Your Go-To Guide To Another Level of Fun In College Life

Written by on August 26, 2018

OMB, udah. Sidang senat terbuka, udah. Masuk kelas di minggu pertama kuliah, juga udah. Now what? Kalo kamu ngerasa masih kayak ada yang kurang sama kehidupan baru kamu di kampus, pasti karena kamu belum turut ambil bagian dalam organisasi, himpunan, atau komunitas kampus! Ibarat soto lamongan tanpa koya atau cilor tanpa mecin, kehidupan perkuliahan kamu bakal terasa kurang tanpa adanya bumbu-bumbu dari kegiatan kemahasiswaan, a.k.a hambar! Masih bingung apa yang ngebedain kegiatan-kegiatan mahasiswa yang ada di kampus? Nih, simak ulasannya di bawah ini, ya!

  1. Organisasi

Kamu termasuk tipe orang yang suka terlibat dalam kegiatan organisasi? Atau pengen ‘balas dendam’ karena nggak keterima OSIS pas SMA dulu?  Apa pun motif kamu, boleh banget kok coba bergabung sama organisasi kampus yang ada di kampus tercinta kita.  Organisasi dan himpunan, merupakan perserikatan yang beranggotakan mahasiswa yang dibentuk untuk membantu mengusahakan kesejahteraan mahasiswa.

“Organisasi kampus UMN secara general  adalah sebuah organisasi yang berfungsi untuk dapat terus secara continue mengembangkan mahasiswa-mahasiswa yang berada dibawah naungannya. Di bidang apa pun, mau itu akademik dengan melakukan mentoring akademik, penyebaran informasi dan ataupun kegiatan non akademik yang seperti kita bisa liat sendiri acara-acara di kampus,” tutur Julian Rizky, selaku ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), periode 2017-2018.

Di UMN sendiri, banyak banget unit organisasi mahasiswa yang bisa jadi wadah kamu untuk belajar, serta mengembangkan skill organisasi kamu! Misalnya aja ada Dewan Keluarga Besar Mahasiswa (DKBM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU UMN). Lalu ada 11 Himpunan yang menjadi representatif mahasiswa dari masing-masing fakultas dan program studi!

 

  1. UKM

Nah, kalo yang satu ini lain lagi. UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa, merupakan wadah bagi mahasiswa yang mau mengembangkan kemampuan non-akademis yang mereka miliki. Misalkan kamu hobi main basket, kamu bisa join sama tim basket UMN yaitu Lions. Kalau kamu jago nari, kamu bisa ikutan Tracce atau street dance. Sedangkan, kalau kamu mahasiswa dengan jiwa sosial tinggi, bisa gabung sama Rencang.  Pokoknya,  UKM-UKM yang tersedia di UMN dijamin bisa jadi tempat kamu untuk mengeksplor kemampuanmu, sekaligus bisa jadi tempat untuk menjalin relasi dan bertemu teman baru yang punya ketertarikan terhadap hal yang sama! UKM yang ada di UMN sudah terbilang cukup lengkap, karena meliputi hampir semua aspek, mulai dari kegiatan olah fisik, sampai olah pikiran. Kalau Ultimafriends masih bingung mau masuk UKM apa, nih tim reporter kasih list UKM-UKM kece yang ada di UMN!

-UKM Olahraga: Lions basket, Lions futsal, capoeira, badminton, ultimatum taekwondo, UMN softball team, tenis meja, voli, dan spectre.

-UKM Seni Budaya: Ultima Sonora, Teater Katak, Tracce, J-Café, Qorie, Obscura, Street Dance, UMN Symphony Orchestra, Ultima Toys, Mufomic

-UKM Sains dan Sosial: Rencang, Mapala, GDC, UESV, AIESEC, dan UMN PC.

  1. Media Kampus

Ada empat media kampus di UMN, yang masing-masing mewakili tiap platform atau medium yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesannya. Ada UMN TV, UMN Radio, Ultimagz, dan UMN Juice. Tapi tenang, walaupun media kampus ini berada di bawah naungan fakultas Ilmu Komunikasi, tapi semua jurusan diperbolehkan untuk jadi anggota, kok! Lewat media kampus, ketertarikan kamu sama dunia broadcasting atau jurnalistik bisa tersalur. Eits, tapi jangan ngira semuanya divisi yang ada di media kampus ini berkisar pada pekerjaan yang berbau jurnalistik, ya. Ada juga divisi-divisi lain yang gak kalah penting, yang turut melancarkan proses produksi sampai pasca produksi! Jadi, buat kamu yang jago design, jago me-manage social media dengan feeds yang super aesthetic, jago ngatur keuangan, atau punya skill-skill berguna lainnya, you’re more than welcome aboard to join the crew!

  1. Kegiatan Mahasiswa dan Lembaga Semi Otonom (LSO)

Nah, ada lagi macam-macam kegiatan yang dibentuk dan dijalankan oleh mahasiswa, atau lembaga yang melibatkan partisipasi mahasiswa di dalamnya, antara lain Mr & Miss UMN, UMN Medical Center, U-Store, Kompas Corner, Skystar Ventures, Rumpin, FLY UMN, dan Bank Sampah.

  1. Komunitas

Kalau dari list UKM di atas masih belum ada yang bener-bener sesuai sama minat kamu, coba deh cek komunitas-komunitas yang gak kalah keren di bawah ini! In case you’re wondering, komunitas itu punya sedikit perbedaan sama UKM. Pembentukan UKM punya beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti harus punya jumlah anggota tertentu dan punya jadwal pertemuan rutin.

“Sedangkan komunitas jauh lebih simple daripada UKM, komunitas bisa terbentuk dari mana aja dan dengan jumlah orang berapa aja,” lanjut Julian.

Intinya, komunitas terbentuk dari sekumpulan orang-orang yang punya interest dan kesukaan terhadap suatu hal yang sama. Nah, berikut adalah komunitas-komunitas yang ada di UMN.

Ada Shinkendo, Aikido, Ikatan Bikers (IBU) UMN, Multimedia Drone Community, UMN Board Game, Social Designee, Kokonat, dan LIONS Floorball.

 

Gimana, udah tertarik untuk daftar organisasi, UKM, media kampus, atau kegiatan kemahasiswaan lainnya yang lagi open recruitment, belum?

Editor: Vania Evan
Foto: umn.ac.id

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST