5 TIPE MAHASISWA UMN HADAPI UJIAN

Written by on March 28, 2019

Gimana UTS semester genap kamu, Ultimafriends?  Berjalan lancar atau malah terasa berat? Padahal baru ujian tengah semester ya, bukan ujian hidup. Namanya juga mahasiswa, ujian bakal terus menjadi lawan eh kawan yang bakal nemenin kamu sampai lulus nantinya. Bahkan, setelah lulus nanti nggak ada yang menjamin kalau hidupmu akan terhindar dari ujian karena masih ada ujian hidup yang mau nggak mau ujian emang harus dihadapi. Nah biasanya banyak bermunculan spesies tipe-tipe mahasiswa saat menghadapi ujian. Penasaran? Yuk lanjutin baca artikelnya, supaya kamu tahu masuk ke tipe yang mana~

Mendadak anti sosial

Semua mata kuliah harus A, yang lain, nggak peduli…

Selama tim reporter menjalani hidup, memang katanya ilmu itu penting buat masa depan. Terkdang ada yang mengibaratkan ilmu adalah hadiah surgawi yang harus dijaga baik-baik dan bakal berusaha sekeras mungkin untuk mendapatkannya. Saat mendekati ujian, biasanya tipe yang seperti ini akan mendadak jadi mahasiswa ansos—alias anti sosial! Nggak mau ke kantin, uninstall media sosial, nggak mau keluar kelas, sampai takut ada yang pinjam catatan dan minta kisi-kisi. Tipe mahasiswa ini akan lebih terlihat lagi sewaktu ngerjain ujian. Mereka seketika tuli karena nggak peduli teman di kanan, kiri, depan, dan belakang.

Bilangnya nggak belajar, nilai auto A

Keluar kelas responnya cuma 1, “Ternyata soalnya nggak sesusah yang dibayangkan…”

Tipe mahasiswa yang seperti ini memang agak nyebelin sih, tapi jangan emosi dulu, Ultimafriends, mungkin temanmu yang sepeti ini memang belum belajar saat kamu tanya lewat aplikasi chat, tapi sebenarnya dia selalu mendengarkan penjelasan dosen, udah nyicil dari awal semester, atau membaca semua buku-buku penunjang teori  yang dijadikannya buku bacaan hariannya. Kalau udah berhadapan dengan tipe mahasiswa ini, kamu yang SKS jangan lagi ngikut-ngikut nggak belajar ya karena itu satu-satu caramu untuk menyalip pengetahuannya

Jadwal UTS belum keluar, awal semester udah panik

“Pusing deh, 2 bulan lagi UTS dan belum mulai nyicil nih..”

Tipe yang satu ini biasanya membawa aura ‘panik kecil’ ke teman-teman di sekitarnya. Memang perlu persiapan dengan matang sebelum menjelang ujian supaya mendapatkan nilai maksimal, tapi Ultimafriends nggak usah panik, tarik napas dulu, yang sabar, tenang, semua ada waktunya. Mempersiapkan diri memang perlu, tapi perkuliahan kan baru dimulai, masa kamu udah panik karena ujian yang masih bisa dipersiapkan dalam 60 hari berikutnya? Eits, walaupun suka menyebarkan kepanikan ke teman-temannya,tipe mahasiswa ini punya sisi positif, yaitu nggak kenal yang namanya telat ngumpulin tugas atau pusing akibat lembur belajar semalaman.

Bodo amat (baca: masuk kerjain, keluar lupakan)

Ujian bagaikan formalitas di dunia pendidikan

Kalau tipe ini bakal tetap santai walaupun seisi kampus panik ada ujian dadakan, Ultimafriends. Kayak adem ayem gitu hidupnya walaupun diterpa badai. Moto hidupnya cuma satu kalau lagi menghadapi ujian: nggak perlu stress dan cukup dijalani, kayak hubungan kita *loh*. Tipe ini nggak merasa sedih kalau nggak bisa mengerjakan ujian dengan baik dan biasa kalau bisa ngerjain. Ibarat ujian bukan apa-apa untuk hidupnya, Ultimafriends.

  1. Do your best, yang di atas yang menyempurnakan

Nggak perlu panik, panik nggak bikin pinter, yang penting usaha sebisanya

Nah, tipe mahasiswa yang terakhir ini hari-hari biasa nggak ngebet banget buat belajar, pas mau ujian nggak panik-panik amat, saat minggu tenang tetep muncul di media sosial untuk tetap update lagi jalan, tapi pas ujian lancar banget kayak jalan tol. Nggak ada yang tau aja, pas lama nggak muncul di media sosial, dia lagi mati-matian buat belajar Ultimafriends. Kalau yang ini tahu diri lah ya, kesehariannya udah haha hihi, mau ujian tetap konsekuen sama kewajibannya. Nggak perlu ngoyo, yang penting usaha dengan hasil sempurna. Hanya perlu diserahkan pada yang di atas.

Nah Ultimafriends, kamu masuk tipe mahasiswa yang mana nih? Bukan tipe yang maunya kuliah hanya untuk senang-senang doang terus tiba-tiba libur kan? Namanya hidup pasti akan selalu ada ujian. Bahkan, ujian di dunia pendidikan belum seberapa lho Ultimafriends, ujian di kampus di sekolah ibarat masih representasi kehidupan aja.

Artikel ini bersifat hiburan dan tidak bermaksud menyinggung pihak mana pun.

 

Sumber foto: Berbagai sumber
Editor: Aurelia Gracia

Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST