4 JENIS INTROVERT, ULTIMAFRIENDS YANG MANA?

Written by on October 22, 2018

Ultimafriends, tahukah kamu bahwa ternyata ada empat jenis introvert yang masing-masingnya memiliki karakter unik tersendiri?

Empat jenis introvert ini dikenal sejak Jonathan Cheek, seorang profesor di bidang psikologi membuat penelitian terhadap 200 orang pada rentang usia 18-70 tahun. Akhirnya Cheek berhasil membagi introvert jadi empat jenis dengan kependekan STAR.

Meski berbeda-beda, seorang introvert sangat mungkin memiliki keempat karakter berikut, tapi tetap akan ada satu jenis yang dominan. Yuk cari tahu kamu termasuk jenis yang mana!

1. Social Introvert

Foto : Pinterest

Tipe pertama ini merupakan ciri-ciri seorang introvert yang umum, dimana si social introvert ini lebih suka bersosialisasi di kelompok kecil dan gak khawatir jika hanya mempunyai segelintir teman saja. Sing penting, hubungan satu sama lain erat dan saling menguatkan! Orang-orang yang masuk ke dalam kategori ini biasanya gemar melakukan hal-hal sendirian, seperti pergi ke mall seorang diri. Golongan ini bukan pemalu, tetapi mereka memilih untuk melakukan hal-hal seorang diri, karena mereka sangat menikmatinya. Kelebihannya dari si social introvert ini, mereka bisa membangun hubungan lebih erat dalam pertemanannya dan punya banyak waktu buat self-care!

 

2. Thinking Introvert

Foto: Pinterest

Satu kata yang tepat untuk menggambarkan orang-orang dalam kategori ini, yaitu daydreamer. Bukan cuma tukang mimpi, tapi mereka-mereka ini cenderung mempunyai pemikiran yang lebih kreatif, penuh pertimbangan, dan punya daya imajinasi yang baik. Mereka terlihat tenggelam dalam dunianya sendiri, tapi sebenarnya mereka sedang menganalisa sekitar lho Ultimafriends!

3. Anxious Introvert

Foto: Pinterest

Mereka yang masuk dalam kategori ini, suka menyendiri karena mereka memang socially awkward. Mereka cenderung pemalu, gak berani membuka pembicaraan, dan tak pandai bersosialisasi. Mereka lebih suka merenung mikirin kesalahan yang pernah mereka perbuat, dan takut berbuat kesalahan yang sama. Sehingga si tipe anxious introvert ini peka sama detil-detil kecil dan selalu mikir sebelum bertindak.

 

4. Reserved Introvert

Foto: Pinterest

Pasif dan tenang adalah kata yang tepat untuk menggambarkan mereka yang masuk dalam kategori ini. Mereka hidup dalam kebiasaan slow-paced dan memerlukan waktu yang cukup panjang untuk beradaptasi. Sosok orang-orang reserved introvert juga biasanya cenderung curigaan dan skeptis, membuat mereka menjadi sosok yang bijaksana.

Yap that’s all Ultimafriends, 4 tipe introvert! Bagi kamu yang introvert, semoga dapat membantu mengenal dirimu sendiri dengan lebih baik ya!

Sumber: Provoke & Cewekbanget.id
Editor: Vania Evan

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST