMB kemarin berlangsung lancar dan minim delay, hal itu merupakan hasil dari evaluasi Katgada, Ultimafriends!

“Inovasi yang kami lakukan adalah platform live streaming karena dari evaluasi tahun lalu, live streaming-nya terkendala delay antara Zoom seminar dan Zoom pelaksanaan. Nah, dengan menggunakan platform baru, kami dapat mengurangi (delay) ini sehingga interaksi mahasiswa baru dan pembicara di room seminar dapat berjalan dengan lancar,” tutur Ryan.

Bagaimana, Ultimafriends, sudah cukup kenal dengan kedua divisi ini?

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.
Feature image: Unsplash


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST