4 CARA CEGAH BAU MULUT SAAT PUASA

Written by on May 22, 2018

Sudah hampir memasuki minggu kedua bulan puasa nih Ultimafriends! Gimana puasanya? Lancar-lancar aja atau sudah banyak yang bolong gara-gara ngiler liat telur gulung di samen?

Ngomongin bulan puasa, ada satu masalah yang identik dengan bulan ini. Salah satunya adalah bau mulut. Karena kita berpuasa, artinya kita nggak makan dan minum sama sekali selama lebih dari dua belas jam, tubuh kita tentu mengalami dehidrasi. Hal inilah yang menyebabkan munculnya bau mulut. But don’t worry! Tim reporter akan memberi tahu beberapa tips agar mengurangi masalah ini.

  1. Minum air putih yang cukup

Berhubung masalah utamanya adalah kekurangan cairan dalam tubuh, maka dari itu kita harus memaksimalkan minum air putih yang cukup saat puasa nih Ultimafriends baik saat sahur maupun buka puasa. Saat sahur, kita dianjurkan untuk sedikitnya meminum 2-3 gelas air putih. Jangan sampai skip untuk minum air putih ya Ultimafriends! Karena minum air putih sangat penting untuk menjaga mulut agar tidak terlalu kering sehingga dapat mencegah bau mulut.

  1. Sikat gigi setelah makan

Sebenarnya sikat gigi memang sudah menjadi kewajiban kita sebelum tidur kan Ultimafriends? Bedanya, saat puasa kita dianjurkan sikat gigi setelah makan sahur. Hal ini tentu untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut dan tentunya untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip.

  1. Gunakan obat kumur antibakteri

Memakai obat kumur antibakteri di bulan puasa juga highly recommended Ultimafriends! Terkadang sebatas menyikat gigi nggak bisa menjangkau bakteri-bakteri yang ada di sela-sela gigi. Maka dari itu, dengan menggunakan obat kumur ini, kamu bisa maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Nah, dengan begitu kita bisa mencegah datangnya bakteri serta nggak ada lagi deh sisa-sisa makanan di mulut kamu!

  1. Bersihkan lidah

Bukan cuma gigi, lidah juga menjadi bagian yang harus dibersihkan saat berpuasa nih Ultimafriends. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan. Jadi nggak menutup kemungkinan nih, kalo bakteri penyebab bau mulut ada di dalam lidah. So, kamu bisa menggunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk mencegah terjadinya bau mulut ya Ultimafriends!

Itu dia beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengurangi bau mulut bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa. Tapi Ultimafriends kamu jangan minder ya kalo kamu merasa berpuasa membuat mulut kamu jadi bau. Karena kata beberapa orang, bau mulut orang berpuasa itu adalah bau orang-orang yang masuk surga lho!

Sumber: kompas.com
Editor: Vania Evan


Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST