UMN Info

A Little Guide to MBKM: Program Kampus Merdeka Bagi Mahasiswa

todayOctober 24, 2022 11 1 5

Background
share close

Hayooo Ultimafriends, coba sini absen dulu– siapa yang udah tahu tentang MBKM?

Well, mungkin program MBKM ini sendiri pernah dibahas di bimbingan akademik. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ada Ultimafriends yang masih bingung atau merasa miss dengan informasi yang disampaikan karena banyaknya program yang ditawarkan.

Maka dari itu, reporter comes to the rescue, Ultimafriends. Kali ini Reporter akan membahas lebih lanjut tentang MBKM. So– buat kamu yang lagi overthinking soal masa depan kamu di dunia perkuliahan atau masih bingung tentang segala seluk beluk MBKM– well, semoga artikel ini bisa membantu kamu, ya!

Reaksi Ultimafriends ketika membaca kalimat di atas. (Sumber: Giphy)

Dilansir dari laman resmi Kampus Merdeka, MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan sebuah program yang memberikan mahasiswa hak untuk belajar tiga semester di luar program studinya.

Misalnya nih, Ultimafriends: Reporter berasal dari program studi ilmu komunikasi. Maka dengan adanya MBKM ini, Reporter bisa ambil mata kuliah dari program studi lain, loh. Baik itu dari prodi seni dan desain, bisnis, teknik, dan informatika.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi soft skills dan hard skills lulusan agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman serta memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan potensi sesuai passion dan bakatnya.

Terus, cara berpartiipasi di MBKM-nya itu gimana?

Enggak perlu bingung Ultimafriends, kamu bisa tanya ke dosen pembimbing kamu!

Canda dengggg….

Well– kamu bisa berpartisipasi di MBKM dengan mengikuti salah satu program yang disediakan Kampus Merdeka. Program yang disediakan di MBKM ini sangat beragam loh, Ultimafriends. Jadi, ayo kita bahas satu per satu, ya!

  1. Magang.

Kalau dengan yang satu ini, Ultimafriends sudah enggak asing, dong?

Yup, betul sekali, Ultimafriends. Ini merupakan program yang memberi kesempatan bagi mahasiswa/i untuk belajar dan mengembangkan diri di industri atau dunia profesi nyata.

Normalnya, mahasiswa-mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara memang berkesempatan dan mempunyai kewajiban untuk magang di semester 7. Namun, dengan adanya program MBKM, mahasiswa jadi mempunyai kesempatan untuk magang dua kali. Magang pertamanya di semester 5 atau 6 dan magang keduanya di semester 7.

  1. Studi independen.

Program studi independen merupakan program yang membantu mahasiswa mewujudkan karya besar atau ide inovatifnya yang kemudian dilombakan di tingkat nasional serta internasional.

  1. Kampus mengajar.

Program kampus mengajar merupakan program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membantu guru dan kepala sekolah jenjang SD-SMP dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

  1. Pertukaran pelajar internasional.

Kalau yang ini sih reporter juga yakin Ultimafriends udah pada enggak asing lagi. Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di universitas luar negeri selama satu semester. Contoh programnya sendiri merupakan IISMA atau Indonesian International Student Mobility Awards.

Nah, siapa tuh yang pengen banget belajar di luar negeri? Bisa dicoba kali ya program MBKM yang satu ini.

  1. Pertukaran pelajar nasional.

Satu yang tidak kalah menarik adalah pertukaran pelajar nasional, di mana mahasiswa mempunyai kesempatan untuk menempuh satu semester di universitas lain di Indonesia. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah, universitas yang kamu tuju harus universitas yang juga menerapkan Kampus Merdeka, ya, Ultimafriends!

  1. Riset/penelitian.

Program riset/penelitian merupakan program yang memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk membangun keterampilan berpikir kritis dan penyelesaian masalah melalui penelitian yang akan dilakukan. Di mana program ini cocok untuk Ultimafriends yang gemar atau ingin merintis karir di bidang peneliti.

  1. Projek kemanusiaan.

Projek kemanusiaan merupakan program yang melatih mahasiswa untuk mempunyai kepedulian dan kepekaan sosial, menggali dan menyelami setiap permasalahan yang ada, serta memberikan solusi yang sesuai.

Buat Ultimafriends yang jiwa sosialnya selalu menggebu-gebu dan sangat ingin punya wadah untuk menyalurkannya? Projek Kemanusiaan jadi satu yang cocok banget tuh untuk kamu!

  1. Membangun desa (KKN Tematik).

Let’s break a stigma about ‘KKN’ yang sebenarnya sangat seru dan menyenangkan. Membangun desa merupakan program yang mampu mengajarkan kamu banyak pengalaman untuk hidup di tengah masyarakat loh Ultimafriends!

  1. Wirausaha.

Sesuai namanya, program yang satu ini sangat lekat dengan bisnis!

Wirausaha merupakan program yang memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menciptakan aktivitas usaha secara langsung. Dengan adanya program ini, Ultimafriends yang mengambil programnya diharapkan dapat menjadi tempat lahirnya wirausahawan yang nantinya dapat membuka kesempatan kerja secara luas.

 

Reporter dan Ultimafriends yang shock dengan beragamnya program MBKM. (Sumber: Giphy)

Ultimafriends, enggak perlu pusing, memang Program MBKM sangatlah beragam. Semuanya tinggal kamu sesuaikan aja dengan minat dan tujuan Ultimafriends. Dari yang berkaitan dengan belajar mengajar sampai berbisnis, semuanya ada!

Namun, perlu diingat bahwa program MBKM bukan suatu program yang wajib diikuti, ya, Ultimafriends. Kamu punya pilihan untuk mengikuti perkuliahan secara reguler juga, kok. Yakni kuliah, magang, dan skripsi.

Jadi, buat Ultimafriends yang saat ini berada di semester 1-4, boleh banget untuk mulai menentukan jalur yang akan kamu tempuh di semester 5 nanti.

Serta untuk Ultimafriends yang sudah menentukan pilihannya, kalian pilih yang mana, nih?

 

Editor: Stephanie Risyana

Featured image: Unsplash

Written by: Adeline Kimline

Rate it

Previous post

UMN Info

UMN Radio Try: Mencoba Digital Note-Taking untuk Kuliah dengan Notion

Hey, hey Ultimafriends! Apa kabarnya, nih? Reporter pengen tanya deh, pas kuliah kalian suka catat pelajaran pakai buku atau di mobile devices? Kalau Reporter jujur pakai mobile device, yaitu laptop atau Ipad. Nah, sebenarnya mencatat di buku dan aplikasi digital punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, kali ini Reporter mencoba sebuah aplikasi note-taking bernama Notion yang kayaknya bakal cucok banget buat Ultimafriends! Notion itu apa sih? Notion adalah aplikasi task-manager […]

todayOctober 24, 2022 16 1 2


Similar posts

UMN Info

Demo Day Skystar Ventures UMN Sukses ajak Mahasiswa Kenalkan Ide Bisnis Kreatif

Sebanyak lima startup buatan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berkesempatan mengenalkan ide bisnis mereka dalam acara Demo Day yang diselenggarakan oleh Skystar Ventures, Jumat (11/11/2022). Untuk informasi, Demo Day sendiri merupakan tahapan akhir dari Skystar Ventures Incubation Program. Tahun ini, Demo Day diselenggarakan bersamaan dengan penutupan rangkaian Level Up Program […]

todayNovember 12, 2022 3


0%