Pakai Batik, Wujud Cinta Tanah Air Masa Kini

Posted By: News UMN Radio On:


Tangerang, UMN Radio – Ultimafriends bingung gak sih, pas datang ke kampus dan liat banyak mahasiswa yang seliweran pakai batik hari ini? Padahal kan, hari ini bukan hari jumat yang biasanya dijadikan hari “Jumat Batik” sama mahasiswa UMN. Ternyata hari ini, tepatnya tanggal 2 Oktober, merupakan Hari Batik Nasional! Tapi sebelumnya, Ultimafriends tahu gak sih asal usul Hari Batik Nasional? Yuk, kita simak sejarah singkat batik di bawah ini!

Sebagai orang Indonesia, kamu wajib tahu kalau tanggal 2 Oktober 2009 adalah hari saat batik Indonesia ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Hari Batik Nasional pun diperingati tiap tahunnya oleh seluruh masyarakat Indonesia, sebagai upaya lanjutan untuk melestarikan warisan budaya dari leluhur kita. Selain memakai baju batik secara serempak, ada banyak banget ragam kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional. Contohnya mural batik yang dilakukan warga  Gunungkidul, Yogyakarta dan BatikRun yang diadakan oleh warga kota Madiun untuk memeriahkan Hari Batik Nasional.

Namun sayangnya, setelah delapan tahun rutin dirayakan, kesadaran masyarakat, terutama mahasiswa tentang Hari Batik Nasional masih dinilai sangat minim. Dari beberapa responden mahasiswa yang sudah diwawancarai, ternyata masih banyak mahasiswa yang tidak tahu kapan Hari Batik Nasional itu diperingati dan bahkan tidak tahu kalau hari ini adalah Hari Batik Nasional.

“Jujur gue gak tahu, sih kalau hari ini Hari Batik Nasional. Gue sendiri pun juga gak punya batik, sih jadi gak make,” tutur salah satu mahasiswa UMN saat ditemui reporter UMN Radio.

Hari peringatan sebuah kain corak (Batik), mungkin terdengar sepele di telinga kita. Tapi, secara kamu sadari atau tidak, langkah sederhana seperti ikut mengenakan baju batik di Hari Batik Nasional, ternyata bisa menjadi langkah awal bagi kita untuk membangun rasa nasionalisme dan cinta tanah air loh, Ultimafriends!

Nah,kalau kamu gimana Ultimafriends, udah pakai batik belum hari ini?

Penulis: Sisca Setiady

Editor: Brigita Olga

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Play Cover Track Title
Track Authors